Lelaki Dengan Keterbatasan Sukses Jadi Pengusaha Miniatur Perahu

73
Sobirin (kanan), mengenakan alat bantu jalan saat memperlihatkan hasil karya miniatur perahu saat dikunjungi Dinas terkait.

KEDIRI – (JYB MEDIA): Menjadi motivasi dan patut mendapat apresiasi luar biasa yang dilakukan salah watu warga Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Adalah Sobirin, lelaki berusia 40 tahun ini suskes menggeluti usaha miniatur Perahu meski dalam kondisi keterbatasan.

Semangat pantang menyerah, inilah yang menjadi prinsip dan pedoman Sobirin menggeluti usahayanya. Dirinya yakin, dengan niat tulus dan berusaha akan menuai keberhasilan kelak.

Cerita Sobirin, awalnya menekuni usaha miniatur perahu kala itu tanpa kendala dan masih diberikan kondisi fisik yang normal. Hingga, pada tujuh tahun dirinya jatuh dari pohon dan divonis lumpuh.

Dari kejadian tersebut, terhitung setahun dirinya hanya terbaring diranjang tanpa aktivitas apapun. Dari sini, Pria asli Desa Pranggang, mulai memotivasi dirinya sendiri yang secara perlahan menggerakkan badan sedikit demi sedikit.

Hingga akhirnya, dirinya bisa berjalan kendati masih menggunakan alat bantu kruk.Guna menambah ilmu, tahun 2017 lalu, dirinya memutuskan untuk bersekolah khusus difabel di Solo, Jawa Tengah.

Disini saya berkumpul dan belajar dengan sesama rekan difabel dengan mendalami ketrampilan tangan membuat souvenir dari bahan bambu. Selain itu, saya bertemu temen dari Cirebon yang membuat miniatur perahu dari bambu” kisahnya.

Waktu itu, saat belajar saya membantu bagian yang mudah-mudah seperti menggosok bambu,” imbuh Sobirin.

Dia juga menguraikan,berbekal pengalaman itu, usaha miniatur perahu pinishi akhirnya digelutinya tahun 2018. Pada tahapan awal memang kurang begitu berhasil. Namun, dirinya pantang menyerah dan mencoba lagi sembari mempelajari kekurangan-kekurangan yang ada.

Awal hasil pembuatan belum rapi. Tapi, terus saya pelajari dan coba membuat lagi. Jangan menyerah dan terus berusaha, ini kuncinya ” tuturnya

Sobirin juga mengaku, dirinya saat ini bisa melayani pesanan miniatur perahu pinishi mulai ukuran kecil hingga besar. Untuk ukuran besar dibandrol Rp. 700 ribu yang pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Kalaupun ukuran kecil, biasanya dikerjakan selama dua hari.

Nah, bagi yang berminat memesan miniatur perahu pinishi dari bambu dari saya, bisa berkunjung ke Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri atau menghubungi di nomor 082131281361″ tutupnya. (kom/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here