Sepatu Unik Ala Warga Tawang Hasilkan Nilai Jual Mumpuni

Berbeda dan Unik, sepatu rajut hasil karya Tri Retno, warga Dusun Bendorejo,Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYB MEDIA: Berbicara akan sepatu, memang secara mayoritas berbahan dasar kain dan kulit. Namun, kali ini muncul sepatu unik yang berbahan dasar benang rajut dari Kabupaten Kediri. Sepatu rajut ini, dapat ditemui di rumah salah satu warga bernama Tri Retno, warga Dusun Bendorejo,Desa Tawang, Kecamatan Wates. Menariknya, Ibu dua anak ini hanya berniat coba-coba untuk mengisi waktu luang.Namun, akhirnya mampu menghasilkan produk yang bagus dan bernilai jual.

“Saya awalnya buat untuk mengisi kegiatan sehari-hari bersama adik saya. Saya mulai belajar dan lebih berkreasi dengan mencoba motif-motif tambahan dan memasukkan benang sulam ke dua lubang hingga tiga lubang dengan arah vertikal maupun horisontal,” ujar Tri Retno, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dari coba-coba itulah menjadikan wanita berusia 44 tahun tersebut, bisa membiayai sekolah anaknya. Selain itu, ia juga merasa senang karena proses menyulam menjadi tantangan baginya.Mulai, dari pembuatan motif, kreasi warna benang dan proses memasukkan benang di tempat dan arah yang berbeda. Yang dibuat pun beragam, mulai dari bentuk bunga, boneka, daun, dan lain-lain.

“Terkadang konsumen kalau menginginkan bentuk lain bisa mengirim gambar bentuk sepatu yang diinginkan dan saya tinggal memproses. Prosesnya, butuh waktu sekitar dua hari untuk menghasilkan 5 sepatu rajut. Untuk bahan, ibu Tri Retno juga memilih yang benar-benar berkualitas agar menghasilkan produk sepatu yang bagus”urainya

Tri Retno juga mengaku, usaha yang digeluti sejak 2016, sudah berjalans sampai saat ini dengan dibantu anaknya untuk dijual dan dipromosikan. Alhasil, sepatu hasil karyanya sudah dikenal di berbagai daerah Jawa, seperti Malang, Surabaya, hingga Jawa Tengah serta wilayah luar Jawa, meliputi Makasar, Kalimantan, dan Lampung.

Baca juga:  Melihat " Rumah Aspirasi " Nurhadi, Anggota DPR RI Dari Dapil Jatim 6

” Harga penjualan pun relatif murah mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribu, sesuai dengan tingkat kerumitan dan bentuk motif. Dan, sepatu rajut ini pas dikenakan untuk jalan-jalan maupun acara pernikahan. Dan tidak perlu khawatir, untuk proses membersihkan sangatlah mudah, hanya direndam di dalam air sabun selama satu malam tanpa disikat” pungkasnya. (kom/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here