Ini Sosok Pengolah Gula Jawa Pertahankan Cara Tradisional

Proses pengolahan Gula Jawa " Nira Sari" yang terus bertahan dengan cara tradisional.

KEDIRI – JYB MEDIA: Gula adalah salah satu bahan dasar makanan atau minuman yang tak pernah absen dari setiap olahan masakan. Di Indonesia sendiri gula yang sering digunakan adalah gula pasir dari tebu. Akan tetapi, jauh sebelum mengenal gula pasir, bangsa Indonesia sudah mengenal gula aren atau gula jawa terlebih dahulu dengan proses pembuatan yang masih tradisional.

Berkenaan dengan hal itu, di Kabupaten Kediri ternyata masih ada UMKM pengolah gula jawa yaitu “Nira Sari” yang didirikan sejak 2014 lalu. Produksi olahan gula jawa yang terletak di Desa Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, tap harinya memproduksi gula jawa sekitar 1 ton. Dengan dibantu 6 karyawan, Ibu Sari selaku pemilik, setiap hari mendatangkan gula jawa baik ke Kediri ataupun memenuhi permintaaan dari luar daerah.

“Awalnya saya hanya mencoba, sekali, dua kali pernah gagal. Ternyata, bahan baku juga menentukan. Setiap hari, selain saya titipkan di pusat oleh-oleh seperti di GTT di Kabupaten Kediri, saya juga menerima pesanan dari luar daerah seperti Kalimantan,” kata Ibu Sari, beberapa waktu lalu.

Ia pun bersyukur, bisa bergabung dalam UMKM karena merasa terbantu dengan adanya pelatihan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri.

“Banyak hal saya peroleh, seperti diajari membuat merk, membuat kemasan menjadi menarik hingga pemasaran dibantu oleh dinas. Saya juga sering diikutkan pameran untuk menambah promosi penjualan gula jawa,” tambahnya.

Ibu Sari sedikit menceritakan, bahwa proses pembuatan gula jawa UMKM Nira Sari selalu mengedepankan kualitas, baik dari pemilihan bahan, pengolahan hingga ke pengemasan produk. Disin,i ada beberapa jenis gula jawa yang diproduksi yaitu jenis ceplik, bumbung dan koin.

Baca juga:  Sarjana Ekonomi Sukses Jalani Bisnis Ternak Ayam

” Untuk kemasannya, ada yang 1 kg dan 1.5 kg, hingga kemasan toples untuk oleh-oleh. Lebih lengkapnya, juga bisa dilihat aneka produknya di akun Instagram @gulajawa.nirasari ” tutupnya

Sementara, Yuni salah satu pelanggan menggungkapkan, sudah bertahun-tahun menggunakan gula Nira Sari. Gula jawa ini, selain mudah larut dalam masakan, juga memiliki tekstur yang halus sehingga mudah untuk digunakan dalam berbagai olahan makanan ataupun minuman. (kom/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here