Apa Dampaknya Anak Jajan Sembarangan?

Ilustrasi anak jajan sembarangan.

Pertanyaan:

Assalamualaikum , Dok,

Sebagai Orang tua, kami kuatir akan keberadaan jajanan yang dijual bebas diluar area sekolah. Terlebih lagi, apa kandungan dan kadar jajanan tersebut sehat atau malah sebaliknya. Mohon pencerahannya, akan dampak negatif apabila anak-anak sering mengkonsumsi jajanan serta upaya dari pihak terkait nantinya.

Pengirim : Triyani- Balowerti- Kota Kediri

Jawaban :

Jajanan yang tidak sehat akan menyebabkan berbagai penyakit baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang tergantung bahan berbahaya yang terkandung dalam jajanan tersebut. Misalnya, bahan pewarna kimiawi yang berlebih dalam jangka pendek bisa menyebabkan sakit tenggorokan, batuk dan sesak. Kalau dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan ginjal, liver atau jg kanker. Begitu juga, makanan yang banyak mengandung bahan pengawet.

Sebaiknya, hindari makanan yang secara kasat mata sangat berwarna cerah karena kita patut curiga kalo makanan tersebut banyak mengandung zat pewarna kimiawi. Kedepanya, Dinkes akan lebih memperbanyak lagi sosialisasi dan pelatihan kepada para pedagang makanan sekolah agar makanannya sehat tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Dan, Dinkes juga akan menempelkan stike atau label pada masing-masing gerobak penjual, hingga masyarakat atau anak-anak bisa memilih makanan yang sehat. Pencegahan yang paling penting juga pada keluarga sebaiknya menyiapkan sendiri anaknya jajanan dari rumah. Dari sini, anak-anak tidak banyak jajan sembarangan di sekolah ataupun diluar sekolah

Demikian, semoga bisa membantu.

Hallo Dokter, seputar solusi Kesehatan dan Penyakit, Bersama dr. H. Fauzan Adhima. Hallo Dokter akan memberikan jawaban dan informasi bagi anda.

Silahkan, manfaatkan Rubrikasi ini dengan mengirimkan pertanyaan pembaca dengan langsung mengirimkan melalui WA di 081335017333 atau di email redaksi.jybmedia@gmail.com

Baca juga:  Dampak Kurang Jalan Kaki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here