Penjual Jajan Keliling Sukses Jadi Pengusaha

KEDIRI – JYB MEDIA: Sosok pantang menyerah dan ulet, inilah yang tertanam dalam diri Budy, warga Jalan Bagawantabari, Nomor 13, Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Bermodalkan keyakinan dan hanya mengenyam Pendidikan setingkat SMP, dia mampu menjadi Pengusaha Catering yang sukses saat ini.

Budy, lelaki 30 tahun yang sudah dikarunai satu orang anak ini bercerita, awal usaha yang digelutinya tidak semudah meraihnya. Sebelumnya, dia pernah berjualan jajanan keliling anak-anak di sekolahan. Meliputi, penthol dan makanan lainnya.

” Ya, awalnya memang jualan jajanan keliling disekolahan. Hingga, tahun 2009 lalu, saya mencoba peruntungan memulai usaha kue. Hujan, panas tidak mengurangi niat saya untuk berjualan keliling, dari toko ke toko, dari kantor ke kantor sambil saya memasarkan juga promosi” kisah Budy, asli warga Desa Medowo, Kecamatan Kandangan,Kabupaten Kediri, ini.

Puncaknya, suatu hari, dirinya berjualan di Pendopo Kabupaten Kediri,  dengan jarak yang cukup jauh dari tempat tinggalnya. Tapi, hal ini tidak menyurutkan langkahnya untuk terus berusaha.

” Pas saya jualan di Pendopo, Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno lewat dan mampir di meja saya. Lalu, beliau menanyakan keberadaan saya, siapa namanya, dari mana, siapa yang buat kue ini dan masih banyak lagi.  Dari sini, Beliau lalu mencicipi kue basah saya. Alhamdulilah, usai mencicipi, kue saya diborong” kenangnya kala itu.

Berangkat dari situ, muncul tantangan pesanan kue basah dari singkong dari Ibu Bupati. Lalu, dirinya berusaha untuk membuat dengan mengupayakan bentuk, rasa dan aroma yang menggugah selera.

” Saya coba dengan donat dari singkong, harga lebih murah dan rasapun tidak kalah dengan donat yang ada di kota. Dari sinilah, saya mulai dikenal dan diminta melatih beberapa pelaku UMKM, hingga saya mempunyai Lembaga Pelatihan Kerja ( LPK) yang diakui Disnaker” tutur Budy.

Baca juga:  Terinspirasi Penjual Nasi, Mantan Pegawai Bank Sukses Geluti Usaha Sambal Pecel

Saking banyaknya pesanan kue yang terus membanjir, Dia memilih menyerahkan pesanan kue pada pelaku usaha UMKM lainya dibawah binaanya untuk menggarapnya. Lalu, dirinya beralih menggeluti usaha Catering yang diberi nama ‘ Budy Catering’ hingga dikenal khalayak dengan omzet yang fantastis.

Kendati demikian, meski usaha Cateringnya berkembang pesat saat ini, dia tidak meninggalkan outlet kue lamanya dan tetap menerima pesanan  di Jalan Malang atau Timur Polsek Kandangan. Sedangkan, usaha Catering dipusatkan di Jalan Bagawantabari, Nomor 13, Desa Tertek, Kecamatan Pare,Kabupaten Kediri, sekaligus sebagai rumah yang ditempatinya saat ini.

Terakhir, Budy juga menjabarkan, bahwa kunci sukses adalah tidak pantang menyerah. Prinsipnya, ada awal meski ada akhir, inilah proses perjuangan. Kondisi inilah, seperti yang saya alami hingga meraih keksuksesan dalam mengelola usaha Catering saat ini.

” Kuncinya, sabar, telaten dan pantang menyerah. Intinya, setiap perjuangan pasti ada akhirnya serta berbuah manis apabila kita tekun menjalaninya” pungkasnya.(bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here