Tips Sehat Lansia : Semakin Tua, Semakin Bahagia

29
Masa Tua yang Bahagia, Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Sering kita mendengar istilah “dewasa adalah pilihan, sedangkan menjadi tua itu pasti”. Tentu saja setiap orang pasti akan menua, dimana semua sel sel tubuh juga akan mengalami degenerasi. Otot tidak sekuat saat masih muda, kerja jantung sudah mulai melemah, daya ingat sudah mulai menurun, kerja tiap organ di tubuh juga sudah mulai menurun. Hal tersebut adalah wajar pada lansia, jadi tidak perlu dikhawatirkan. Usia yang dikategorikan lansia menurut Kemenkes adalah usia 60 tahun keatas. Yang harus dipersiapkan sejak dini atau sebelum menua, bahkan yg sudah mulai menua adalah kesehatan tubuh dan jiwa.

Berikut tips tips sehat supaya diusia lansia tetap bahagia:

Perbaiki pola makan.

Memperhatikan pola makan sangat penting bagi tubuh,mendisiplinkan jam jam makan supaya tubuh teratur dalam melakukan metabolisme makanan, sangat penting untuk sistem pencernaan dan juga penyerapan nutrisi secara optimal. Hal ini diperlukan bagi lansia, untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan supaya penyerapan nutrisi tidak terganggu.

Makan makanan dengan gizi seimbang.

Semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sebaiknya dihadirkan dalam porsi makanan tiap harinya, seperti protein, lemak, karbohidrat dan serat. Terutama serat seperti sayuran dan buah buahan yang lebih diperbanyak supaya tidak terjadi sembelit. Kurangi asupan makan makanan manis. Ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh yang terdapat pada alpukat, minyak zaitun, kanola, kacang-kacangan. Banyak pada lansia karena tubuh tidak beraktifitas sebanyak dulu, sehingga terkena sembelit dan juga banyak pada lansia karena nafsu makan yang menurun, sehingga asupan gizi yang dimakan tidak seimbang. Sehingga diharapkan bagi kita untuk mempersiapkan makanan dengan gizi yang seimbang dalam 1 porsi makan pada lansia.

Rutin untuk cek kesehatan.

Hal ini sangat disarankan pada lansia supaya lebih berhati hati dalam kehidupan sehari hari. Sangat disarankan untuk rutin cek darah tiap 6 -12 bulan sekali. Cek tekanan darah,cek gula darah, cek foto dada, dan apabila ada penyakit yang diderita diharapkan untuk cek lebih sering supaya dapat cepat ditanggulangi untuk meningkatkan kualitas hidup .

Olahraga.

Olahraga yang rutin bagi lansia juga dibutuhkan. Lakukan olahraga yang ringan ringan saja bisa dilakukan sendiri atau berkelompok. Olahraga yang dilakukan misal yoga, berenang, bersepeda, berjalan kaki. Olahraga dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, memelihara kelenturan otot, memelihara tulang dan sendi, mencegah obesitas, stroke, penyakit jantung, hipertensi.

Apabila ada penyakit yang diderita,disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk tahu olahraga yang sesuai.

Perbanyak minum air putih.

Pada lansia biasanya banyak terjadi dehidrasi karena berkurangnya rasa haus. Sehingga perlu untuk rutin minum air putih walau tidak merasa haus. Air putih bisa diminum 1,5 liter perhari, volume nya beda dengan yang masih muda ya. Dengan air putih, dapat membantu meningkatakan proses metabolisme, melancarkam sistem pencernaan, mengurangi resiko pengentalan darah, sehingga sel sel darah berisi oksigen lancar beredar ke seluruh tubuh terutama sel sel otak.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup disarankan untuk lansia yang rata rata mengalami insomnia. Dengan tidur yang cukup,tubuh bisa memaksimalkan metabolisme dan otak tidak gampang untuk lupa

Kendalikan stres.

Ini merupakan tugas bagi keluarga dan pendamping lansia untuk tidak membuat para lansia cemas yang berlebihan, karena seperti kita tahu, bahwa stres juga dapat mempengaruhi kerja organ tubuh.

Bio 7, jamu tetes herbal yang sudah terbukti banyak manfaatnya sangat ideal untuk mendampingi nutrisi keseharian bagi para lansia. Kandungan herbalnya dapat membantu penyerapan nutrisi memjadi lebih baik, kandungan jinten hitam dalam bio 7 dapat membantu supaya nasfu makan bisa membaik, kandungan temulawak dapat mencegah lansia dari penyakit liver dan membantu pembuangan racun oleh tubuh kandungan daun salam dan alang alang dapat memcegah terjadinya batu ginjal dam radang sendi, dan masih banyak kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan lansia yang sehat dan bahagia sejak dini dengan bio 7.

Artikel ini ditulis dr. Putri Raina Damayanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here