Wayang Orang Yang Masih Diminati Banyak Kalangan

26
Pagelaran Wayang Orang dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 814, bertempat dihalaman Gedung DPRD Kabupaten Tulungagung.

TULUNGAGUNG – JYBMedia: Seiring bergulirnya era Globalisasi saat ini, memang keberadaan Pagelaran Kesenian Wayang Orang terkesan hilang dan jarang menampilkan eksistensinya. Tapi, pagelaran kesenian yang menjadi tontonan favorit kala itu, ternyata masih diminati banyak kalangan saat ini.

Hal ini terlihat, dari pagelaran yang ditampilkan Sanggar Seni Hari Budoyo, Siswa- Siswi SMK YP 17 Tulungagung, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 814, bertempat dihalaman Gedung DPRD Kabupaten Tulungagung, Sabtu malam (30/11/2019).

Dengan mengangkat lakon “PANDAWA SYUKUR SESAJI ROJO SUYO” pagelaran Wayang Orang ini menceritakan Pandawa yang bisa mengangkat Raja Puntadewa, disaksikan 100 negara yang dinamakan ” ROJO SUYO” dan harus menumpas angkara murka di bumi ini.

” Pagelaran Wayang Orang ini diikuti dari para Guru, Siswa dan Siswi SMK YP 17 dan masyarakat pelaku seni dari Sanggar Budaya Hari Budoyo dari Kota Tulungagung. Alhamdulillah, acara berlangsung meriah dan menarik antusiasme ratusan penonton yang hadir” kata Hari S.Pd. MM, Pimpinan Hari Budoyo, saat ditemui usai acara.

Hari berharap, dengan digelarnya kesenian Wayang Orang, mampu menghidupkan kembali kesenian yang memang kurang familier di generasi Mileneal saat ini. Karena, apapun bentuknya, kesenian ini merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

” Harapanya, kesenian Wayang Orang bisa kembali tumbuh dan memberikan edukasi positif bagi generasi muda ” pungkasnya.

Sekedar diketahui, hadir dalam acara tersebut, perwakilan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Tulungagung, Forkompimda Kabupaten tulungagung, perwakilan Pemerintah Kabupaten Tulungagung,perwakilan dari DPRD Tulungagung,perwakilan Kodim dan Polres Tulungagung yang diwakili Polsek Kota dan juga tamu undangan lainnya.

Sementara, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo berhalangan hadir dan dihadiri Sugianto yang membacakan sambutan dari Bupati Tulungagung. Dalam sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi terselenggaranya pagelaran kesenian Wayang Orang, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung yang diisi dengan pagelaran Wayang Orang dari Sanggar Budaya Hari Budoyo, Tulungagung.

” Persembahan ini, merupakan bentuk keselarasan Pemerintah Kabupaten Tulungagung dengan Sanggar Seni Hari Budoyo dari SMK YP17 Tulungagung dan Dinas Kebudayaan. Harapannya, sinergitas Pemerintah dan masyarakat bisa berkembang, untuk menggali kembali budaya dan tradisi agar tetap lestari dan bisa mensesjahterakan masyarakat. Dan, menjadikan Tulungagung, Guyub Rukun Ayem Mulyo Lan Tinoto” katanya. (har/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here