Penjual Kreco dan Sate Kol Yang Tak Tergerus Zaman

138
Terlihat, dagangan kreco dan sate kol ala Sunaryo atau akrab disapa Pak Pri yang mangkal di depan Gudang Bulog Sub Divre Kediri, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Munculnya aneka ragam makanan tidak membuat keberadaan penjual kreco dan sate kol tersisihkan. Seperti halnya, aktivitas para penjual yang terlihat di depan Gudang Bulog Sub Divre Kediri, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Keberadaan mereka, seolah tumbuh dan berkembang dalam tiap harinya.

Seperti halnya, kisah salah satu penjual yang berawal dari ajakan teman dan akhirnya memutuskan untuk menekuninya. Adalah, Sunaryo warga Desa Plosorejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Lelaki asli Banyuwangi ini, memulai jualan Kreco dan Sate Kol sejak 2 tahun lalu hingga saat ini.

Saat tim jybmedia.com menyambangi dilokasi jualanya, Sunaryo menggunakan rombong yang dimodifikasi pada sepeda motornya. Lelaki berusia 47 tahun yang akrab disapa Pak Pri ini, terlihat sibuk melayani para pembeli yang selalu ramai dan silih berganti.

” Alhamdulillah, saya memutuskan berjualan kreco setelah sebelumnya sempat bekerja di pabrik selama 7 tahun.Lalu, juga sempat kerja sebagai kuli bangunan 4 tahun dan pada akhirnya saya memilih hijrah ke Kediri” ungkap Pak Pri, yang mengaku sudah menetap di Kediri, selama 16 tahun.

” Bahkan, untuk penghasilan saat ini terbilang lumayan dan lebih santai, dari pada pekerjaan sebelumnya” akunya.

Pak Pri juga berkisah, awal dia berjualan diajak teman untuk berjualan kol mentah. Seingatnya, 5 hari sebelum hari raya tahun lalu, dia mencoba memasak sendiri dirumah bersama istri.

Berangkat dari situlah, Pak Pri berjualan setiap hari tanpa mengenal lelah dan tanpa terasa sudah melakoni jualan kreco dan sate kol selama 2 tahun ini. Untuk jadwal jualan, dia mengawali sekitar pukul 08.30 WIB.

” Ya, Alhamdulillah jualan saya membuahkan hasil dan selalu ludes terjual. Terkadang, saya juga mengambil bahan baku kreco dan kol dari wilayah Jombang, kalaupun wilayah Kediri kehabisan stok” urainya.

Kendati demikian, Pak Pri juga memanfaatkan para pengepul kreco dan kol serta terkadang mencari sendiri di sawah dekat rumahnya.

” Tapi, rata-rata sudah langganan, para pencari kreco dan kol selalu mengantarkan kerumahnya. Jadi, saya tinggal masak saja” pungkasnya.

Berkaca dari perjalanan Pak Pri, semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi berbagai kalangan bahwa rejeki bisa dicari asalkan ada kemauan dan niat. Terlebih lagi, ulet dan sabar menjadi bekal utama. Karena, proses tidak bisa dilakukan secara instan dalam menekuni sebuah usaha apapun.

Nah, penasaran dengan rasa khas kreco dan sate Kol ala Pak Pri. Silahkan, bisa mampir ke lokasi berjualan depan Gudang Bulog Sub Divre Kediri.(ogi/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here