Dari Sungai ” Disulap ” Jadi Wisata Favorit di Kediri

196
Memukau, pintu masuk lokasi Wisata Sumber Banteng, berlokasi di RT 18, RW 06, Lingkungan Wangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, bernama Sumber Banteng.

KEDIRI – JYBMedia: Membahas akan keberadaan sungai, inilah kelebihan salah satu wisata di Kota Kediri, Jawa Timur, hingga memukau dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, lokasi wisata ini menjadi ikon dan favorit di Kota Tahu. Adalah, Sumber Mata Air yang terletak di RT 18, RW 06, Lingkungan Wangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, bernama Sumber Banteng.

Saat tim jybmedia.com mengunjungi ke lokasi Sumber Banteng, kondisi di lokasi sangat asri dengan berbagai fasilitas hiburan yang menjadikan semakin nyaman. Apalagi, untuk sekedar duduk santai dan bercengkrama sambil menikmati gemercik aliran air, sengaja dibendung oleh warga dengan fasilitas bermain perahu dayung serta dibawahnya juga hidup bermacam-macam ikan.

Keterangan Bu Yulis, salah satu pedagang Sumber Banteng, bercerita panjang mengenai keberadaan lokasi wisata ini. Dia menjabarkan, stand makanan disini dibuat swadaya oleh warga setempat dengan cara gotong royong.

” Awalnya dari membendung air sungai, buat kerajinan, sampai buat gubuk dari pagi kerja sampai pagi lagi. Ada toilet dan musholla juga. Disini, stand semua yang mengisi warga setempat dengan sistem bagi hasil. Rencana, lokasi juga mau diluaskan, karena sudah nggak mampu menampung pengunjung” tuturnya, saat ditemui dilokasi, Jumat (13/12/2019).

Ibu 48 tahun tersebut juga menguraikan, kalau berjualan di lokasi Sumber Banteng lebih santai dari pada pekerjaan yang dilakoni sebelumnya, di salah satu perusahaan wilayah Kediri.

“Kalau jadwal buka stand disini mulai jam 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kalau hujan, ya tutup. Alhamdulillah, saya disini berjualan setiap hari hasilnya juga lumayan. Kalaupun ramainya di hari Sabtu dan Minggu full pengunjung, sampai susah untuk jalan. Ada juga lho, stand buat bapak-bapak jualan, seperti jagung godok, peyek buatan sendiri” imbuhnya.

Bu Yulis juga bercerita, uniknya lokasi Sumber Banteng ada pada perbatasan sumber mata air di sisi kabupaten dan aliran di sisi kota. Walaupun jauh dari pusat kota, tapi Sumber Banteng tidak pernah sepi.

” Karena kenyamanannya, hingga membuat Sumber Banteng cepat dikenal masyarakat luas” pungkasnya.

Pengunjung yang selalu berjubel di Stand kuliner yang berjajar di lokasi Wisata Sumber Banteng.

Di lokasi yang sama, tim jybmedia.com sempat menemui salah satu pengunjung Rismiati, wanita 24 tahun asli warga Kelurahan Bawang, Kota Kediri. Dia mengaku, sering berkunjung ke Sumber Banteng ini, lantaran tempatnya nyaman.

“Ya, saya sering kesini karena anak suka main air, naik perahu. Suasananya juga enak, nyaman, adem. Saya juga masih merasakan Sumber Banteng sebelum dipugar yang awalnya dulu belun dibendung aliran airnya. Ya, seperti aliran sungai biasa, masih dipakai cuci baju juga sama ibu-ibu” kisah Rismiati, sambil diselingi tertawa.

Anda tertarik berkunjung ke Wisata Alam yang masih asri. Bisa langsung menuju ke Sumber Banteng di Lingkungan Wangkalan, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. Lebih mudahnya, cukup ketik di pencairan dengan keyword, Sumber Banteng,Kota Kediri.(ogi/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here