Manfaatkan Sampah, Warga Lamongan Mampu Bikin Replika Bernilai Tinggi

69
Bangga, Ngatimun menunjukkan hasil karya Replika Moge miliknya.

LAMONGAN – JYBMedia: Kreativitas tanpa batas dilandasi niatan dan usaha keras. Setidaknya, hal inilah yang dapat dilihat dari beberapa replika atau miniatur motor gede (moge) dari plastik bekas, karya seorang warga di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Adalah Ngatimun, warga Desa Lembor, Kecamatan Brondong. Lelaki berusia 42 tahun ini, melihat banyak sampah plastik mulai dari sedotan, kemasan minuman, tutup botol dan lainnya, berserakan di jalan, hingga Ia membuat suatu terobosan.

“Awalnya, ingin memungut dan membersihkan saja. Namun, setelah saya pikir-pikir kalau dibuang lagi ke tempat sampah, maka statusnya akan tetap menjadi sampah. Dari situlah, kemudian timbul keinginan untuk menjadikan sampah ini lebih bernilai,” kata Ngatimun, saat ditemui, Sabtu (11/01/2020).

Setelah mengotak-atik, muncullah ide merakit plastik-plastik itu menjadi bentuk moge Harley Davidson.

“Moge ini lebih mudah pengerjaannya dibanding membuat bentuk motor RX King atau motor lainnya,” ucap Ayah dua anak ini.

Ngatimun mengaku, Ia merasa puas dan akan terus melakukan inovasi-inovasi pada karya-karyanya. Bahkan, pada perkembangannya, dia juga mengaplikasikan idenya tersebut ke barang-barang bekas berbahan logam. Dari situlah, dirinya mulai mendapatkan keuntungan secara finansial.

Bangga, Ngatimun menunjukkan hasil karya Replika Moge miliknya.

“Miniatur moge berbahan logam saya hargai antara Rp 200 ribi sampai 300 ribu. Pembelinya, selain warga Lamongan juga banyak yang dari luar Kota seperti, Surabaya, Gresik, Tuban dan Bojonegoro,” ungkap pria yang gemar olahraga Pencak Silat ini.

Hebatnya, dari karya-karyanya itu, nama Ngatimun mulai dikenal. Beberapa kali, dirinya diundang sekolah-sekolah untuk memberi pelatihan bagi para siswa-siswi agar memiliki keterampilan mengolah sampah, menjadi sesuatu yang punya nilai lebih. (bis/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here