Khasiat Bawang Putih, Dari Flu Hingga Kanker

50
Tanaman Bawang Puting yang mempunyai manfaat besar bagi kesehatan.

KEDIRI – JYBMedia: Bawang putih adalah nama tanaman sekaligus umbi dari tanaman itu sendiri. Bawang putih masih termasuk dalam famili Alliaceae dari genus Allium. Umbi dari tanaman bawang putih sangat familier di bumbu masak rumah tangga, karena bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Kandungan kallin atau kalin didalamnya. Membuat bawang putih yang masih mentah, terasa getir (pahit agak pedas) ketika dimakan.

Penelitian tentang bawang putih membuktikan adanya kandungan zat-zat pada bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan minyak atsiri pada bawang putih misalnya memiliki khasiat sebagai anti bakteri alami. Kandungan aliin bermanfaat untuk anti kolesterol. Bawang putih juga mengandung kalsium, saltivine, belerang, fosfor, protein, lemak, besi serta vitamin A,B1 dan C. Ketika bawang putih dimemarkan atau dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai.

Kali ini, hal yang akan dibahas perihal Bawang putih tunggal. Jenis yang satu ini, dikenal dengan nama bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Sama seperti bawang lainnya yang juga mengandung minyak atsiri. Uniknya, bawang lanang ini memiliki bentuk bulat dan warnanya jauh lebih putih ketimbang bawang biasa. Meski demikian, bawang jenis ini memang masih jarang digunakan dalam keseharian jika dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Mencari penjual bawang putih lanang atau bawang putih tunggal juga tidak mudah. Bawang lanang ada yang lokal dan import tetapi yang lokal lebih bagus dan terasa khasiatnya. Mengapa bawang lanang atau tunggal lokal lebih berkhasiat ? Mungkin, karena dalam proses penanaman alami sehingga bebas, terhindar dari pestisida dan residu bahan-bahan kimia pertanian.

Menurut Endang Pertiwi, Pakar Herbal di Kediri menjelaskan, bawang putih memiliki kemampuan mencegah penyakit kanker. Hal ini, terkait erat dengan kandungan sulfida yang ada di dalamnya. Senyawa kimia ini bisa membantu organ hati dalam melawan senyawa beracun yang bisa memicu kanker. Bawang putih tunggal, juga ampuh mengobati serangan virus influenza. Aroma khas bawang ini, mampu mengaktifkan kinerja membran mocus sehingga saluran pernafasan menjadi lega karena lendir perlahan akan keluar.

“Konsumsi bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol bisa terkena tekanan darah tinggi yang bisa berakibat pada organ jantung. Jadi, konsumsi bawang putih untuk kesehatan jantung. Bawang putih tunggal mampu mengatasi penyakit maag. Caranya mudah, cukup cuci bersih bawang putih dan kunyah mentah. Lakukan minimal 3 kali” ujarnya.

Khasiat bawang putih tunggal lainnya adalah untuk meringankan penyakit asma, batuk pilek, dan masuk angin. Untuk ketiga penyakit ini, cukup campurkan madu bersama dengan bawang putih tunggal yang telah dihaluskan. Saring dan kemudian minum setiap pagi secara rutin hingga kondisi Anda membaik.

” Juga mampu memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, kanker dan ketidakseimbangan kolesterol . Hal ini disebabkan, karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah” pungkas Endang.

Dari data yang dilansir dari beberapa sumber, bawang putih juga dapat melumpuhkan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dini, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi, mencegah rematik dan mengurangi rasa sakit pada tulang .Membantu menambah nafsu makan, apabila dikonsumsi mentah.(ogi/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here