Mengenal Cara Make Up Yang Simple

FOTO : Ilustrasi Perempuan saat merias wajah

Aktivitas harian, kondisi emosional, sampai asupan gizi seimbang menjadi faktor yang cukup mempengaruhi kesehatan wajah. Jika beberapa hal itu tidak seimbang, dampaknya bisa sampai penuaan dini yang terlihat seperti munculnya kerutan di area sekitar wajah. Berikut cara make up yang simple, seperti yang dilansir dari beberapa sumber :

1. Bikin riasan mata yang on point

Penampilan akhir makeup akan sangat dipengaruhi oleh riasan di sekitar mata. Jauhi penggunakan eyeshadow dengan shimmer agar kerutan tidak terlalu tampak. Pilih warna netral yang hampir mendekati warna wajah. Jika area mata muncul lingkaran hitam, balurkan concealer untuk menutupinya. Untuk mata yang ingin terlihat belok, bisa gunakan eyeshadow dan eyeliner agar kelopak mata terlihat indah. Terakhir, gunakan maskara hitam dan bulu mata sebagai pelengkapnya.

2. Pakai foundation yang sesuai jenis dan warna kulit.

Langkah awal memilih foundation yang sesuai adalah menentukan jenis kulitnya terlebih dulu. Seperti mengetahui jenis kulit yang acne-prone, kering, berminyak, kombinasi, sensitif, atau kulit dengan kerutan.
Agar tidak terlihat cakey, usahakan memilih foundation yang memiliki konsistensi seimbang dan ringan sesuai jenis dan warna kulit. Pastikan baluran foundation di muka tampak matte dan halus.

3. Bikin alis yang simetris

Alis adalah area penting riasan untuk mendapatkan look yang awet muda. Agar terlihat natural, buatlah alis yang merata dan simetris. Tidak perlu terlalu tebal hingga mendominasi riasan, seimbangkan dengan riasan mata.
Untuk alis yang sudah tebal, langkah mudahnya adalah dengan mengaplikasikan pensil alis mengikuti garis alis yang sudah ada dan mengisinya secara perlahan.

4. Isi bibir dengan lipstik warna natural seperti nude, peach, pink, atau coral

Baca juga:  Ini Cara Hilangkan Bau Mulut Usai Makan Daging

Selain riasan mata yang perlu ditonjolkan, riasan bibir adalah salah satu yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless. Isilah bibir penuh dengan warna fresh yang mencirikan anak muda seperti nude, peach, pink dan coral.
Pilih juga lipstik yang sesuai dengan warna kulit bibir agar tidak terlalu berseberangan warnanya, usahakan hasil lipstik tidak meluber dan bisa merata.

5. Supaya kelihatan natural, gunakan bedak tabur untuk makeup sehari-hari

Perhatikan penggunakan foundation, concealer, bedak padat, highlighter, countouring, dan bedak tabur sesuai kondisi. Sekiranya makeup dibutuhkan untuk waktu yang lama seperti di acara formal, penggunaanya boleh full coverage.
Tapi kalau untuk sekadar makeup sehari-hari, bisa gunakan sunscreen, concealer untuk menutupi lingkaran hitam, bedak padat atau bedak tabur saja supaya muka gak terlalu berat.

6. Agar terlihat tirus, gunakan teknik kontur yang benar

Untuk yang memiliki pipi cenderung chubby, gunakan teknik kontur yang benar agar tampak lebih tirus. Langkah ini cukup penting untuk menyamarkan pipi yang berisi. Pemakaian kontur bisa dilakukan di tulang hidung, tulang pipi, dagu, dan dahi agar menghasilkan muka yang lebih berdimensi. Aplikasikan kontur warna silver dengan cara vertikal untuk memberi kesan wajah yang lebih panjang. Gunakan blender atau kuas yang halus supaya terlihat lebih alami.

7. Aplikasikan blush on warna netral seperti cokelat atau peach.

Bikin makeup yang terlihat muda rasanya kurang pas jika melupakan blush on gemas yang bikin pipi tampak lebih merona. Sentuhan akhir dari makeup justru terletak pada bagian blush on.
Pilih warna yang netral agar tidak memberikan kesan menor seperti warna peach, pink, cokelat, atau coral. Usahakan warna tersebut juga sesuai dengan warna muka atau paling tidak bisa menyesuaikan dengan warna makeup secara keseluruhan yang telah dibikin.

Baca juga:  Pandemi Covid-19, Anggota Komunitas Telanjang Di Inggris Naik 100 Persen

8. Menyamarkan noda bekas jerawat, beruntusan, dan bintik hitam di wajah dengan color corrector

Untuk yang punya jenis muka acne-prone, membuat hasil makeup yang mulus butuh tenaga ekstra. Terkstur muka yang tidak merata akibat jerawat dan beruntusan barangkali susah ditutupi, tapi kalau untuk menyamarkan noda bekas jerawat bisa ditutupi dengan concealer atau color corrector. Untuk mengaplikasikannya, gunakan terlebih dahulu almond oil hingga meresap baru dilanjutkan dengan color corrector. Jika ada noda kehitaman, dianjurkan menambahkan color corrector berwarna orange. Untuk yang memiliki wajah beruntusan kemerahan, gunakan warna hijau sebagai penetral sebelum diaplikasikan foundation.

9. Gunakan trik lipstik matte yang tahan lama

Untuk mendapatkan lipstik yang tahan lama dan menempel seharian memang tidak mudah. Tapi hal itu bisa disiasati dengan beberapa cara, salah satunya adalah mengolesi bibir dengan lip balm dulu sebelum memakai lipstik.
Bisa juga membingkai bibir menggunakan lip linner supaya lebih rapi dan tidak meluber meski dipakaikan lipstik penuh. Selain untuk menghindari glossy, gunakan tisu bersih untuk meratakan lipstik.

10. Pakai face mist atau setting spray biar hasilnya tahan lama.

Untuk mendapatkan hasil makeup yang tahan lama dan merata, penggunaan face mist cukup dibutuhkan selain fungsinya sebagai pelembab dan penyegar. Cara menggunakannya, bisa dilakukan saat sebelum dan sesudah makeup. Face mist biasanya mengandung bahan baik seperti aloe vera dan rosewater sebagai nutrisi sekaligus sebagai pencerah wajah.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here