Inovatif, Siswa SMPN di Gurah Ditempa Seni Membatik

11
Antusiasme para anak didik SMPN 2 Gurah, mengikuti pelajaran ekstrakurikuler

KEDIRI – JYBMedia: Kreativitas tanpa batas, inilah terobosan dan ide yang dilakukan Siswa dan Siswi SMP Negeri 2 Gurah, Kabupaten Kediri. Mereka, sudah dibekali pelajaran Seni Budaya yang mengakar di benak para anak didik, terutama Seni Membatik menjadi ikon utama dari sekolah tersebut.

Diketahui, Sekolah favorit tersebut mendapatkan Predikat Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional, memang patut mendapat apresiasi. Karena, ide “Cinta Lingkungan” selalu menjadi motto sekolahan tersebut.

Data yang dihimpun menyebutkan, Seni Membatik yang diajarkan di SMPN 2 Gurah, tidak hanya menjadi rutinan mata pelajaran, bahkan sudah ada kegiatan ekstrakurikuler yang sudah dikenal di masyarakat lokal hingga Internasional.

Eti, Guru Seni Budaya SMPN 2 Gurah mengungkapkan, Ia mengutamakan Seni Membatik karena memang kebetulan memiliki Sanggar Batik dirumahnya. Uniknya, batik buatan siswa akan dipakai untuk pakaian khas setiap angkatan dan pasti memiliki kontur desain berbeda-beda.

“Disini batik sudah membudaya mas, Alhamdulillah sudah berjalan 6 angkatan. Jadi, sistemnya di kelas 7 saya beri edukassi basic Canting itu seperti apa. Lalu, pewarnaan biasanya di deadline diawal tahun sebelum mereka naik kelas 8, setelah bisa canting dan warna mereka saya haruskan musyawarah satu angkatan untuk memilih motif apa yang mau digunakan” ujarnya sambil memperlihatkan batik-batik yang sudah dipakai seragam.

Hasil karya membatik para Siswa-Siswi

Menurutnya, dari pemilihan motif Batik yang sudah dipilih motifnya akan dikerjakan oleh siswa satu angkatan. Setiap anak, wajib buat batiknya sendiri yang nantinya akan dibuat seragam khas angkatan dengan identitas di belakang seragamnya.

Eti juga menjelaskan, ekstra Seni Membatik SMPN 2 Gurah, kemungkinan menjadi satu-satunya di Jawa Timur maupun Nasional. Hal ini, menambah rasa bangga Civitas Guru dan Siswa.

” Batik hasil karya siswa kami sudah sering dibuat pameran. Dan, beberapa kali turis asing berkunjung untuk membelinya. Ia berharap dsari hasil seni membatik ini siswa mempunyai soft skill pasca lulus untuk mengembangkan sesuai bakat minat masing-masing.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here