Bisnis Hewan Menjijikan Tapi Menjanjikan

Bahrudin menunjukkan lokasi budidaya cacing sutera miliknya.

KEDIRI – JYBMedia: Kebutuhan cacing sutera sebagai salah satu pakan alami untuk budidaya perikanan, dari waktu ke waktu terus memperlihatkan peningkatan. Kenaikan ini bisa terjadi, karena cacing sutera menjadi salah satu pakan alami yang digunakan para pembudidaya perikanan di seluruh Indonesia.

Di Kota Kediri, bisa dijumpai pengusaha pembudidaya cacing sutera atau dalam bahasa latinya Tubifex sp, di Kelurahan Pojok RT 10 RW 2 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Kepada tim jybmedia.com, Bahrudin, menjelaskan usaha yang digelutinya sudah berjalan 8 tahun, dengan mengambil nama EMaskumambang. Nama ini dipakai, lantaran rumahnya berhadapan langsung dengan Bukit Maskumambang.

Dalam pemasaran, Bahrudin masih bisa mencukupi wilayah Kediri. Ia mengaku kewalahan dalam mencukupi kebutuhan pasar lokal. Karena, di Kota Kediri masih minim pembudidaya cacing sutera dan tidak seimbang dengan jumlah konsumen atau peternak ikan yang jumlahnya banyak.

” Untuk perawatanya sangatlah mudah. Karena memanfaatkan limbah pasar berupa buah buahan yang tekstur seratnya tinggi dan mudah busuk seperti buah naga, pepaya, sirsat dll. Atau bisa juga roti yang sudah tidak layak dikonsumsi manusia juga bisa untuk dijadikan bahan pakanya. Pemberian makan dilakukan pagi dan sore 4 hari sekali. Dan, untuk harga cacing sutera, Bahrudin mematok Rp 20 rb per kaleng susu” ujarnya, saat ditemui, Selasa (21/1/2020).

Bahrudin menambahkan, bisnisnya ini memang kelihatanya menjijikkan. Tapi, melihat nilai jualnya yang mahal, serta mengajak masyarakat untuk bisa membuka peluang usaha ini. Karena, keunggulan budidaya cacing sutera yaitu, pakan murah berlimpah, perkembangan cepat, lantaran dalam kurun waktu 24 jam saja cacing sutera melakukan proses reproduksi dan penyakit relatif tidak ada.

” Perawatan mudah serta prospek pasar masih sangat terbuka” imbuhnya.

Baca juga:  Libur Tahun Baru Islam, 10 Titik Berpotensi Macet

Selain pembudidayaan, Bahrudin juga membuat sebuah forum bisnis usaha cacing sutera baik secara praktek di lokasi maupun bimbingan teori lewat media online. Dalam pelatihan, peserta cukup membayar administrasi Rp 800 rb per orang, dengan garansi peserta akan didampingi terus hingga bisa menyerap teknik maupun teori yang diajarkanya.

” Saat ini, antusias peminat usahanya banyak berasal dari Lampung, Padang, Palembang, Medan Bekasi, Kerawang dan ada dari Malasyia. Untuk yang berminat membeli atau ikut pelatihan, bisa menghubungi langsung nomer telfon saya di 082230822042 ” pungkasnya.(abi/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here