Gagal Bayar Hutang, Warga Grogol Rela Serahkan Rumah

22
Akson Nur Huda selaku Kuasa Hukum pemenang lelang,

KEDIRI – JYBMedia: Iwan Sunarno dan Khusnul Khotimah, keduanya warga Desa Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akhirnya harus legowo dan menyerahkan rumahnya pada pihak Bank. Hal ini, lantaran mereka pernah meminjam 150 juta, tapi tidak mampu membayar dan mendapatkan peringatan beberapa kali dari Bank, hingga berujung penyerahan aset, Rabu (22/1/2020).

Ceritanya, Dua warga Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, pernah melakukan transaksi peminjaman uang di Bank Danamon Kediri, kisaran tahun 2003, dengan jaminan sertifikat rumah. Seiring berjalannya waktu, mereka tidak mampu membayar hingga mendapat peringatan beberapa kali dari pihak Bank.

Karena tidak dapat memenuhi tanggungjawabnya, pihak Bank memilih memasukkan agunan dua Kreditur tersebut, guna didaftarkan ke KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) yang berlokasi di Malang. Pasca dirilis informasi lelang, ada seorang pembeli warga Kota Batu yang memenangkan lelang, hingga berkas dan pemilik rumah harus melakukan proses pengosongan.

Dalam pelaksanaan eksekusi dengan satu perkara no. 53/Pdt.G/2018/PN Gpr, tentang eksekusi. Dan, pemilik memilih komitmen perdamaian, hingga pihak pemenang lelang memenuhi apa yang diminta pemohon eksekusi sebesar Rp 800 juta. Selanjutnya, Iwan Sunarno beritikad baik melakukan pengosongan rumah, begitu pula Khusnul Khotimah, juga melalukan hal yang sama.

“Pengosongan hari ini berjalan dengan baik, tanpa ada paksaan sedikitpun. Satu, atas nama Iwan sudah musyawarah dan Khusunul Khotimah mengosongkan sendiri. Sehingga, hari ini semua eksekusi sudah fix selesai” ujar Akson Nul Huda selaku Kuasa Hukum pemenang lelang, Sie Suwanto.(ogi/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here