Jadwal Minum Air Putih yang Menyehatkan

FOTO: Ilustrasi Air Putih

Kita mungkin sudah tahu bahwa air putih memberi banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang terpenting adalah menjaga agar tubuh tidak terkena dehidrasi yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kita. Meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari (setara dengan 2 liter) juga dapat melindungi kesehatan organ dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, hingga mendistribusikan zat-zat gizi ke berbagai bagian tubuh.
Namun, tahukah Anda bahwa ada anjuran minum air putih supaya hidup semakin sehat? Faktanya, mengonsumsi air putih di waktu-waktu yang tepat dapat meningkatkan efektivitas dan manfaatnya. Berikut adalah aturan minum air putih beserta tujuh waktu tepat untuk minum air putih yang diambil dari berbagai sumber :

1. Setelah Bangun Tidur
Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 7-8 jam. Ketika bangun, umumnya kita akan merasa haus, yang merupakan indikasi tubuh telah kekurangan cairan. Oleh karena itulah, kita perlu mengisi ulang persediaan air tubuh dengan meminum satu sampai dua gelas air putih. Selain itu, meminum air putih di pagi hari juga memperlancar metabolisme dan membantu membuang racun dalam tubuh.

2. Sebelum Mandi
Aturan minum air putih yang kedua adalah meminum air putih tepat sebelum mandi. Kesegaran air putih apabila dipadukan dengan kehangatan air yang didapat ketika mandi akan mencairkan kandungan Natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Sebelum Makan (Pagi, Siang, Malam)
Ternyata, meminum air putih ketika proses makan berlangsung malah melemahkan kinerja cairan pencernaan.

Waktu yang tepat untuk meminum air putih adalah 30 menit sebelum makan. Jaga porsinya, karena jika konsumsi air putih terlalu banyak makan dapat mengganggu proses pencernaan karena dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan enzim-enzim yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

Baca juga:  Batang Kangkung Ternyata Punya Manfaat Besar

4. Ketika Anda Merasa Lelah
Anda pasti sudah tahu bahwa 60% tubuh manusia terdiri dari air. Ini berarti, sebagian besar kinerja tubuh kita bergantung pada air, termasuk bagian penting seperti otak dan organ penting lainnya. Kekurangan air dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi, sakit kepala, kabut otak, depresi, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Anda harus ingat anjuran minum air putih satu ini: ketika Anda merasa lelah, minumlah air putih.

5. Sebelum, Saat dan Setelah Berolahraga
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menjalani gaya hidup sehat berarti menjaga keteraturan berolahraga. Ketika kita berolahraga, tubuh akan berkeringat dan itu berarti cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Minumlah air putih dengan porsi sesuai anjuran untuk mencegah dehidrasi, sekaligus meningkatkan daya otot tubuh.

6. Sebelum Tidur
Meminum air putih di malam hari sebelum Anda tidur dapat mengembalikan cairan yang hilang akibat lelahnya beraktivitas sepanjang hari. Lebih dari itu, persediaan air putih yang cukup juga akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

7. Ketika Anda Sakit
Air putih juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Maka ketika Anda sedang sakit, umumnya diperlukan air lebih banyak agar cairan tubuh seimbang, misalnya saat demam.

Itulah ketujuh anjuran minum air putih untuk memaksimalkan manfaatnya dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here