Kebanyakan Makan Jengkol, Ternyata ?

FOTO : Ilustrasi jengkol

Berbicara akan mengkonsumsi makanan yang berlebihan memang berdampak kurang baik. Nah, kali ini kita akan membahas dampak, apabila makan jengkol secara berlebihan :

1. Keracunan

Efek negatif kebanyakan makan jengkol yang paling fatal adalah keracunan, hal ini umumnya terjadi setelah 5-12 jam makan jengkol. Adapun ciri-ciri dari keracunan jengkol adalah merasa mual, muntah, nyeri pada pinggang, nyeri perut dan kencing yang tidak normal atau anyang-anyangen (jawa).

2. Jengkolan

Makan jengkol yang berlebihan bisa menyebabkan asam jengkolat, dikarenakan sulitnya zat tersebut larut dalam air sehingga mengendap dalam ginjal dan tentu bisa membentuk kristal padat dalam tubuh. Gejala jengkolan biasanya ditandai dengan susah buang air kecil serta rasa nyeri pada lambung.

3. Di Jauhi Temen

Makan jengkol dalam jumlah sekecil apapun akan memicu aroma yang tidak sedap khususnya pada bau mulut, dengan bau mulut yang tidak sedap tersebut menjadi pemicu dijauhi oleh teman ngobrolnya. Selain itu aroma jengkol juga mudah dikenali ketika setelah makan jengkol mengeluarkan angin atau kentut, bau kentut pun akan mengeluarkan aroma jengkol yang sangat mengganggu lingkunga, bahkan seseorang yang usai makan jengkol ketika kencing di kamar mandi, bau pesing dan beraroma jengkol sangat menyengat. Oleh karena bagi yang menggemari jengkol sebaiknya setelah makan jengkol untuk tidak keluar rumah dulu serta kencing di toilet umum atau di tolilet teman maupun sanak saudara biar tidak di jauhi oleh teman maupun keluarga.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Usai Makan Jengkol

Meskipun jengkol sudah diolah semaksimal mungkin agar baunya hilang, akan tetapi tetap saja akan meninggalkan bau pada mulut, air kencing serta bau pada saat mengeluarkan angin atau kentut setelah mengkonsumsinya. Nah, untuk mengatasi bau yang tidak sedap tersebut khususnya bau mulut, kita bisa meminum kopi pahit atau kopi tanpa ditambahkan gula selesai makan jengkol.

Baca juga:  Cara Sederhana Terapkan Hidupkan Sehat

Demikian berbagai manfaat dan efek negatif yang ditimbulkan dari memakan jengkol pada kesehatan tubuh kita. Mudah-mudahan informasi ini bisa diambil manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh kita serta bisa menghindari efek negatifnya bagi kesehatan tubuh serta tetap bisa menjalin hubungan yang baik dengan teman maupun sanak keluarga karena gemar makan jengkol. Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here