Cara Sederhana Bersihkan Noda di Pakaian

Ilustrasi pakaian kena noda

Mungkin pakaian kesayangan yang kita pakai terkena noda yang bikin kita jengkel karena dengan noda tersebut menjadikan penampilan kurang percaya diri. Noda yang menempel pada pakaian bisa disengaja atau tidak sengaja, apalagi noda tersebut berasal dari bahan kimia seperti oli, pewarna makanan, noda darah, tinta dan lain sebagainya. Pakaian yang terkena noda tersebut tidak perlu dikucilkan/disimpan apalagi dibuang karena sebenarnya cara membersihkan noda tersebut cukup mudah kok.

Berikut tips sederhana untuk menghilangkan berbagai noda yang menempel pada pakaian kesayangan kita, cara-caranya antara lain :

1. Noda saos
Apabila sedang makan bakso, mie ayam kemudian pakaian kita terkena saosnya, cara membersihkannya adalah menggunakan air hangat. Namun apabila noda tersebut masih membandel maka gunakan gliserin pada bagian pakaian yang ternoda namun apabila noda tersebut terlihat menjadi lebih merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

2. Noda parfum
Parfum yang sering di semprotkan pada bagian tertentu seperti area ketiak terkadang meninggalkan bekas sehingga menjadikan bagian pakaian tersebut warnanya kusam. Kalau mengalami hal tersebut maka rendamlah pakaian terswebut menggunakan air hangat selama setengah jam kemudian bilas atau cuci seperti biasanya.

Namun apabila noda tersebut masih membandel maka rendamlah pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam sampai terlihat bersih dan bilas seperti biasanya.

Selain menggunakan cuka, untuk menghilangkan bekas noda parfum kita juga bisa menggunakan gliserin atau cairan amoniak yang tidak pekat. Caranya adalah tetesi bagian pakaian yang terkena noda dengan menggunakan cairan tersebut kemudian kucek-kucek dan rendam beberapa saat menggunakan air hangat, kalau sudah terlihat bersih cucilah pakaian tersebut seperti biasanya.

3. Noda oli
Pakaian yang terkena noda oli tentu menjadikan risih bagi pemakainya. Untuk menghilangkan noda tersebut maka ambilah mentega dan oleskan pada bagian pakaian yang ternoda oli. Diamkan kira-kira 15-30 menit kemudian dicuci seperti biasanya.

4. Noda minyak
Minyak bisa saja menempel pada bagian pakaian tertentu atau taplak meja yang membuat pandangan menjadi tidak sedap akibat efek noda minyak tersebut. Cara membersihkannya adalah segera taburi tepung atau bedak talek pada bagian kain yang ternoda dan diamkan selama 10-20 menit. Kemudian cuci kain atau pakaian tersebut seperti biasanya namun apabila noda minyak masih membandel, ulang kembali sampai nodanya benar-benar hilang dan kalau masih membandel juga maka jurus berikutnya adalah tetesi noda minyak tersebut dengan cairan tiner. Kalau terlihat sudah bersih maka cuci sebagaimana biasanya.

Baca juga:  Tips Cat Rambut Sediri # Di Rumah Aja

5. Noda lumpur
Pakaian anak-anak yang sering kotor akibat terkena lumpur, kalau hanya dicuci seperti biasanya menggunakan detergen lama-lama akan terlihat kusam. Untuk menghilangkan noda lumpur pada pakaian tersebut maka bersihkan noda dengan air rebusan kentang agar pakaian kembali kinclong.

6. Noda lilin
Kain atau pakaian yang ketumpahan lelehan lilin kalau tidak dibersihkan dengan benar akan meninggalkan noda. Cara membersihkannya adalah keroklah terlebih dahulu lelehan lilin dengan benda tumpul, kemudian ambil kertas yang memiliki karakter bisa menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan terserap pada kertas tersebut sehingga noda bekas lelehan lilin akan bersih dan tidak nampak.

7. Noda lem
Lem yang menempel pada pakaian kita tentu menjengkelkan bukan ? Walaupun menjengkelkan tapi tidak usah bingung karena noda lem tersebut bisa dengan mudah dibersihkan. Caranya adalah apabila lemnya tembus pandang maka oleskan aseton pada bagian pakaian yang ternoda lem. Namun apabila lemnya bergetah maka bagian pakaian yang ternoda lem dibersihkan terlebih dahulu menggunakan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton. Kemudian cuci seperti biasanya.

8. Noda karat
Pakaian yang terkena noda karat juga menjengkelkan namun untuk menghilangkannya juga tidak sulit. Caranya adalah rebus air dan pada bagian pakaian yang terkena noda karat tersebut ditempatkan pada uap dari air yang mendidih tersebut atau bagian pakaian yang terkena noda karat dijemur di atas uap panas sambil diberi tetesan perasan air jeruk nipis. Setelah noda karat terlihat luntur maka cuci pakaian tersebut seperti biasanya.

Selain dengan memakai uap, cara lain untuk membersihkan noda karat adalah dengan menetesi bagian yang bernoda karat dengan cuka dan garam. Tetesi bagian pakaian yang ternoda dengan larutan cuka dan garam kemudian biarkan beberapa saat lalu kucek-kucek atau sikat sampai bersih baru dicuci menggunakan detergen seperti biasanya. Apabila noda karat masih membandel maka ulangi cara ini sampai noda karatnya benar-benar hilang.

Baca juga:  Ini Manfaat Menghargai Karya Orang Lain

9. Noda getah
Pakaian yang ternoda getah juga membuat kita tampil kurang percaya diri. Untuk menghilangkan noda tersebut caranya adalah oleskan mentega pada bagian pakaian yang ternoda lalu diamkan beberapa saat, setelah itu cuci pakaian yang terkena noda tersebut seperti biasanya menggunakan detergen atau sabun.

Namun apabila noda getah masih baru maka segera kucurkan air panas ke bagian pakaian yang ternoda. Kalau masih membandel, ambil sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang ternoda getah, kemudian biarkan beberapa saat dan kalau sudah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Kalau sudah hilang nodanya cuci seperti biasanya.

10. Noda cokelat
Noda cokelat umumnya sulit dibersihkan dan apabila pakaian kita ternoda coklat, maka cara membersihkannya adalah rendam beberapa saat menggunakan air hangat yang dibubuhi obat penghilang noda. Kalau nodanya tetap tidak mau hilang juga, maka siapkan campuran gliserin dan putih telur kemudian oleskan larutan tersebut pada bagian pakaian yang ternoda cokelat dan diamkan beberapa saat kemudian cuci pakaian tersebut dengan air hangat. Ulangi hal ini kalau noda cokelat masih membandel.

11. Noda darah
Pakaian yang ternoda darah juga menjadikan penampilan kurang percaya diri. Adapun cara membersihkan noda darah pada pakaian adalah cukup dengan air garam. Setelah noda bersih, bilas pakaian tersebut menggunakan air hangat. Namun kalau noda darah masih membandel maka oleskan tepung sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut dan cuci sebagaimana biasanya.

12. Noda cat
Apabila pakaian kita ternoda cat maka cara membersihkannya adalah apabila cat masih basah segera ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Kemudian gosokkan spons tersebut pada bagian pakaian yang ternoda cat sambil dikucek-kucek. Lalu cuci seperti biasanya.

Cara lain untuk membersihkan noda cat pada pakaian adalah siapkan sebutir telur, kemudian oleskan putih telur tersebut pada bagian pakaian yang ternoda cat. Biarkan beberapa saat kemudian kucek atau gosok bagian pakaian yang ternoda tersebut berulang-ulang dan rendam semalaman. Baru dicuci seperti biasanya.

Baca juga:  Intip Yuk...Santapan Yang Pas di Musim Hujan

13. Noda tinta
Pakaian yang ternoda tinta apalagi sudah kering tentu akan sangat sulit untuk dibersihkan. Namun jangan khawatir berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda tinta pada pakaian, antara lain adalah ;

  • Menggunakan cuka
    Kandungan asam dalam cuka dapat membersihkan noda tinta pada pakaian, adapun caranya adalah tuangkan 1 sendok cuka pada bagian pakaian yang ternoda dan diamkan selama 8-10 menit, setelah itu tuangkan 1-2 tetes cairan pencuci piring pada bagian pakaian yang ternoda, kemudian gosok perlahan-lahan menggunakan sikat gigi saja agar noda tidak menyebar, setelah noda tinta menghilang baru dicuci sebagaimana biasanya.
  • Menggunakan pasta gigi
    Pasta gigi selain untuk membersihkan gigi ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan pakaian yang ternoda tinta. Caranya adalah oleskan pasta gigi pada bagian pakaian yang ternoda tinta kemudian gosok perlahan dengan sikat halus dan jangan sampai noda menyebar, kalau sudah terlihat bersih cuci pakaian sebagaimana biasanya.
  • Menggunakan aseton
    Aseton adalah cairan pembersih cat kuku, cairan ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan pakaian yang ternoda tinta. Caranya adalah tuangkan 1-2 tetes cairan aseton pada bagian pakaian yang ternoda tinta dan gunakan kain bersih untuk menyerap noda tinta tersebut, setelah noda tinta bersih rendam pakaian dengan air hangat dan taburi bekas noda tinta tersebut dengan detergen bubuk secukupnya lalu biarkan beberapa saat atau sekitar 1 jam sampai noda tinta benar-benar bersih, kemudian cuci sebagaimana biasanya.
  • Menggunakan alkohol
    Kandungan alkohol memang mampu membersihkan noda apapun pada pakaian namun tidak dianjurkan pada pakaian berwarna karena warna pakaian juga akan ikut luntur. Oleh karena itu penggunaan alkohol untuk membersihkan noda tinta pada pakaian hanya disarankan pada pakaian putih saja. Adapun caranya adalah tuangkan beberapa tetes alkohol pada bagian pakaian yang ternoda tinta kemudian biarkan 1-2 menit dan teteskan lagi alkohol yang langsung ditaburi detergen bubuk dan rendam beberapa saat atau minimal 1 jam. Kemudian cuci pakaian ternoda tinta tersebut sebagaimana biasanya.

Mudah-mudahan tips sederhana membersihkan berbagai noda yang menempel pada pakaian ini bermanfaat dan apabila anda memiliki tips lain silahkan di tambahkan pada kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here