Minim Perhatian Pemerintah, Nasib Lansia Pakunden Memprihatinkan

241
Memprihatinkan, kondisi rumah Mbah Kadipah yang nyaris ambruk.

KEDIRI – JYBMedia: Nasib malang dialami Kadipah, perempuan lanjut usia (lansia), warga RT 05, RW 01, Kelurahan Pakunden, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri,Jawa Timur. Diusianya yang genap 75 tahun, hidup Nenek ini masih sebatangkara dan seorang diri di rumah milik saudaranya, usai suaminya meninggal dunia 10 tahun lalu. Parahnya lagi, kondisi rumahnya juga nyaris ambruk.

Ditemui tim jybmedia.com, Kadipah mengaku, dulu Ia bekerja sebagai pedagang, namun sekarang sudah menganggur dirumah. Untuk hidup sehari hari, dia hanya mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kota Kediri yang belum didapatnya hingga kini.

” Dulu, sudah lama sempat pernah didata dan dimintai fotokopy Kartu Keluarga(KK) dan KTP, terkait program Bantuan Langsung Tunai oleh petugas. Namun, belum ada realisasi pencairan sampai saat ini” ungkap Mbah Kadipah, sapaan akrabnya, saat ditemui dirumahnya, Kamis (13/2/2020).

Dilokasi yang sama, Nurudin, Ketua RT 05, RW 01, menyampaikan, lima hari lalu, rumah Mbah Kadipah bagian dapurnya roboh.Dan, sebagian lagi apabila hujan datang, air nya masuk ke dalam rumah. Dua tahun lalu, sempat ada bantuan dari program PNPM untuk pembenahan rumah. Tapi, dari pengakuan Mbah Kadipah dalam merehab bangunan, material yang digunakan kurang bagus.

” Bahkan, bahan kayu yang diperkirakan lebih bagus sebelumnya, malah dibawa pulang oleh tukangnya. Disini, saya mengharapkan kepedulian dari semua elemen masyarakat baik Pemerintah maupun Swasta, akan nasib Mbah Kadipah yang hidup sebatang kara” ucap Nurudin.

Disamping itu, kata Nurudi, Mbah Kadipah juga tidak dikarunai keturunan. Dan, selama 4 bulan hanya mendapatkan bantuan Rp 600 ribu dari progam asupan usia lanjut.

” Program asupan usia lanjut saja, juga baru terdata sejak satu tahun yang lalu. Dan, tidak jarang, Mbah Kadipah harus rela berpuasa atau tidak makan jika tidak ada kiriman dari sanak saudaranya” pungkasnya.(abi/bud)


- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here