Makan Sayur Berlebihan? Ini Dampaknya!

43
Ilustrasi Sayur bayam

Sayur bayam merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, sayur berdaun hijau ini mengandung beraneka macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti vitamin, protein dan mineral. Sayur bayam juga sebaqgai sumber zat besi yang sangat baik, karena dalam sistem tubuh manusia zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Untuk mengangkut oksigen tersebut, maka zat besi harus bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot.

Namun demikian, makanan apapun bila dikonsumsi secara berlebihan tentu akan membahayakan kesehatan bagi pengkonsomsinya termasuk sayur bayam. Nah… Seberapa bahayanya sayur bayam jika dikonsumsi secara berlebihan ya? Sementara sayur bayam merupakan sumber zat besi, serat serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dari berbagai sumber yang telah kami sarikan bahwasanya sayur bayam selain memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita ternyata juga memiliki efek negatif yang justru merugikan kesehatan. Efek negatif tersebut timbul akibat salah dalam mengkonsumsi sayuran hijau tersebut atau terlalu berlebih dalam mengkonsumsinya.

Para ahli gizi menjelaskan bahwa bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti asam urat dan batu ginjal, disarankan agar membatasi dalam mengkonsumsi sayur yang satu ini, hal itu dikarenakan kandungan berbagai zat dalam sayur bayam justru bisa semakin memperparah kondisi penyakitnya. Sayur bayam akan sangat bermanfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya dengan catatan tidak pernah memiliki riwayat penyakit sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya,

Apa saja efek negatif yang ditimbulkan dari mengkonsumsi sayur bayam secara berlebihan pada kesehatan kita ? Berikut berbagai efek negatifnya, antara lain ;

1. Memicu Terbentuknya Batu Ginjal
Sayur bayam mengandung asam oksalat yang cukup tinggi, selain itu purin yang berada pada sayuran ini bisa diserap oleh tubuh untuk membentuk asam urat. Nah asam urat inilah yang dapat menyebabkan pengendapan kalsium dalam ginjal sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan sudah barang tentu akan menyebabkan batu ginjal. Lebih detailnya bahwa kandungan purin dalam sayur bayam termasuk jenis senyawa organik, yang apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menjadi asam urat. Manusia yang kelebihan asam urat tentu akan memperburuk kesehatan ginjalnya, hal ini disebabkan karena dapat meningkatkan pengendapan kalsium dalam ginjal, dan hal tersebut dalam waktu tertentu akan membentuk batu ginjal. Untuk itu meskipun suka atau senang dengan sayur bayam, lebih baik mengkonsumsi sewajarnya saja dan jangan berlebihan agar terhindar dari penyakit batu ginjal.

2. Pemicu Asam Urat
Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas bahwa sayur bayam mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Selain memicu terbentuknya batu ginjal, mengkonsumsi secara berlebihan terhadap sayuran ini juga meningkatkan jumlah asam urat dan menyebabkan nyeri sendi, radang sendi serta asam urat.

3. Keracunan
Perlu waspada juga terhadap sayur bayam, karena sayuran ini juga bisa menyebabkan reaksi keracunan. Hal tersebut bisa terjadi apabila bayam dikonsumsi kurang masak atau masih mentah dan telah terkontaminasi oleh bakteri E. coli dari pupuk organik, pestisida, atau pengairan yang mengandung pestisida. Maka perlu berhati-hati terhadap sayuran apapun yang masih mengandung pestisida di dalamnya agar sesuatu yang buruk tidak menimpa pada kesehatan. Ada berbagai cara membersihkan sayuran agar terbebas dari pestisida agar sayuran yang kita konsumsi terbebas dari berbagai racun.

4. Kurang darah atau anemia
Sayur bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering, maka sayur bayam justru bisa membuat tubuh kesulitan untuk menyerap jumlah zat besi yang berlebihan tersebut. Seperti diketahui bahwa sayur bayam merupakan makanan nabati yang mengandung jenis zat besi non-heme atau zat besi nabati, dan zat tersebut bersifat sulit untuk diserap oleh usus. Nah… Hal inilah yang justru dapat menyebabkan kekurangan zat besi pada tubuh jika mengkonsumsi sayur bayam terlalu sering atau berlebihan.

5. Kekurangan Mineral
Bayam juga mengandung mineral yang cukup tinggi dan tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, namun apabila mengkonsumsi sayur bayam berlebihan dan terlalu sering maka dapat mengganggu kapasitas penyerapan mineral oleh sistem pencernakan tubuh kita. Sayur bayam mengandung asam oksalat cukup tinggi dan memiliki kemampuan mengikat beberapa senyawa mineral penting seperti kalsium, magnesium, zinc, dan lain sebagainya. Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa tubuh kita tidak bisa mendapatkan asupan mineral yang cukup. Kekurangan zat mineral bisa berimplikasi luas bagi kesehatan karena bisa menghambat fungsi normal sistem tubuh, yang menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit akibat kekurangan mineral.

6. Gangguan Perut
Meskipun sayur bayam juga mengandung serat yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pencernaan, namun organ pencernaan usus kita membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan sayur bayam tersebut. Oleh sebab itu terlalu banyak dan terlalu sering makan sayur bayam dapat menyebabkan sejumlah gangguan pencernaan, antara lain meningkatnya asam lambung sampai dengan diare. Untuk itu perlu dilakukan pembiasaan secara bertahap dalam mengonsumsi bayam agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya pencernaan. Untuk itu dalam mengkonsumsi sayur bayam tidak boleh berlebihan atau terlalu sering agar tidak terjadi persoalan pada pencernaan.

7.Sianosis
Biasanya kehilangan kemampuan hemoglobin yang mengikat oksigen, ini adalah salah satu penyakit cukup berbahaya yang bisa diakibatkan ketika salah mengkonsumsi bayam dalam jangka waktu tertentu. Bayam adalah sayuran yang mengandung paling tinggi zat besi, oleh sebab itu ketika sayur bayam sudah dimasak maka akan teroksidasi oleh oksigen. Ketika sudah teroksidasi atau bereaksi dengan udara, maka zat besi dalam bayam tersebut berubah menjadi logam berat dan beracun yang disebut dengan Ferro. Sayur bayam juga mengandung senyawa kimia nitrat atau NO3, yang apabila teroksidasi juga akan berubah menjadi nitrit atau NO2 yang juga bersifat racun. Untuk menghindari penyakit akibat keracunan logam berat dalam jangka panjang oleh bayam, maka sebaiknya dalam mengkonsumsi sayur bayam cukup hanya sekali dihidangkan. Karena sayur bayam akan mulai teroksidasi setelah selesai dimasak, dan hal ini akan terus berlanjut terus dan akhirnya berubah kehitaman. Untuk menghindari semakin teroksidasinya bayam dan semakin banyaknya zat besi yang berubah menjadi logam berat yang bersifat oksidan atau racun dalam tubuh, sebaiknya menyimpan bayam masak tidak lebih dari 4 jam dan jangan pernah untuk memanaskan sayur bayam untuk dikonsumsi kembali karena akan menambah zat racunnya.

Demikian berbagai dampak negatif mengkonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering sayur bayam terhadap kesehatan. Mudah-mudahan artikel ini menjadi peringatan kepada kita semua bahwa makanan yang sehatpun bisa menjadi berbahaya apabila tidak benar dalam mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat !

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here