Mengenal Khasiat Biji Mangga

134
Ilustrasi biji mangga atau pelok

Berbicara buah mangga, hampir seluruh manusia mengenalinya karena rasanya yang manis nan lezat dan sangat baik untuk kesehatan ini sangat mudah ditemukan dipasar-pasar buah baik tradisional maupun modern atau supermaket. Namun ternyata manfaat isi dari biji buah mangga yang dalam istilah jawanya pelok masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Umumnya setelah daging buah mangga diambil untuk dimakan, maka ikut serta dibuanglah bijinya. Padahal biji mangga yang dibuang tersebut ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyembuhan berbagai macam penyakit secara alami yang cukup ampuh.

Menurut penelitian bahwa kandungan dari daging pada biji buah mangga ini ternyata mengandung karbohidrat 19.52% dari berat daging bijinya, Lemak 3.80% dari berat daging bijinya, serta protein 3.78% dari berat daging bijinya. Dari kandungan tersebut bahkan di India ketika sedang dilanda paceklik atau kekurangan bahan pangan maka daging dari biji buah mangga ini pernah dijadikan sebagai bahan pangan alternatif pengganti makanan pokok.

Berikut ini berbagai manfaat dari daging pada biji buah mangga yang bisa dimanfaatkan sebagai penyembuhan berbagai penyakit secara alami dan tentu murah serta aman dikonsumsi kapan saja, antara lain ;

1. Menyembuhkan Diare
Penyakit ini merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh karena jika dibiarkan akan berakibat fatal yakni kematian. Apabila terjangkit penyakit diare, kita bisa memanfaatkan biji buah mangga sebagai obat untuk menyembuhkannya yakni dengan cara yang cukup mudah, yakni mengkonsumsi biji buah mangga yang telah diolah menjadi bubur. Apabila diare sedang menyerang segera konsumsilah bubuk dari daging biji buah mangga tersebut dicampur dengan sedikit air hangat atau dijadikan bubur dan lakukan makan bubur ini sampai diare benar-benar mereda.

2. Mencegah Listeriosis
Penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi berbahaya yang muncul akibat memakan makanan yang terkontaminasi bakteri ini juga sangat berbahaya bila tidak segera diobati. Salah satu manfaat dari biji buah mangga yang mengandung Tannin murni yang diekstrasi secara alami oleh Engels biji buah mangga ini ternyata cukup ampuh untuk menangkal serta mengusir bakteri jahat tersebut sehingga sistem tubuh akan kembali berfungsi normal. Bahkan bakteri Listeria sejenis pathogen yang sangat mematikan dan berbahaya bagi manusia pun bisa diusir oleh biji buah mangga. Sungguh luar biasa bukan ?

Cara mengolah biji buah mangga ; Pada musim buah mangga kumpulkan bijinya sebanyak mungkin kemudian dikupas untuk diambil daging dari biji tersebut dan jemurlah sampai kering, agar daging biji buah mangga tersebut bisa awet maka bisa di parut atau ditumbuk yang halus sehingga mudah untuk dikonsumsi saat dibutuhkan baik untuk menyembuhkan diare maupun listriosis ketika sedang menyerang kesehatan. Bubuk tersebut disimpan serapi mungkin agar tidak terkontaminasi bakteri lain yang justru bisa membahayakan.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sebagaimana diatas, bubuk dari daging biji buah mangga juga bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terjangkit berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri penyakit melalui makanan lain yang kita konsumsi tiap hari. Bubuk dari daging biji buah mangga ini bisa dijadikan makanan camilan seperti jenang, gorengan maupun bubur.

Demikian manfaat dari daging biji buah mangga yang ternyata cukup luar biasa, mudah-mudahan informasi ini menambah pengetahuan kita tentang bagaimana menjaga kesehatan dari serangan berbagai bakteri penyakit dengan memanfaatkan bahan alami yang selama ini belum kita ketahui. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat !

- Advertisement -

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here