Sembuhkan Masuk Angin Secara Alami

Ilustrasi masuk angin

Perut kembung, mual-mual dan bahkan muntah-muntah merupakan ciri khas utama terserang penyakit masuk angin. Penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin, usia maupun kasta atau tingkat ekonomi manusia, umumnya penyakit ini sering menimpa manusia yang usianya diatas 40 tahun namun tidak sedikit juga usia dibawah itu yang sering mengalaminya, penyakit ini ada yang beranggapan tergolong penyakit ringan dan cukup dengan istirahat atau cukup diolesi dengan minyak angin maka penyakit masuk angin bisa sembuh dengan sendirinya.

Pergantian musim atau yang biasa kita kenal dengan musim pancaroba merupakan suatu musim yang rentan terhadap serangan berbagai penyakit ke tubuh seperti penyakit flu, pilek, demam, sakit kepala termasuk penyakit gampang masuk angin kecuali mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat biasanya akan terhindar dari berbagai penyakit musim pancaroba. Penyakit masuk angin kalau dibiarkan tentu akan menyebabkan penyakit lain yang cukup mengerikan seperti sakit angin duduk, sakit pinggang dan lain sebagainya. Banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya penyakit masuk angin selain datangnya musim pancaroba, hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor sehingga penyakit masuk angin menyerang, seperti ;

  1. Alergi makanan atau minuman tertentu
  2. Kurang istirahat
  3. Mabuk kendaraan
  4. Kecapekan
  5. Begadang
  6. Mengendarai motor tanpa jaket
  7. Alergi pada ruangan yang ber AC
  8. Terkena hujan
  9. Menurunnya daya tahan tubuh
  10. Makan kurang teratur

Selain penyebab umum masuk angin sebagaimana diatas, mungkin masih ada penyebab lain yang menjadikan tubuh terserang penyakit masuk angin. Faktor penyebab penyakit masuk angin bisa saja berbeda-beda namun umumnya gejala penyakit masuk angin hampir mirip seperti timbulnya rasa meriang, badan lemas, pegal-pegal, menggigil, bersendawa, sulit buang angin (kentut) serta perut kembung.

Baca juga:  Vitamin yang Dibutuhkan Saat Berpuasa

Dengan mengetahui berbagai penyebab utama penyakit masuk angin yang mungkin sering kita alami maka penyakit masuk angin bisa kita hindari sedini mungkin. Berikut berbagai tips yang mungkin bisa bermanfaat agar terhindar dari penyakit masuk angin sehingga aktifitas tidak terganggu, antara lain ;

  1. Apabila timbulnya penyakit masuk angin akibat dari alergi memakan atau meminum sesuatu yang mengakibatkan masuk angin maka jangan mengulanginya lagi.
  2. Selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil seperti makan teratur, istirahat teratur, serta olah raga teratur.
  3. Menggunakan jaket ketika berkendara roda dua, berpakaian yang tebal diruangan yang ber AC, menghindari terkena hujan, serta memakai jaket ketika terpaksa harus keluar pada malam hari.
  4. Mengkonsumsi makan-makanan yang hangat pada musim pancaroba agar virus jahat yang biasa menyerang dapat terhindarkan.

Namun apabila terlanjur terserang masuk angin sebaiknya langkah untuk menyembuhkannya dilakukan secara alami dengan memanfaatkan berbagai tanaman obat yang banyak tersedia di sekitar, seperti ;

1. Bawang
Bumbu dapur ini bisa dijadikan sebagai pengobatan alami yang cukup aman untuk menyembuhkan penyakit masuk angin baik bawang merah maupun bawang putih. Bawang tersebut bisa ditumbuk halus kemudian dioleskan pada perut serta leher dan dicampur dengan sedikit garam dapur agar aliran darah kembali lancar dan angin dalam tubuh segera keluar.

2. Jahe
Tanaman ini juga sangat baik dan cukup ampuh untuk menyembuhkan masuk angin yang aman baik jahe merah, jahe putih maupun jahe emprit. Jahe bisa ditumbuk halus kemudian direbus sampai mendidih dan bisa ditambah sedikit gula, kemudian diminum selagi masih hangat agar tubuh segera merespon dengan mengeluarkan keringat yang juga mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

Baca juga:  Makanan Sehat Pengidap Kanker Hati

3. Minyak Kayu Putih
Masuk angin yang biasanya ditandai dengan perut kembung bisa diredakan dengan cepat dengan memanfaatkan minyak dari pohon kayu putih. Minyak tersebut bisa langsung dioleskan pada perut, leher serta bagian yang terasa sakit akibat masuk angin termasuk nyeri pada persendian.

4. Sop Ayam Panas
Dengan mengkonsumsi sayuran sop yang masih panas atau hangat dan sedikit ditambah sambal juga menjadi salah satu alternatif menyembuhkan masuk angin secara alami karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut tentu akan segera membuat tubuh menjadi panas dan berkeringat sehingga angin dalam tubuh pun akan keluar dengan sendirinya.

5. Daun Pepaya
Untuk mengeluarkan angin yang berlebihan dalam tubuh, kita bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Daun pepaya ditumbuk halus kemudian direbus sampai mendidih dan diminum selagi masih panas atau hangat. Untuk mengurangi rasa pahit, kita bisa menambahkan sedikit garam.

6. Madu
Alternatif yang cukup ampuh untuk menyembuhkan penyakit masuk angin secara alami bisa mengkonsumsi madu yang diseduh dengan air hangat. Minuman ini diminum selagi masih hangat ketika gejala masuk angin mulai menyerang, selain bisa menyembuhkan masuk angin secara alami yang cukup baik, madu juga bisa menambah daya tahan tubuh lebih baik. Khusus pada musim pancaroba agar terhindar dari berbagai penyakit yang biasa menyerang maka dengan cara mengkonsumsi madu secara teratur sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

7. Minum Air Hangat
Dengan minum air hangat secara murni tanpa campuran apapun sebenarnya juga bisa membantu menyembuhkan masuk angin, akan tetapi agar tubuh tetap bisa segar bugar selain terhindar dari penyakit masuk angin maka kita bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang dijadikan minuman segar hangat, seperti teh, jeruk, coklat, susu dan lain sebagainya.

Baca juga:  Ragam Manfaat Konsumsi Lamtoro

Berbagai bahan alami yang ada disekitar kita yang tinggal diwilayah nusantara ini sangat melimpah untuk bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif yang cukup aman untuk menjaga stabilitas tubuh agar tetap sehat dan segar bugar. Mudah-mudahan artikel ini menyadarkan kita bahwa penyakit apapun sebenarnya ada obatnya dan bagi kita yang tinggal diwilayah nusantara sudah sepatutnya bersyukur karena dinusantara yang beriklim tropis ini bisa tumbuh beraneka macam rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat !

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here