Mengupas Lebih Jauh Manfaat Daun Sirih

Daun Sirih. (Foto/www.tokopedia.com)

Sirih adalah tanaman yang tergolong tanaman obat, nenek moyang memanfaatkan tanaman ini mulai daun, tangkai serta pohonnya untuk dimanfaatkan sebagai obat,  sirih merupakan tanaman khas asli nusantara, tanaman yang oleh nenek moyang dijadikan sebagai antibiotik ini banyak tumbuh dipekarangan dengan cara merambat ke tanaman lainnya. Tanaman ini sudah dipercaya oleh nenek moyang sebagai bahan pengobatan baik untuk mengobati penyakit luar maupun organ dalam tubuh. Dahulu nenek moyang memanfaatkan daun serta tangkainya sebagai antibiotik dengan cara sirih  dikunyah-kunyah bersamaan dengan buah gambir, pinang dan gamping. Sehingga nampak bibir mulut nenek berwarna merah karena air daun sirih tersebut, kebiasaan tersebut ternyata berdampak positif bagi kesehatan sehingga jarang kita mendengar nenek sakit gigi atau sakit yang diakibatkan dari kuman yang ada dimulut. Sehingga tidak heran kalau nenek kita usia lebih panjang karena tradisi turun temurun yang baik tersebut.

Jenis daun sirih setidaknya ada 3 jenis yaitu sirih hijau, sirih merah dan sirih gading. Adapun yang terpopuler dari ketiga jenis tersebut adalah sirih hijau. Tanaman ini mengandung minyak atsiri (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang bermanfaat untuk membunuh kuman, antioksidan, anti jamur dan fungisida. Daun sirih juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan yang kurang sedap akibat bakteri. Khasiat daun sirih juga dapat digunakan untuk mengehentikan perdarahan, sebagai obat luar, anti septik maupun obat dalam yang bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai macam penyakit organ dalam, misanya mengatasi gangguan saluran pencernaan.

Secara tradisi turun-temurun khasiat daun sirih sebagai sarana pengobatan sungguh terbukti luar biasa, seperti dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, menghentikan pendarahan akibat mimisan dan lain sebagainya. Selain itu manfaat daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat kumur alami yang cukup efektif, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, obat sariawan, sakit gigi, radang tenggorokan dan sebagainya.

Kandungan dalam daun sirih juga mengandung bahan aktif fenol dan kavikol yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap, sebagai penghambat perkembangan larva nyamuk, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat daun sirih berikut ini ;

1. Mengobati penyakit asma
Caranya : Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisia 1 gelas. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin 2 sampai 3 gelas setiap hari.

2. Mengobati radang tenggorokan
Cara mengobati radang tenggorokan sebagaimana cara mengobati asma yang telah disebutkan diatas.

Baca juga:  Jangan Sepelekan Rebusan Daun Pepaya

3. Meredakan dan mengobati batuk
Caranya : Siapkan 5 lembar daun sirih dan rebus dengan 300 ml air, kemudian minum air rebusan tersebut 3 kali sehari sampai batuk reda.

4. Mengobati iritasi pada mata
Manfaat daun sirih yang belum banyak diketahui adalah ternyata juga ampuh dalam mengatasi iritasi pada mata ataupun sakit mata. Caranya adalah cukup dengan merebus 2 lembar daun sirih dengan 1 cangkir air sampai warna air kemerahan atau tersisa setengahnya, gunakan rebusan tersebut sebagai obat tetes mata atau mencuci mata serta membasuh bagian yang sakit.

5. Melancarkan haid
Bagi kaum wanita yangf sedang mengalami haid tidak lancar tentu sering kali menjadi hal yang menyiksa setiap bulannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut cobalah ramuan daun sirih. Caranya adalah siapkan! 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa dan 15 gram ubi dewa kemudian direbus bersama-sama dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini agar keluhan sakit pinggang karena haid tidak lancar bisa segera sembuh, yang sekaligus untuk melancarkan haid.

6. Mengatasi keputihan
Satu lagi masalah yang biasa terjadi bagi kaum wanita khususnya pada area kewanitaan yaitu keputihan. Keputihan adalah gangguan area kewanitaan yang sudah umum dialami, keputihan biasanya mengakibatkan gatal-gatal dan sangat mengganggu. Jika dibiarkan terus menerus keputihan bisa memicu resiko kanker serviks. Maka dari itu segera manfaatkan daun sirih untuk segera mengatasinya. Caranya adalah potong 10 lembar daun sirih yang sudah tua lalu rebus dengan 250 ml air, setelah dingin gunakan untuk mencuci area kewanitaan. Lakukan cara ini setidaknya 1 kali dalam sehari.

7. Mengobati gejala dan sakit demam berdarah
Caranya : siapkan 5 sampai 6 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

8. Menyembuhkan penyakit bronchitis
Cara mengobati penyakit bronchitis dengan daun sirih sangat mudah yaitu dengan cara merebus 10 lembar daun sirih yang sudah tua dengan 300 ml air sampai airnya diperkirakan menjadi 150ml saja. Kemudian minum ramuan daun sirih tersebut 3 kali sehari secara rutin setiap 2 hari sekali.

9. Menyembuhkan luka bakar ringan
Caranya : Siapkan 5 lembar daun sirih merah atau secukupnya dengan cara ditumbuk, lalu tambahkan madu 2 sendok teh. Oleskan ramuan tadi pada luka bakar secara marata, lakukan cara ini 2 atau 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam hari menjelang tidur.

Baca juga:  Hidup Sehat dan Bebas Dari Stroke

10. Menghilangkan bau mulut
Akibat sakit gigi atau gigi yang berlobang, walaupun sudah rajin menggosok gigi namun bau mulut yang kurang sedap masih saja muncul yang tentu sangat mengganggu teman ngobrol. Sebenarnya banyak sekali cara menghilangkan bau mulut tersebut secara alami dan ampuh, seperti memanfaatkan daun sirih. Adapun cara untuk mengatasi bau mulut atau nafas yang kurang sedap, kita cukup dengan menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur, atau diminum sebagai jamu.

11. Menyembuhkan sakit jantung
Ternyata daun sirih juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung. Caranya adalah siapkan 3 lembar daun sirih dan ditumbuk halus, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jinten putih, dan 7 pasang biji kemukus, campur bahan-bahan tersebut dengan air panas secukupnya, biarkan beberapa saat atau tunggu sampai dingin lalu saring. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

12. Menyembuhkan gusi berdarah
Caranya : Siapkan 10 lembar daun sirih merah direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur secara rutin 3 kali sehari.

13. Menyembuhkan sariawan
Untuk menyembuhkan sariawan, kita juga bisa memanfaatkan daun sirih. Adapun caranya sebagaimana membuat ramuan untuk penyembuhan gusi berdarah di atas.

14. Menghilangkan bau badan
Manfaat daun sirih selain mampu menghilangkan bau mulut yang tak sedap, juga mampu untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Caranya adalah siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas saja. Minumlah air rebusan daun sirih tersebut secara rutin 2 kali sehari sampai bau badan tak sedap dapat teratasi.

15. Membersihkan kuman di mulut
Kuman adalah sebagai salah satu penyebab gangguan pada mulut misalnya sariawan, radang tenggorokan, bau mulut yang kurang sedap dan lain sebagainya. Sebagai pencegahan maupun pnegobatan berbagai penyakit yang diakibatkan kuman di mulut maka minumlah rebusan daun sirih setiap hari atau minimal rebusan daun sirih sebagai obat berkumur terutama setelah makan.

16. Mengurangi kebiasaan buruk merokok
Bagi yang memiliki kebiasaan buruk yang bikin boros keuangan yakni merokok, maka bisa dicoba menguranginya dengan minum secara rutin ramuan daun sirih, bahkan dengan meminum air rebusan daun sirih yang memiliki rasa khas, membuat perokok menjadi tidak enak dalam menikmati rasa rokoknya. Caranya adalah siapkan beberapa lembar daun sirih dan rebuslah, rebusan tersebut dijadikan sebagai pengganti minuman air putih, lakukan secara rutin sampai merokok benar-benar tidak ada rasa nikmatnya. Silahkan dicoba !

Baca juga:  Bau Mulut Segar, Ini Tipsnya

17. Mengurangi produksi ASI yang berlebih
Walaupun sebenarnya produksi ASI yang berlebih tidak memiliki dampak buruk pada ibu dan anak, namun jika ibu merasa risih akibat produksi ASInya yang berlebih, maka hal tersebut bisa diatasi dengan daun sirih. Caranya adalah siapkan 4 lembar daun sirih lalu olesi dengan minyak kelapa lalu dipanggang di atas api tapi jangan sampai hangus. Tempelkan daun sirih tersebut pada area payudara dalam keadaan masih hangat. Ingat! jangan terlalu sering dilakukan agar ASI tidak mampat atau berkurang drastis produksinya.

18. Sebagai ramuan selama masa nifas
Caranya : Siapkan 2–5 lembar daun sirih tua kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minumlah air rebusan tersebut satu kali setiap hari. Hal ini bermanfaat bagi ibu serta bayi terhindar dari berbagai kuman yang bisa membahayakan.

19. Menyembuhkan diare
Caranya : Siapkan 4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada ditumbuk secara bersamaan sampai halus lalu gosokkan pada perut penderita diare dan biarkan sampai mengering.

20. Menyembuhkan mimisan
Caranya : Cukup dengan menggulung daun sirih dan memasukkannya ke dalam hidung yang mimisan secara perlahan-lahan niscaya mimisan akan segera berhenti.

21. menyembuhkan maag
Caranya : Siapkan 7 lembar daun sirih merah direbus dan diminum selagi masih hangat secara teratur, lakukan hal ini 3 kali sehari.

22. Menyembuhkan radang paru-paru
Caranya : Siapkan 5-7 lembar daun sirih merah yang tua dengan 500 ml air dan rebus sampai airnya tersisa tinggal setengahnya saja. Minumlah secara rutin 3 kali sehari.

23. Menyembuhkan gatal-gatal karena alergi
Caranya : Siapkan 6 lembar daun sirih, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, 1 potong jahe. Kemudian seluruh bahan tadi ditumbuk halus menjadi satu secara bersamaan, lalu oleskan pada kulit yang gatal karena alergi.

24. Menyembuhkan asam urat
Caranya : Siapkan 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air dan rebus sampai airnya tersisa sepertiganya. Minumlah ramuan tersebut secara teratur 3 kali sehari.

Demikian tips sederhana mengenal berbagai manfaat daun sirih bagi kesehatan yang terbukti telah ampuh digunakan oleh nenek moyang kita, oleh karena itu tidak ada salahnya kita meneruskan warisan tersebut demi kesehatan kita yang cukup aman dan murah. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here