Sensus Penduduk Online Bisa Diakses Hari Ini

Sosialisasi Program sensus penduduk On line

KEDIRI – JYBMedia: Badan Pusat Statistik (BPS) rencananya akan melakukan Sensus Penduduk Online, tepatnya 15 Februari 2020. Hal ini diungkapkan, Kepala BPS Kota Kediri, Agus Puji Raharjo S. Si, MMA, bahwa Sensus Penduduk dilakukan setiap 10 tahun sekali oleh BPS.

Untuk tahun ini, dipenjuru dunia ada 50 negara yang melakukan aktifitas Sensus, salah satunya Indonesia yang dikenal dengan Sensus Penduduk. Dimana, BPS Pusat bekerjasama Dengan Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

” Tujuan dilakukan Sensus Penduduk, guna menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia” kata Agus Puji Raharjo, Jumat (14/02/2020).

Agus sapaan akrabnya, menjabarkan,tahun 2020 ini, BPS memiliki program Sensus Penduduk secara online yang akan dimulai 15 Februari – 31 Maret. Dimana, cara ini baru diterapkan ke masyarakat Indonesia, serta Sensus Penduduk dengan metode wawancara, akan dilakukan kisaran bulan Juni-Juli tahun 2020 mendatang.

” Dengan membuka Website BPS di https://sensus.bps.go.id, maka masyarakat bisa langsung mengisi biodata diri, sesuai nomer Kartu Tanda Penduduk dan Nomor Kartu Keluarga serta ikuti prosedur hingga selesai” urainya

Lebih jauh, Agus mengakui, tentunya dalam aktifitas apapun pasti ada hambatan atau kendala, tidak terkecuali Sensus Penduduk Online. Dimana, yang dikuatirkan muncul berbagai faktor kesadaran masyarakat untuk mengisi secara mandiri, ketrampilan dalam mengisi biodata berbasis internet.

” Dari sini, biasanya perangkat jaringan Server di BPS Pusat bisa saja mengalami penurunan, karena diakses secara bersamaan” ucapnya

Untuk itu, sebagai wujud inisiatif untuk mensukseskan Sensus Penduduk berbasis online, BPS Kota Kediri akan bekerjasama dengan Pemkot Kediri, untuk mengisi Sosialisasi dalam kegiatan Musrenbang Kota Kediri, agar memahami hal tersebut.

Baca juga:  Maksimal Layani Masyarakat, Anggota DPRD DIY Tingkatkan Protkes

” Untuk sementara ini, kita masih menunggu jadwal dari Pemkot Kediri” pungkasnya

Untuk diketahui, jumlah penduduk Kota Kediri per tahun 2019, baik jenis kelamin laki laki dan perempuan, berkisar 287,409 jiwa. Dan proyeksi dari BPS Kota Kediri pada tahun 2020 ini, bertambah sekitar 289,109 jiwa. (abi/bud)

Tampilan Halaman Web aplikasi sensus penduduk On line 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here