Wow, Akar Pepaya Ternyata Kaya Manfaat

Akar Pepaya Segar (Foto/bukalapak.com)

Akar pohon pepaya belum banyak dikenal oleh masyarakat namun kalau buahnya hampir seluruh masyarakat mengenalinya, karena buah pepaya merupakan salah satu buah yang mempunyai sumber nutrisi yang sangat banyak. Buah pepaya merupakan sumber alami vitamin dan mineral yang penting untuk menormalkan fungsi tubuh. Buah ini memiliki warna yang terang sehingga mengundang nafsu untuk dimakan, rasanya yang manis dan lezat menjadikan buah ini sangat digemari oleh seluruh kalangan. Pepaya yang masih hijau atau masih muda biasanya dimasak jadi lodeh atau oseng-oseng.

Selain buahnya yang lezat, ternyata hampir seluruh pohon pepaya sangat baik untuk kesehatan, mulai dari akar, batang, bunga, buah hingga daunnya. Mungkin selama ini kita mengetahui pepaya hanya bisa dimanfaatkan daun, bunga dan buahnya saja yang bisa dimakan namun ternyata akarnya juga bisa dimakan. Akar pohon pepaya ternyata bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini di karenakan akar pohon pepaya mempunyai banyak kandungan yang cukup efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan kita. Lantas apa saja kandungan yang terdapat dalam akar pohon pepaya ? simak berikut ini ;

  • Kandungan dan Manfaat Akar Ponon Pepaya untuk Kesehatan
  • Papain
  • Kimopapain
  • Asam malat
  • Fitokinase
  • Malsium maleat
  • Karpain
  • Glikosida sianogenetik

Semua kandungan yang terdapat dalam akar pohon pepaya tersebut sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari akar pohon pepaya sebagai penyembuh berbagai penyakit ;

1. Cacingan
Penyakit ini biasanya dialami oleh anak-anak, karena pada usia anak-anak masih belum menyadari akan pentingnya kebersihan. Penyakit cacingan ini kalau tidak segera ditangani tentu bisa mengganggu pertumbuhan anak-anak. Salah satu manfaat akar pohon pepaya dipercaya bisa menyembuhkan cacingan dengan cara merebus akar pohon pepaya secukupnya lalu diminumkan pada anak-anak yang terserang penyakit cacingan. Berikan minuman rebusan air akar pohon pepaya 3 kali sehari agar penyakit cacingan bisa segera sembuh.

Baca juga:  Mual Usai Konsumsi Minuman Isotonik, Ini Penjelasanya

2. Rematik
Rematik biasanya dialami olah orang yang sudah dewasa atau lanjut usia. Biasanya penyakit ini umunya dikenal dengan penyakit asam urat. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa terutama di bagian persendian. Salah satu cara untuk meredakan rasa sakit tersebut dengan membuat ramuan dari akar pohon pepaya. Minumlah ramuan rebusan dari akar pohon pepaya secara rutin 3 kali setiap hari sampai rematik sembuh.

3. Penyakit ginjal
Penyakit ini sangat berbahaya bila dibiarkan begitu saja. Salah satu organ vital manusia adalah ginjal, sehingga organ ini mempunyai peran yang sangat penting bagi sistem tubuh, ginjal bertugas sebagai penyaring racun dan zat berbahaya lainnya dari sesuatu yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian bila fungsi ginjal bermasalah, tentu organ lainnya juga akan terganggu. Menurut para ahli, akar pohon pepaya mampu mengobati penyakit ginjal yang cukup ampuh dengan kandungan zat alami yang ada di dalamnya. Jika ada yang merasa terserang ginjal maka segera minum rebusan air dari akar pohon pepaya sebanyak-banyaknya atau dibuat minuman segar agar ginjal segera kembali berfungsi normal.

4. Malaria
Akar pohon pepaya juga mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit malaria. Penyakit ini bisa disembuhkan secara perlahan-lahan dengan memanfaatkan akar pohon pepaya. Dengan mengkonsumsi sedikitnya satu gelas dalam sehari dari rebusan akar pohon pepaya niscaya penyakit malaria tersebut akan sembuh.

5. Gangguan kandung kemih
Akar pohon pepaya ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kandung kemih. Dengan meminum air rebusan dari akar pohon pepaya minimal satu gelas dalam sehari niscaya gangguan kandung kemih yang biasanya di iringi dengan seringnya kencing akan segera sembuh.

Baca juga:  Telur Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Demikian sekilas mengenai manfaat dari akar pohon pepaya yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here