Pasca Hujan Deras, Akses Jalan Desa Wilayah Puncu Sempat Lumpuh

32
Terlihat, unusr Muspika Puncu dan BPBD Kabupaten Kediri bersiaga usai luapan air menggenangi jalan desa serta berdampak putusnya akses jalan desa.

KEDIRI – JYBMedia: Hujan deras yang tak kunjung reda disertai luapan air dari kawasan hutan sekitar, berakibat genangan air di Jalan Umum Desa Satak, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Akibatnya, jalan desa setempat sempat lumpuh lantaran tidak bisa dilalui pejalan kaki maupun kendaraan.

Slamet Turmudi, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Kediri, mengatakan, kejadian teesebut berlangsung pada pukul 15.30 WIB, dengan kondisi hujan deras yang disertai angin.

“Dari analisa di lapangan, bahwa air berasal dari lereng kawasan hutan gundul di sebelah timurnya desa setempat,” ucap Slamet Turmudi, Senin (17/2/2020)

Menurutnya, meluapnya air ke perkampungan, hingga menutup bahu jalan, lantara tidak adanya sarana drainase. Sehingga, tidak bisa menampung air yang datang dari kawasan hutan

“Luapan airnya juga mengalir ke area hutan Simpenan Desa Manggis, bahkan berakibat putusnya jembatan penghubung dua desa, yakni Desa Satak dan Desa Manggis, dan sempat membuat akses jalan desa lumpuh total,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, saat malam harinya, kondisi air mulai surut dan kembali normal. Namun, Muspika setempat bersama jajaran perangkat Desa dan Tim BPBD masih bersiaga melakukan pemantauan.(ogi/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here