Ragam Manfaat Si Mungil Ikan Teri

166
Ilustrasi Ikan Teri, Foto/www.wartabromo.com

Ikan teri tentu sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Ikan yang mungil ini, selain lezat, juga mudah ditambahkan ke berbagai masakan. Hal ini membuat kita tidak sulit untuk mendapatkan manfaat ikan teri untuk kesehatan yang ternyata berlimpah.

Ikan teri ada banyak jenisnya. Sehingga, manfaat dari satu jenis ikan teri mungkin sedikit berbeda dari jenis lain. Meski demikian, secara umum, selama ikan teri dimasak dengan cara yang sehat, maka berbagai khasiat di bawah ini bisa Anda dapatkan.

Tidak seperti ikan salmon atau tuna yang memang sudah diakui manfaatnya untuk kesehatan, manfaat ikan teri masih kerap dipandang sebelah mata. Namun setelah mengetahui penjelasannya di bawah ini, Anda mungkin akan jadi tidak sabar untuk menyantap si mungil yang kaya rasa ini.

Berikut ini manfaat ikan teri yang baik untuk tubuh:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Ikan teri mengandung banyak lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Saat kadar kolesterol jahat menurun, maka risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak kolesterol, juga dapat berkurang.

2. Menguatkan tulang

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam ikan teri bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi ikan ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis maupun kelainan tulang lainnya.
Kalsium dan vitamin A yang terkandung pada ikan teri juga baik untuk pertumbuhan tulang. Kalsium pun bermanfaat untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

3. Baik untuk yang sedang diet

Manfaat ikan teri yang satu ini bukan terjadi akibat ukurannya yang kecil, tapi karena kandungan proteinnya yang tinggi dan kalorinya yang rendah. Kedua hal tersebut merupakan kunci dari menu diet yang sehat. Tentu, cara mengolah ikan teri juga akan berpengaruh. Jadi, pilihlah yang diolah secara sehat.

4. Menyehatkan mata

Ikan teri kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan, mengonsumsi ikan teri dinilai bisa membantu mencegah glaukoma berkembang menjadi lebih parah. Ikan teri pun dipercaya dapat mencegah degenerasi makula dan katarak.Meski begitu, mengonsumsi ikan teri bukanlah satu-satunya cara untuk menyehatkan mata. Hanya mengonsumsi ikan teri juga serta-merta membuat indra penglihatan Anda menjadi jauh dari kerusakan.

Ikan teri baik untuk kulit

5. Mencegah penuaan dini pada kulit
Mengonsumsi ikan teri dipercaya dapat bantu memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih halus. Tak hanya itu, ikan kecil ini juga dinilai mampu bantu mencegah munculnya jerawat dan keriput yang berhubungan dengan penuaan dini.

6. Memperbaiki sel dan jaringan

Kandungan protein yang ada di dalam ikan teri, mampu membantu metabolisme sel dan pertumbuhan serta perbaikan jaringan ikat. Secara umum, protein memang baik untuk membantu tubuh melakukan berbagai mekanisme perbaikan diri.

7. Kaya mineral yang baik untuk tubuh
Di balik ukurannya yang kecil, ikan teri ternyata juga kaya akan zat besi yang baik untuk menjaga sirkulasi darah. Kandungan selenium yang ada di dalamnya juga dapat menjaga fungsi pembuluh darah dan produksi hormon tiroid.

Anda juga harus hati-hati Infeksi bakteri bisa mengancam jika Anda konsumsi ikan teri mentah.
Meski sehat, risiko mengonsumsi ikan teri masih tersisip di baliknya. Apalagi, jika ikan teri diolah dengan cara yang tidak sehat, seperti diawetkan dengan banyak garam menjadi ikan asin. Lebih lengkap

Berikut ini hal yang perlu diwaspadai saat Anda mengonsumsi ikan teri :

• Infeksi bakteri

Ikan teri, terutama yang dikonsumsi dalam kondisi mentah seperti pada sushi atau dengan cara pengolahan yang kurang baik, berisiko membawa parasit yang membahayakan untuk kesehatan. Parasit ini bisa menyebabkan gangguan di saluran cerna, seperti sakit perut

• Meningkatkan risiko penyakit kronis jika dikonsumsi sebagai ikan asin

Di Indonesia, banyak ikan teri yang dijual dalam keadaan diawetkan dengan garam atau ikan asin. Jika ikan teri asin dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, maka kelebihan garam yang masuk ke tubuh bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti:
Tekanan darah tinggi
Penyakit jantung
Gangguan fungsi ginjal
Diabetes

Tidak ada salahnya, jika Anda ingin segera menikmati manfaat ikan teri untuk tubuh ,selama pengolahannya pun sehat. Agar manfaat untuk tubuh semakin maksimal, konsumsilah ikan teri bersama dengan sayuran yang sehat dan tak lupa sertai juga dengan berolahraga secara teratur.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here