Terpaan Virus Corona, Pedagang Kecil Keluhkan Sepi Pembeli

94
Sepi pembeli, inilah yang dirasakan para padagang yang biasa mangkal disepanjang Jalan Veteran, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Dampak virus corona atau covid -19 tidak hanya kepada kesehatan manusia, melainkan juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.
Hal ni terlihat di Jalan Veteran, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Dimana, sepanjang jalan ini berdiri sekolah baik Negeri maupun Swasta.

Tapi, sejak Pemerintah memberikan himbauan agar siswa belajar di rumah, pedagang jajanan yang biasa mangkal di Jalan Veteran mengeluh sepi. Mayoritas, penjualan mereka turun drastis dan tidak seramai hari biasanya, karena pelanggan mereka kebanyakan para siswa.

Riska Sugeng Nugroho, salah seorang pedagang pentol, mengatakan, imbas dari virus corona cukup terasa. Omset penjualanya, menurun drastis selama 3-4 hari ini, sebesar 50 persen.

” Biasanya, saya membuka lapak jualan sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB, dan siswa sekolah di sekitar sini, biasanya membeli ketika waktu istirahat dan jam pulang sekolah” ujarnya, saat ditemui tim jybmedia, Jumat (20/03/2020).

Pria berdomisili di Jalan Tengku Umar, Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota Kediri, menguraikan, dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat sudah memberikan himbauan kepada para pedagang, untuk mewaspadai penyebaran virus corona.

” Tempat jualan saya, sudah saya siapkan antiseptik handsanitizer buat jaga jaga. Dan, tak jarang pembeli ada yang minta, untuk disemprotkan ke tanganya. Semoga, Kota Kediri tetap aman dari bahaya virus corona” harapnya.

Di tempat yang sama, Ipung Kusama, pedagang minuman sachet, mengatakan, dagangan yang dijual tetap laku walaupun mengalami penurunan pembeli. Dan, ditengah mewabahnya virus corona, Ia tidak menaikan harga daganganya alias tetap.

” Ya, rata rata jualan saya Rp 1ribu sampai Rp 5 ribu. Tentu, dengan penurunan pembeli akan mempengaruhi kondisi ekonomi keluarga di rumah,” keluh Bapak 2 orang anak ini.

Pria yang akrab disapa Ipung berharap, semoga pemerintah cepat mencari solusi dan menemukan obatnya dalam menangani wabah corona.

” Agar, kondisi bisa kembali stabil seperti semula dan masyarakat tidak semakin resah,” pungkasnya.(abi/bud)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here