Kandungan Manfaat Bunga Kenanga

Ilustrasi : Bunga Kenanga (foto/bibitbunga.com)

Kenanga (Cananga odorata) adalah nama bagi sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada 2 kelompok utama kenanga yang dibudidayakan yaitu kelompok Cananga (forma marcophylla Steeins) dan Ylang-ylang (forma genuina Steeins). Cananga memiliki cabang tegak lurus terhadap batang sedangkan Ylang-ylang memiliki cabang yang terkulai dan daun lebih kecil[1]. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

Bunga yang dapat kita jumpai pada hutan-hutan maupun di pekarangan rumah warga ini ternyata memiliki beberapa kandungan senyawa alami seperti asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol, kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Selain itu, bunga kenanga juga dikenal sebagai penghasil minyak yang cukup tinggi, akan tetapi kandungan minyak tersebut gampang sekali menguap.
Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat bunga kenanga, berikut penjelasannya.

1) Aromaterapi

Kandungan minyak atsiri dalam bunga kenanga dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk produksi parfum aromaterapi. Kandungan minyak tersebut diyakini membantu mengatur kelenjar adrenalin yang terkandung dalam sistem saraf.
Mengatasi Kulit Kering
Ekstrak bunga kenanga berwarna kuning-hijau biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun. Biasanya untuk menyeimbangkan kandungan minyak di kulit kita. Sangat cocok untuk orang dengan kulit kering.

2) Mencegah Bau Badan

Bau badan yang tidak sedap dapat diatasi dengan mengonsumsi rempah-rempah dari bunga Kenanga hingga 15 gram dan gula batu yang cukup dalam 600 ml air bersih sampai hanya setengah dari air rebusan yang tersisa. Setelah disaring segera konsumsi ramuan herbal ini.

3) Mengobati Penyakit Kuning

Menurut seorang pengembang Kesehatan Masyarakat di RS Bethesda, Yogyakarta yang bernana R. Broto Sudibyo menyatakan bahwa, manfaat bunga yang ditarik dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning yang tidak disebabkan oleh hepatitis. Ramuan kembang kenangan tersebut hampir tidak memiliki efek samping apapun.

Baca juga:  Kenali Manfaat Ramuan Jeruk Nipis

4) Mengatasi Encok (Rematik)

Untuk mengatasi encok atau sering disebut rematik, biasanya bunga kenanga yang belum mekar +/- 12 kuntum dan kemudian dengan bahan lain seperti daun srikaya +/- 30 gram, daun ketapang +/- 20 Gram, jahe + ditumbuk halus / – 20 gram, 10 butir lada dan kapur sirih sebagai obat gosok untuk diaplikasikan pada tubuh yang merasakan sakit. Hal ini harus dilakukan setidaknya dua kali sehari.

5) Mengobati Scabies

Bunga kenanga juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan scabies atau yang biasa dikenal dengan penyakit kudis. Caranya adalah dengan menerapkan efek +/- 50 gram bunga Kenanga, yang dipanaskan sebentar dengan minyak goreng pada kulit yang terkena.

6) Mengobati Sesak Napas

Bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan seperti sesak napas, mengkonsumsi ramuan herbal dari bunga ini dapat membantu Anda dalam mengobatinya. Jadi jika Anda ingin mengobati penyakit ini, Anda dapat rutin mengkonsumsi rebusan bunga kenanga ini.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here