Kaya Manfaat Dengan Mengkonsumsi Armer

52
Anggur Merah (foto/tokopedia.com)

Manfaat anggur merah ( armer) ternyata mengejutkan. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, buah anggur merah ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, seperti menyehatkan organ dalam, membantu menurunkan berat badan, sampai membuat kulit berkilau. Sudah siap merasakan manfaat anggur merah?

Beragam manfaat anggur merah untuk kesehatan
Buah anggur merah sangat mudah ditemukan di pasar tradisional, toko buah, maupun pusat perbelanjaan. Selain menyegarkan, ada begitu banyak manfaat anggur merah bagi kesehatan.

Berikut ini manfaat anggur merah yang bisa Anda rasakan.

1) Melindungi jantung
Buah yang mendapatkan warna merahnya dari flavonoid ini terbukti ampuh melindungi jantung dari penyakit. Flavonoid mencegah timbulnya gumpalan darah dan oksidasi.
Kulit anggur merah terbuat dari anthocyanin, yang mampu melindungi jantung. Tidak hanya dagingnya saja, ekstrak kulit anggur merah disebut bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah, setelah digunakan selama 30 hari.

2) Kesehatan otak
Manfaat anggur merah lainnya yakni menyehatkan otak. Sebuah studi membuktikan, partisipan yang mengonsumsi anggur merah, meningkatkan fungsi hippocampus, bagian otak yang bertanggungjawab untuk mengingat.

3) Kulit cantik
Anggur merah mengandung resveratrol, yang dikenal bisa menyehatkan dan bahkan mempercantik kulit Anda. Perlu diketahui, antioksidan dalam anggur merah, disebut lebih kuat 50 kali dari vitamin E, dan 20 kali lebih kuat dibandingkan vitamin C.

4) Menurunkan berat badan
Tidak mengandung kalori tinggi ialah manfaat anggur merah yang pasti disukai orang yang sedang diet. Setengah cangkir jus anggur merah saja hanya mengandung 23 kalori. Buah yang manis ini justru menjadi sumber nutrisi tinggi.
Sebuah studi menyatakan, resveratrol yang terkandung dalam anggur merah bisa membantu mengurangi berat badan, di saat otot menggunakan banyak energi untuk beraktivitas.

5) Meredakan nyeri lutut
Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengonfirmasi manfaat anggur merah berikut ini. Mengonsumsi anggur merah secara rutin, bisa mencegah rasa sakit pada dengkul, terutama jika dipicu oleh osteoartritis.
Sendi akan lebih fleksibel dalam bergerak, karena anggur merah mengandung polifenol. Selain itu, anggur merah membantu menurunkan kadar asam urat yang bisa menimbulkan rasa sakit pada dengkul.

6) Bagus untuk kesehatan mata
Jika ingin memiliki mata sehat, buah anggur merah bisa jadi solusinya. Sebab, anggur merah dapat meningkatkan protein pelindung di retina dan bisa mencegah stres oksidatif. Kandungan flavonoid dalam anggur merah bisa mencegah katarak.

7) Meningkatkan kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak baik, mengonsumsi anggur merah bisa menjadi jawaban yang tepat. Sebab kandungan resveratrol yang tinggi, secara alamiah bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

8) Melawan peradangan
Ada dua tipe peradangan, yaitu peradangan akut dan kronis. Anggur merah memiliki kandungan enzim yang dapat melawan kedua tipe peradangan tersebut.Peradangan ini dikenal sebagai sumber penyakit berbahaya, termasuk kanker dan penyakit jantung. Resveratrol memiliki tugas untuk mencegahnya.

10) Mengandung kalium
Setiap 100 gram anggur merah mengandung 191 mg kalium. Mengonsumsi buah dengan kandungan kalium tinggi, bisa mencegah tekanan darah tinggi dan kesehatan jantung.

11) Bersifat antibakteri dan antivirus
Anggur merah bisa menjaga Anda dari banyak virus dan penyakit. Sebab, kandungan antibakteri dan antivirus dalam anggur merah, sangatlah tinggi. Tidak heran, anggur merah sering digunakan untuk melawan berbagai penyakit, seperti virus polio dan herpes.

12) Meningkatkan kinerja ginjal
Anggur merah bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Asam dikeluarkan dari dalam tubuh dan akhirnya mengurangi beban kerja ginjal.

13) Melawan penyakit neurodegeneratif
Kandungan resveratrol dalam anggur merah, terbukti bisa melawan penyakit seperti Alzheimer. Antioksidan pada buah ini, membantu tubuh untuk mencegah kemunculan, Anggur merah pun dipercaya mampu meningkatkan kinerja otak dalam mengingat.

14) Mencegah dan melawan kanker
Kandungan resveratrol dalam anggur merah bisa melindungi kulit dari sinar UV matahari dan menjaganya dari kanker kulit. Para peneliti juga menemukan, resveratrol mampu menjaga tubuh dari radiasi, ketika sedang menjalani perawatan kanker. Anggur merah adalah buah lezat yang rendah kalori. Tidak hanya memberikan nutrisi yang banyak, tapi juga menjaga Anda dari berbagai macam penyakit serius. Sudahkah Anda memakan anggur merah hari ini?

Tips memilih dan mengonsumsi anggur merah terbaik Buah anggur merah sangat mudah ditemukan. Bagaimana cara memilih anggur merah dengan kualitas terbaik dan menyimpannya?

Berikut ini tipsnya.

Jangan beli anggur merah yang kulitnya mengeriput, Jika teksturnya sudah tidak kencang atau padat, langsung hindari
Simpan dalam lemari es
Bagi orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter jika ingin memakan anggur merah dalam porsi besar. Sebab, kandungan resveratrol-nya bisa meningkatkan efek antikoagulasi obat-obatan tersebut.
Penderita penyakit jantung yang sedang mengonsumsi obat beta-blocker juga disarankan tidak memakan terlalu banyak anggur. Sebab, beta-blocker bisa meningkatkan kadar kalium dalam aliran darah.
Selain itu, bagi orang yang ginjalnya tidak berfungsi normal, mengonsumsi terlalu banyak kalium bisa berakibat fatal.
Walau anggur merah disebut sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan kandungan baik, jangan mengongsumsinya berlebihan. Jangan lupa untuk mencuci anggur merah, sebelum mengonsumsinya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here