Cara Sehat Dengan Konsumsi Melinjo

Melinjo (foto/balipuspanews.com)

Melinjo atau Gnetum gnemon sangat cocok ditanam di wilayah tropis. Pohon Melinjo banyak dibudidayakan untuk makanan dan sering ditemukan di Asia Tenggara. Daunnya tak besar dan berwarna hijau tua. Selain enak, jika dimakan tanpa berlebihan, melinjo ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan.
Manfaat daun melinjo ini tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya yang sebagian besar bersifat antioksidan, yaitu:
Flavonoid , Saponin, Tanin
Vitamin C , Karbohidrat , Protein
Zat besi, Zinc, Magnesium, Potasium, Fosfor
Baik biji dan daun melinjo memiliki jumlah antioksidan yang tinggi.

Seperti dilansir dari Health Benefits Times, tanaman ini mempunyai banyak manfaat seperti:

1. Mengatasi Infeksi Bakteri
Manfaat daun melinjo yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Efektivitas daun melinjo dalam mengatasi infeksi bakteri ini tak lepas dari kandungan senyawa kimia flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiganya menurut penelitian memiliki sifat antibakteri.
Flavonoid, misalnya. Senyawa fenol ini memiliki mekanisme kerja menembus dinding sel bakteri untuk kemudian merusaknya, pun mengendapkan protein dari sel bakteri tersebut. Cara kerja yang sama juga berlaku untuk senyawa lainnya yakni tanin.

2. Kesehatan otak
Kandungan mangaan di dalamnya sangat penting untuk fungsi otak dan juga mengobati gangguan saraf. Sedangkan superoksida menghilangkan radikal bebas dari tubuh yang meliputi jalur saraf.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Pada studi yang lainnya, ditemukan fakta bahwa daun melinjo (juga buahnya) efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kandungan senyawa pada daun melinjo menurut hasil penelitian tersebut dapat meningkatkan produksi komponen sistem kekebalan tubuh.

4. Merawat Kesehatan Tulang
Kandungan mineral magnesium pada daun melinjo menjadikan tanaman herbal ini efektif dalam membantu merawat kesehatan tulang.
Magnesium bersama-sama dengan mineral lainnya yakni kalsium memiliki peran penting dari mulai proses pembentukan tulang hingga merawat tulang agar tetap sehat dan kuat.

Baca juga:  Rebusan Daun Sirih Simpan Banyak Manfaat

5. Merawat Kesehatan Kulit
Kandungan senyawa antioksidan pada daun melinjo tak hanya berupa flavonoid, saponin, dan juga tanin. Selain itu, ada juga vitamin C yang juga memiliki sifat antioksidan. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat daun melinjo untuk merawat kesehatan kulit dan mencegahnya dari berbagai masalah kesehatan termasuk yang sering dihindari adalah penuaan dini.

6. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker
Kembali lagi ke kandungan antioksidan pada daun melinjo, hal ini lantas juga menghasilkan manfaat daun melinjo yang sangat besar yaitu meminimalisir risiko penyakit kanker.
Kanker adalah penyakit yang berawal dari rusaknya sel-sel tubuh. Mengapa sel-sel tubuh bisa rusak? Jawabannya karena adanya serangan radikal bebas. Nah, fungsi dari zat antioksidan adalah untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut sebelum merusak sel tubuh. Dengan begitu, risiko Anda untuk terkena penyakit kanker dapat diminimalisir. Guna mendapatkan manfaat daun melinjo yang satu ini, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin baik dimakan secara langsung atau meminum air rebusannya.

7. Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Terakhir dari daftar manfaat daun melinjo bagi kesehatan tubuh adalah untuk mencegah timbulnya penyakit batu ginjal. Khasiat daun melinjo maupun buahnya dalam mencegah penyakit ginjal dikarenakan tanaman ini diperkaya oleh kandungan mineral potasium.Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa potasium mampu menurunkan kadar kalsium pada batu ginjal. Pasalnya, penyakit batu ginjal dipicu oleh berlebihnya kadar kalsium.

Itu dia daftar manfaat daun melinjo bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Daftar manfaat ini tidak bisa serta merta dijadikan rujukan oleh karena masih terbatasnya studi ilmiah yang meneliti efektivitas kandungan zat pada daun melinjo tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here