Kenali Lebih Jauh Khasiat Mengkudu

Mengkudu (foto/tagar.id)

Mengkudu atau noni adalah pohon yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, Tahiti, Hawai, Australia, dan India. Manfaat buah mengkudu sudah dikenal sejak jaman dahulu.
Buah ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional di daerah-daerah tersebut. Selain buahnya, daun, kulit pohon dan akar mengkudu juga kerap dijadikan bahan dalam ramuan obat tradisional.

Dalam budaya pengobatan tradisional, sari buah mengkudu dipercaya berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan (seperti konstipasi dan diare), infeksi kulit, dan sariawan. Ramuan dari daun mengkudu juga dapat dibubuhkan di kulit untuk mempercepat penyembuhan luka.
Sari buah mengkudu diketahui banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, yang membantu dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Khasiat antiperadangannya juga seringkali dielu-elukan oleh produsen obat herbal.

Kekurangan buah mengkudu adalah aroma dan rasanya yang tidak enak. Akibatnya, jarang ada orang yang sanggup memakan buah ini secara langsung. Mengkudu biasanya dijus dan dicampur dengan gula serta buah-buahan lain untuk menyamarkan aromanya serta membuat rasanya lebih enak.

Beragam mineral, seperti magnesium, potasium, dan kalsium. Jus buah mengkudu juga mengandung banyak antioksidan. Yang utamanya adalah beta karoten, iridoid, vitamin C dan vitamin E. Antioksidan ini mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.
Tubuh memerlukan antioksidan serta radikal bebas dalam jumlah yang berimbang untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal.

Sebetulnya masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Meski begitu, para ilmuwan menduga manfaat buah ini berasal dari kandungan antioksidannya.

Berikut ini sederet manfaat buah mengkudu yang sudah diteliti secara medis:

1. Meningkatkan kemampuan sistem imunitas tubuh
Jus buah mengkudu mengandung banyak vitamin C. Dalam 100 ml jus buah mengkudu saja sudah menawarkan kira-kira 33% asupan harian vitamin C yang disarankan.
Vitamin ini membantu kerja sistem imunitas tubuh dengan cara melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta racun-racun dari polutan di lingkungan sekitar.
Antioksidan, seperti beta karoten, dalam buah mengkudu juga membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.
Berdasarkan sebuah riset, orang sehat yang mengonsumsi 330 ml jus buah mengkudu setiap hari dapat mengalami peningkatan aktivitas pada sel-sel imunnya dan penurunan stres oksidatif yang merusak sel.

2. Mengurangi gejala infeksi dan inflamasi pada perokok berat
Berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah, ada satu kelompok yang sangat merasakan manfaat buah mengkudu, yaitu para perokok.
Pada kelompok perokok berat yang mengidap penyakit infeksi atau peradangan kronis, konsumsi sari buah mengkudu mampu mengurangi gejala penyakit yang dirasakan. Tetapi hal ini bukan berarti konsumsi buah mengkudu otomatis bisa mengatasi dampak kebiasaan merokok terhadap kesehatan. Merokok tetap buruk bagi tubuh Anda.

3. Berpotensi mengurangi rasa sakit akibat artritis
Sejak berabad-abad yang lalu, buah mengkudu sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional sebagai penghilang rasa sakit. Beberapa riset ilmiah masa kini nampaknya mendukung hal ini.
Pada suatu penelitian, sekelompok penderita artritis degeneratif pada tulang belakang diminta untuk meminum 15 ml jus buah mengkudu dua kali per hari selama sebulan. Hasilnya, mereka menyatakan bahwa rasa sakit akibat artritis berkurang secara signifikan. Bahkan sebanyak 60% partisipan mengaku rasa sakit pada leher mereka mereda.Manfaat buah mengkudu ini dirasakan pula oleh kelompok pengidap osteoartritis yang diberi 89 ml jus buah mengkudu setiap hari. Setelah 90 hari mereka mengakui ada penurunan tingkat rasa sakit dan frekuensi munculnya gejala osteoartritis. Rasa sakit yang dalami penderita artritis disebabkan oleh peradangan. Jus buah mengkudu diduga mampu mengatasi rasa sakit dengan cara meredakan inflamasi dan membasmi radikal bebas.

4. Membantu dalam meningkatkan ketahanan beraktivitas fisik
Salah satu manfaat buah mengkudu bagi para penduduk di Kepulauan Pasifik adalah meningkatkan ketahanan fisik.
Penduduk asli kepulauan Pasifik percaya bahwa mengonsumsi mengkudu mampu membantu dalam menjaga ketahanan fisik para nelayan saat melakukan pelayaran jauh. Hasil dari beberapa penelitian ilmiah ternyata mendukung kepercayaan tersebut.Penelitian dilakukan terhadap para pelari jarak jauh yang mengonsumsi 100 ml jus buah mengkudu setiap hari selama tiga minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa ketahanan fisik mereka meningkat sebanyak 21%.

Manfaat buah mengkudu bagi ketahanan fisik diduga berasal dari antioksidannya yang mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat kita berolahraga.Mengingat manfaat buah mengkudu yang luar biasa, tidak mustahil Anda menjadi ingin mengkonsumsinya. Namun Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya. Apalagi bila Anda memiliki kondisi medis tertentu

- Advertisement -

1 KOMENTAR

  1. Hipertensi merupakan the silent disease dimana seseorang tidak akan mengetahui jika dirinya mengalami peningkatan tekanan darah. Angka insiden hipertensi sangat tinggi terutama pada populasi lanjut usia diatas 60 tahun. Penatalaksaan hipertensi dapat dilakukan dengan cara farmakologis seperti obat-obatan serta dapat menggunakan bahan alami dalam menurunkan tekanan darah yaitu dengan memanfaatkan buah mengkudu. Bagaimana buah mengkudu dapat menurunkan tekanan darah? Selengkapnya cek disini https://e-journal.unair.ac.id/AMNT/article/view/8133

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here