Khasiat Rimpang Temulawak Kaya Manfaat

Rimpang temulawak (foto/viva.co.id)

Rimpang Temulawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Pati merupakan komponen terbesar dalam rimpang temulawak. Pati biasanya berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid. Kurkuminoid adalah zat pemberi warna kuning pada temulawak dan kunyit.

Dalam temulawak terkandung:
0,37% abu
1,52% protein
1,35% lemak
0,80% serat
79,96% karbohidrat
15 ppm kurkumin
11,45 ppm kalium
6, 38 ppm natrium
19,07 ppm kalsium
12,72 ppm magnesium
6,38 ppm zat besi
0,82 ppm mangan
0,02 ppm kadmium

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat temulawak, perlu Anda ketahui bahwa temulawak termasuk famili Zingiberaceae dengan bagian yang sering dimanfaatkan adalah rimpangnya. Hal itu disebabkan, karena rimpang temulawak mengandung obat antioksidan. Karena, adanya flavonoid, fenol serta kurkumin. Meski semua bagian dari temulawak dapat dimanfaatkan, akan tetapi rimpang adalah bagian yang paling banyak digunakan. Rimpang terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti amylase, phenolase, lemak, starch, mineral, phenol derivatives (curcuminoids), dan minyak atsiri. Beberapa senyawa tersebut efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih optimal.

Temulawak dipercaya mengendalikan, mencegah, dan bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk kanker usus besar dan payudara. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma di dalamnya mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya yang melindungi sel-sel dari kerusakan. Dalam dunia fisioterapi, temulawak diklasifikasikan sebagai adaptogen, zat tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau dapat memengaruhi secara fisik, kimia, dan biologis tubuh seseorang. Secara umum, khasiat temulawak yang didapatkan adalah menormalkan jaringan yang mengalami gangguan.

Berikut adalah berbagai manfaat temulawak bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

Mengatasi Gangguan Pencernaan, Meningkatkan Nafsu Makan, Mengobati Kanker, Meningkatkan Daya Tahan, Mengatasi Gangguan Hati, Melawan Racun, Meringankan Osteoartritis

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here