Ini Ternyata Manfaat Memelihara Burung

Ilustrasi memelihara burung (red/banjarmasin.tribunnews.com)

Memelihara burung menjadi salah satu hobby yang populer dilakukan masyarakat Indonesia. Biasanya pria yang memiliki kegemaran memelihara burung ini. Sebenarnya memelihara burung telah dilakukan sejak dulu dan terjadi secara turun temurun. Memelihara burung ternyata memiliki dampak bagi orang yang melakukannya. Berikut ini manfaat memelihara burung :

1. Kicauan burung membuat rileks
Mendengar kicauan atau suara burung terasa sangat alami. Mendengarkan burung berkicau akan memberikan rasa tenang dan rileks bagi pemilik. Hal ini dapat memunculkan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Orang yang gemar memelihara burung pasti sudah tidak asing dengan manfaat ini. Baik percaya atau tidak percaya, kicauan burung akan memunculkan perasaan rileks bagi pendengarnya. Apalagi jika didengarkan di pagi hari. Udara pagi yang masih segar ditambah dengan kicauan burung akan membuat orang yang mendengarnya merasakan ketenangan. Situasi ini juga mampu membuat suasana seperti di pedesaan yang masih alami dan asri. Bagi pecinta burung, kicauan dan suara yang berbeda dapat memberikan dampak rasa senang yang berbeda juga.

2. Dapat bernilai tinggi
Banyak orang yang memelihara burung yang kemudian mendapatkan keuntungan material. Burung dapat memiliki nilai yang tinggi. Awalnya orang mungkin ingin menikmati kicauannya, namun lambat laun bukan tidak mungkin hobi ini mendatangkan rejeki. Ada banyak sekali jenis burung yang memiliki nilai jual yang tinggi. Semakin merdu kicauan burung biasanya harga burung juga semakin mahal. Manfaat memelihara burung bagi pemilik selanjutnya dapat memberikan penghasilan tambahan. Orang yang memelihara burung biasanya juga ikut serta dalam kontes burung. Burung yang mampu memenangkan kontes akan dihargai lebih mahal dari sebelumnya. Manfaat memelihara burung dapat menghasilan yang tinggi. Burung juara dapat dihargai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Tidak mustahil memelihara burung menjadi sumber penghasilan bagi pemiliknya.

Baca juga:  Ragam Kegiatan Lebaran di Rumah yang Mengasyikan

3. Menurunkan stres
Kicauan dan suara burung dapat memberi rasa tenang dan rileks. Rasa ini dapat menurunkan tingkat stres pemilik. Manfaat memelihara burung akan mencegah dan mengurangi rasa stres karena pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Mendengarkan suara burung yang merdu akan memberi rasa damai, tenang dan tentram sehingga pikiran dapat kembali segar. Manfaat memelihara burung dapat menjadi media relaksasi yang bagus bagi tubuh dan pikiran, sehingga dapat menurunkan stres yang dimiliki.

4. Menjaga kesehatan mata
Burung seringkali aktif bergerak di dalam kandanganya. Orang yang memelihara burung yakin hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mata akan ikut dilatih dalam melihat dan mengikuti gerakan burung. Secara tidak sadar orang melakukan senam mata. Orang yang hobi memelihara burung menganggap hal ini dapat menjadi terapi alternatif agar mata tetap sehat. Aktivitas ini sangat mudah untuk dilakukan, hanya dengan melihat gerakan burung yang lincah. Disamping mata menjadi semakin sehat, hati pemilik juga akan terhibur melihat burung yang begitu aktif dan lincah.

5. Mengembangkan motorik
NewBuryPortNews pernah menjelaskan bahwa dalam proses memberi makan burung ada dampak positif yang dirasakan oleh tubuh. Salah satu dampaknya adalah mengembangkan kemampuan motorik. Ini terjadi karena dalam proses pemberian makan burung jari akan dilatih sehingga tidak kaku. Bagi orang yang hobi memelihara burung, kegiatan memberi makan burung juga memiliki filosofis seperti menyatakan pentingnya memiliki tujuan hidup bagi seseorang. Ketika memberi makan burung, jari akan bergerak yang menunjukkan suatu kebebasan.

6. Membawa keberuntungan
Ada mitos yang dipercaya masyarakat terkait manfaat memelihara burung. Memelihara burung dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi si pemilik. Orang dari suku Jawa misalnya, percaya bahwa suara burung perkutu mampu memberi rejeki bagi pemiliknya. Ada juga kepercayaan kicauan jenis burung tertentu akan menjadi tanda tamu baik yang akan datang. Banyak penggemar burunga yang mempercayai hal-hal ini sehingga hobi memelihara burung dapat diturunkan dari generasi ke generasi.

Baca juga:  Ini Rekomendasi Film Tentang Motivasi Hidup

7. Meningkatkan hubungan sosial
Manfaat memelihara burung juga dapat meningkatkan dan mempererat hubungan sosial dalam masyarakat. Percakapan mengenai burung akan mendekatkan individu untuk berkumpul. Kegiatan ini secara tidak langsung meningkatkan hubungan kekerabatan dalam masyarakat. Kegiatan berkumpul pada awalnya mungkin untuk membahas kiat dalam memelihara burung namun secara tidak langsung juga mendekatkan orang secara personal.

Itulah beragam manfaat memelihara burung yang bisa didapatkan. Memiliki hewan peliharaan dapat memberi banyak manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here