Ramuan Penurun Lemak Darah

Ilustrasi Lemak darah (red_esensi.id)

Definisi
Lemak darah terdiri dari trigliserida dan kolesterol. Kolesterol adalah suatu substansi seperti lemak (lipid) yang terdapat dalam membran sel dan merupakan prekursor asam empedu dan hormon steroid. Kolesterol dalam peredaran darah terikat pada lipoprotein. Terdapat 2 macam lipoprotein yaitu High Density lipoprotein (HDL) yang dikenal dengan kolesterol baik dan Low Density Lipoprotein (LDL) yang dikenal dengan kolesterol jahat. LDL membawa kolesterol dari hati ke bagian tubuh yang memerlukan sedangkan HDL membawa kelebihan kolesterol dalam darah ke hati untuk diproses kembali. Selain itu ada lagi yang disebut dengan trigliserida yaitu kelebihan kalori yang disimpan dalam sel lemak dalam darah. Trigliserida dalam kadar normal sangat diperlukan tubuh. Total kolesterol mengandung 60-70% LDL, 20-30% HDL dan 10-15% trigliserida.

Dalam kadar normal, kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan jaringan otak dan saraf, pembentukan sel-sel tubuh, serta sebagai prekursor untuk pembentukan asam empedu dan hormon steroid. Namun bila jumlah LDL dan trigliserida berlebih, maka lipoprotein tersebut akan menempel pada dinding pembuluh darah koroner dan dapat menimbulkan plak yang dikenal dengan plak aterosklerosis. Penderita hiperkolesterol dengan aterosklerosis mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskuler.

Penyebab
Kolesterol yang tinggi terutama disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti kegemukan, merokok, kurang olahraga, kurang mengkonsumsi makanan berserat dan banyak makan makanan mengandung lemak jenuh tinggi.

Gejala
Pada umumnya penderita tidak menyadari bahwa kadar kolesterol meningkat karena tidak ada gejala yang spesifik. Namun demikian beberapa gejala yang kadang dirasakan seperti badan terasa pegal terutama dibagian tengkuk dan kesemutan.

1. Ramuan Propinsi Nusa Tenggara Barat
Daerah survei : Mataram
Etnis : Sasak

Baca juga:  Ramuan Dari Berbagai Daerah Atasi Darah Tinggi

Komposisi:
Daun salam 10 g
Akar alang-alang 10 g
Pegagan 10 g
Sambiloto 10 g
Air 2 gelas
Cara pembuatan:
Ramuan direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 3/4 gelas
Cara pemakaian:
Hasil rebusan diminum sekaligus sebelum tidur malam

Deskripsi Tanaman

Daun Salam
Syzygium polyanthum (Wight) Walp / Syzygii poliyanthii Folium

Nama daerah
Sumaterar Meselangan, ubar serai (Melayu); Jawa: Manting (Jawa), Salam (Madura); Kastolam (Kangean)

Manfaat Daun Salam
Menurunkan kolesterol, anti hipertensi, kencing manis, anti radang, pembersih darah, disentri, borok, kecacingan, malaria.

Alang—Alang
Latin/simplisia Imperata cylindrica Beauv. / Imperatae Rhizoma

Nama daerah
Naleueng lakoe (Aceh); Jih (Gayo); Rih, Ri (Batak); Oo (Nias); Alalang, Hilalang, Ilalang (Minang kabau); Lioh (Lampung); Halalang, Tingen, Padang, Tingan, Puang, Buhang, Belalang, Bolalang (Dayak); Eurih (Sunda); Alang-alang kambengan (Jawa); Kebut, Lalang (Madura); Ambengan, Lalang (Bali); Kii, Rii (Flores); Padengo, Padanga (Gorontalo); Deya (Bugis); Erer, Muis, Wen (Seram); Weli, Welia, Wed (Ambon)

Alang-alang:
Radang ginjal, ginjal berbatu, beser-kencing, kencing darah, kencing nanah, rajasinga, luka, demam, tekanan darah tinggi, urat syaraf lemah, kurap.6

Pegagan
Centella asiatica L. Urban/ Centellae Herba

Nama daerah
Sumatra: Pegaga (Aceh), Daun kaki kuda, Daun penggaga, Penggaga, Rumput kaki kuda, Pegagan, Kaki kuda (Melayu), Pegago, Pugago (Minangkabau); Jawa: Cowet gompeng, Antanan, Antanan bener, Antanan gede (Sunda), Calingan rambut, Pacul gowang (Jawa), Gan-ganan (Madura); Nusa Tenggara: Bebele (Sasak), Paiduh, Panggaga (Bali), Kerai lere

Manfaat Pegagan
Seduhan daun diminum untuk mengobati batu ginjal pinggang, radang ginjal, radang tenggorok asma, radang usus dan sariawan. Selain itu juga dapat mengobati luka baru/luka bernanah.

Sambiloto
Nama Latin/simplisia
Andrographis paniculata (Burm. f.) Wall. Ness. / Andrographidis herba

Nama daerah
Sumatera: Ampadu tanah (Minang), Pepaitan (Melayu); Jawa: Sambiloto, Bidara, Sadilata, Takila (Jawa), Ki oray, Ki peurat, Takilo (Sunda) 11

Baca juga:  Ramuan Kencing Manis Berbagai Daerah

Tanaman ini mempunyai manfaat dan khasiat yang begitu banyak untuk kesehatan. Salah satunya berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit stroke .. Sambiloto ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai efek muskarinik untuk pembuluh darah, efek pada jantung serta efek pada sel. Tidak sekedar itu, tanaman ini juga mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi, dan bersifat kholereyik

2. Ramuan dari Kalimantan Timur
Daerah survei : Kab. Malinau
Etnis : Dayak Lindaye

Komposisi:
Ubi jalar 200 g
Daun Sambung Nyawa segar 100 g
Air 3 gelas
Cara pembuatan:
Bahan direbus dengan air hingga menjadi 1, 5 gelas
Cara pemakaian:
Diminum 2×1 hari sampai sembuh

Deskripsi Tanaman

Ubi Jalar
Nama Latin/simplisia
Ipomoea batatas POIR / Ipomoeae batatas Tuber

Nama daerah
Gadong, piek (Aceh); Gadung enjolor, Gadung jalur (Batak); Katelo, Ubi jalah (Minangkabau); Tela, Tela rambat (Jawa), Atetela, Batata (Gorontalo); Ima (ternate)
Hasil penellitian terhadap pasien diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa pemberian ekstrak umbi ubi jalar dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dalam darah sedangkan penurunan kadar trigliserida tidak tampak. Kemungkinan hal ini berkaitan dengan penurunan resistensi insulin pada pasien DM tipe 2

Ubi Jalar merupakan makanan enak yang memiliki serat tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, Ubi Jalar juga mengandung Vitamin B kompleks, Vitamin C, Beta Karoten, Potassium (Kalium) dan Kalsium yang dapat mengurangi Gastritis. Sebagai pengetahuan tambahan, Gastritis adalah kondisi dimana lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan.

Sambung Nyawa
Gynura procumbens (Lour.) Merr / Gynurae procumbensis Folium Sinonim
Gynura sarmentosa (Blume)

Nama daerah Sumatera:
Ekstrak G. procumbens dosis 50,150 dan 300 mg/kg BB diberikan secara oral pada tikus diabetes yang diinduksi streptozotosin dan pada tikus normal. Setelah pemberian selama 7 hari, dosis maksimum G. procumbens menurunkan kadar kolesterol dan trigliserdida secara signifikan.

Baca juga:  Meski Pahit, Buah Pare Kaya Manfaat

Manfaat sambung nyawa
Tumbuhan ini bersifat dingin dan natural. Memberi manfaat antara lain antineoplastik, menurunkan panas badan, mengobati sakit limpa, sakit ginjal, sakit kulit, menurunkan tekanan darah, mengandung senyawa flavonoid untuk memperbaiki fungsi hati, menurunkan kadar gula darah, antimicrobial, antikarsinogeik, sitotoksik terhadap sel kanker, hipertensi, stroke, penyakit jantung, kolesterol tinggi, diabetes,gangguan lambung, radang pita suara, radang tengkuk, batuk dan sinusitis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here