Ini Ramuan Sakit Kuning Asli Nusantara

Ilustrasi Ramuan (dok_euractiv.com)

Definisi

Penyakit kuning atau yang dikenal dengan jaundice bukanlah penyakit melainkan tanda yang dapat terjadi pada berbagai penyakit, tetapi pada umumnya terjadi karena gangguan fungsi hati.

Penyebab

Gangguan fungsi hati merupakan akibat dari penyumbatan saluran empedu, obat-obatan yang menggangu fungsi hati atau gangguan metabolime bilirubin (substansi yang diproduksi pecahan sel darah merah). Warna kuning yang timbul pada kulit dan mata disebabkan karena meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh sehingga mengganggu kerja organ liver.

Gejala

Gejala yang tampak pada penderita adalah timbulnya warna kuning pada bagian mata yang putih, kemudian menjalar ke seluruh tubuh sehingga kulit tampak berwarna kekuningan. Selain itu penderita biasanya juga mengalami penurunan nafsu makan, mulut terasa pahit, muntah-muntah, kencing berwarna gelap dan feces berwarna merah agak kebiruan.

Pengobatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk penderita sakit kuning. Untuk penyakit kuning yang disebabkan karena Hepatitis A, asalkan dirawat dengan baik biasanya dapat sembuh dalam waktu 6 bulan dan penderita harus istirahat total paling tidak selama 1-4 minggu.

1. Ramuan Propinsi Jambi

Daerah survei : Kab. Kerinci
Etnis : Suku Anak Dalam

Komposisi :
Daun sukun 2 lembar
Air 2 gelas

Cara pembuatan:
Daun sukun dicuci BERSIH , direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas.
Cara pemakaian:
Air rebusan diminum sebanyak 1 gelas, dilakukan 3 kali sehari.

Deskripsi tanaman:
Sukun
Artocarpus altilis FORST. / Artocarpi altilis Folium

Nama daerah:
Sumatera: Sakon (Aceh), Hatopul (Batak toba), Suku (Nias); Jawa: Sukun (Jawa, Sunda), Sokon (Madura); Bali: Sukun (Bali); Nusa Tenggara: Pulur (Sasak), Karara (Bima, Sumba), kalara (Sawu), Karara (Ende, Flores)

2. Ramuan Kalimantan Timur
Daerah survei : Kab. Malinau
Etnis : Dayak Lindaye

Komposisi:
Buah mahkota dewa 1 buah ( daging buahnya saja)
Daun sambiloto 7 lembar
Daun dewa 3 lembar
Umbi daun dewa 15 gr
Temu putih 15 gr
Temulawak 15 gr
Air 5 gelas

Cara pembuatan:
Semua bahan di potong-potong, dijemur kering , setelah itu direbus dengan air 5 gelas menjadi 3 gelas. Biji makota dewa dibuang.

Cara pemakaian:
Air rebusan diminum 3 kali sehari 1 gelas

Kegunaan Secara Empiris

Sambiloto
Gangguan hati termasuk sakit kuning, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi dan rematik.

Temulawak
Demam kuning, kejang-kejang, ambeien, malaria, diare, kurang nafsu makan, kurang darah, cacar air, radang lambung, cacingan, pelancar ASI, penyegar badan setelah haid/nifas, eksema, sembelit, kencing darah, ayan, radang ginjal, jerawat.

Mahkota Dewa
Ekstrak buah mahkota dewa dengan dosis 1,5 mL/200 g BB yang diberikan selama 15 hari mampu memulihkan kerusakan hati . Efek farmakologi Andrographidis herba terutama disebabkan oleh kandungan zat aktif andrografolida dan senyawa diterpenoid lakton lainnya seperti deoksiandrografolida

Temu Putih
Rimpang temu putih selain dapat menurunkan kadar SGPT juga dapat mencegah terjadinya sirosis hati dengan kemampuannya menghambat enzim siklooksigenase, sehingga dapat menghambat terjadinya kerusakan sel hepatosit.
Furanogermenone dalam temu putih dapat menekan peningkatan SGOT dan SGPT

3. Ramuan Propinsi Lampung

Daerah survei : Kab. Lampung Tengah
Etnis : Ulun Lampung

Komposisi:
Rebung bambu kuning 1 buah ( 1 kg )
Air 1 liter

Cara pembuatan:
Ramuan dipotong-potong direbus dengan air 1 liter sampai mendidih hingga menjadi setengahnya.

Cara pemakaian:
Diminum 3 kali sehari 1 gelas

Deskripsi Tanaman
Bambu kuning
Bambusa vulgaris Schrad/ Bambusae Tuber

Nama daerah
Sumatera: Trieng gading (Aceh); Hao adulo (Ns); Aur gading, Bambu kuning, Bambu tutul, Buluh swnggi (M); Buloh gading, Haur bahenda (B); Auwe gadieng, Auwe kunieng, Bambu kunieng, Bambu kuring-kuring (Mk); Jawa: Awi ampel, Awi gading, Awi haur, Awi haur geulis, Awi haur seyah (Sunda); Jajang ampel, Jajung gading, Pring ampel, Pring ampel kuning, Pring legi, Pring tutul (Jawa); Pareng ampel, Pareng gading (Madura); Bali: Tring ampel (BI).

Nama Latin/simplisia

Kegunaan Secara Empiris
Bambu Kuning Penyakit kuning, bengkak.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here