Dampak Positif Buang Sampah Pada Tempatnya

Ilustrasi membuang sampah pada tempatnya. (dok/foresteract.com)

Sampah, kerap kali menjadi masalah apalagi saat era modern seperti ini ketika populasi manusia sudah sangat banyak dan tingkat kesadaran akan sampah rendah. Sampah merupakan hal yang tidak bisa dielakan lagi bagi kehidupan manusia karena tidak mungkin ada satu pun manusia yang tidak membuat sampah. Karena hal inilah kemudian sampah juga memunculkan masalah baru yaitu sampah yang berserakan dimana-mana dan menganggu lingkungan serta kesehatan. oleh karenanya saat ini semakin banyak himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah tidak hanya cukup membuang saja namun juga harus diikuti dengan pada tempatnya. Jika sampah dibuang sembarangan pastinya sudah tahu bukan dampak apa yang akan terjadi? ya masalah sampah berserakan dan mengotori lingkungan, menimbulkan bibit penyakit serta lainnya. Edukasi membuang sampah pada tempatnya masih menjadi pembelajaran penting yang harus dilakukan sejak dini. Di artikel ini akan membahas apa saja manfaat yang akan di dapatkan jika membuang sampah pada tempatnya.

Jenis-jenis sampah

Sebelum membahas apa saja manfaat dari membuang sampah pada tempatnya, sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis sampah. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Sampah organic
Sampah organic merupakan jenis sampah yang mampu teruraikan dengan mudah secara alami atau biologis. Jenis sampah ini misalnya sisa makanan, daun-daun dari pohon, kayu lapuk dan lainnya. sampah organic juga kerap disebut dengan nama sampah basah. Jenis sampah ini selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari. karena berasal dari bahan alami maka untuk penguraikannya pun juga alami dan cepat sehinga secara umum sampah organic tidak membahayakan asalkan dibuang pada tempat yang seharusnya.

2. Sampah anorganik
Jenis sampah yang kedua adalah sampah anorgnaik. Sampah anorganik merupakan jenis sampah yang sangat susah untuk diuraikan dan membutuhkan waktu lama serta harus berada di tempat yang khusus. Contoh dari sampah anorganik ini adalah plastic, kaleng, pecah-belah, sterofoam dan lainnya. karean sifatnya ini, sampah anorganik juga disebut dengan sampah kering. Memerlukan tindakan khusus supaya sampah anorganik dapat diuraikan.

Baca juga:  Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja

3. Sampah B3
Jenis sampah B3 adalah sampah yang beracun atau yang mengandung bahan kimia. Sampah ini biasanya merupakan hasil limbah dari yang memiliki kaitan dengan bahan kimia misalnya seperti limbah rumah sakit, limbah pabrik kimia, limbah tekstil dan sejenisnya. Secara umum, sampah B3 sangat berbahaya bagi kehidupan baik manusia, hewan maupun tumbuhan sehingga memerlukan tindakan yang sangat khusus untuk bisa meminimalisir dampaknya.

Mengetahui apa saja jenis sampah akan memudahkan anda untuk mampu memilahnya dengan baik dan apalagi jika anda mampu mengolahnya juga.

Manfaat membuang sampah pada tempatnya

Nah, setelah anda mengetahui apa saja jenis-jenis sampah maka anda bisa dengan mudah membedakannya. Sebaiknya sampah tidak dicampur melainkan di kelompokkan pada setiap jenis-jenis sampahnya saja. hal ini bertujuan supaya sampah lebih mudah diolah atau didaur ulang lagi serta tidak bercampur dengan sampah B3 yang mengandung racun. Berikut ini adalah manfaat dari membuang sampah pada tempatnya.

1. Menjaga kebersihan
Seperti yang sudah dikemukakan pada awal bahwa membuang sampah tidak hanya membuang saja melainkan juga harus diikuti pada tempatnya. Mengapa demikian? Karena jika membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya pasti akan mengotori lingkungan sekitar. Kebersihan akan terganggu dan parahnya lagi dapat memunculkan bibit-bibit penyakit baru bagi anda dan keluarga. Sebaiknya setiap titik tertentu di rumah anda beri tempat sampah yang sudah dikelompokkan pada jenis-jenis sampahnya masing-masing.

2. Mencegah banjir
Manfaat yang kedua adalah untuk mencegah banjir. Di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan cukup tinggi akan sangat rawan terkena banjir apalagi jika tidak ada tindakan preventif untuk mencegahnya. Membuang sampah sembarangan juga mampu mengakibatkan banjir karena saluran-saluran air menjadi mampet dan air akan meluber ke daerah sekitar.

Baca juga:  Ini Rekomendasi Film Tentang Motivasi Hidup

Tentunya anda tidak mau lingkungan anda banjir bukan? Apalagi dari banjir ini kerap kali muncuk masalah lainnnya seperti bibit penyakit, kriminalitas, rawan tenggelam dan lainnya. jadi jangan sekali-kali anda membuang sampah tidak pada tempatnya ya apalagi membuang sampah di sungai, laut, maupun saluran air karena sangat berbahaya. Idealnya setiap rumah memiliki lahan untuk membuang sampah dan pengolahan sampah sehingga tidak dibuang di sungai.

3. Mencegah bau tidak sedap
Sampah juga dapat mengeluarkan bau tidak sedap terutama jika sampah organic dalam jumlah banyak. Bayangkan jika di rumah anda terdapat begitu banyak sampah dan tidak dibuang-buang pastinya akan memiliki bau tidak sedap bukan?untuk membantu mengurangi bau tidak sedap maka anda harus membuang sampah pada tempatnya supaya bisa dibuang dengan mudah sesuai dengan jenis sampahnya.

4. Memudahkan daur ulang sampah
Sampah tidak hanya dibuang saja ya namun juga dapat digunakan menjadi berbagai barang berharga lainnya dengan proses daur ulang. Dengan membuang sampah pada tempatnya dan menurut jenisnya masing-masing maka akan semakin mudah untuk memilih jenis sampah yang akan di daur ulang. Setiap jenis sampah dapat dibuat menjadi berbagai produk turunan lainnya.

Jadi sampah tidak hanya sebagai limbah namun juga dapat dijadikan sebagai alternatif peningkat ekonomi karena mendatangkan keuntungan. Apalagi jenis sampah B3 yang beracun ini tidak boleh dicampur dengan jenis sampah lainnya ya supaya tidak membahayakan. Jadi sudah tidak ragu bukan untuk membuang sampah pada tempatnya.

5. Untuk menjadi teladan bagi orang lain
Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa membuang sampah pada tempatnya adalah perilaku yang sangat terpuji? Maka dengan membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya secara tidak langsung akan membuat anda menjadi sosok yang mampu diteladani oleh orang lain untuk melakukannya juga. Jadi, supaya orang lain juga sadar akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan cara sederhana yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga:  Strategi Wisata Banyuwangi yang Aman Covid-19

Itulah manfaat dari membuang sampahh sembarangan. Tidak ada yang rugi jika kita semua membuang sampah pada tempatnya. Seperti ajaran agama yang mengatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman semakin menegaskan bahwa ibadah kita akan dierima oleh Tuhan YME jika kita senantiasa menjaga kebersihan.

Daur ulang sampah

Selain membuang sampah pada tempatnya jika anda memiliki banyak sampah dan sayangnya anda tidak memiliki cukup lahan untuk membakar sampahnya atau saat petugas kebersihan juga tidak kunjung datang mengambil sampah anda. Maka salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mendaur ulang sampah.

1. Daun ulang sampah organic
Sampah organic yang berasal dari bahan sisa sayuran rumah tangga dapat digunakan sebagai pupuk kompos misalnya saja yang terbuat dari tangkai sayur yang terbuang, ampas kelapa, kulit buah dan lainnya. selain itu sisa sampah organic hewani seperti kotoran kambing, sapi atau ayam dapat digunakan menjadi pupuk kandang.

Menggunakan pupuk alami yang dibuat dari sisa sampah ternyata lebih baik dibandingkan jika menggunakan pestisida yang cukup berbahaya jika dikonsumsi. Saat ini juga sudah banyak orang yang beralih menggunakan pupuk kandang atau kompos ini.

2. Daur ulang sampah anorganik
Sampah anorganik seperti sampah plastik, kaca, besi dan lainnya juga bisa dibuat daur ulang menjadi barang-barang yang bernilai jual tinggi. misalnya saja limbah kaca dapat dijadikan kerajinan yang berkelas seni tinggi dan menjadi sumber penghasilan.

3. Daur ulang sampah B3
Untuk mendaur ulang sampah jenis ini sebaiknya dilakukan oleh para professional saja yak arena memerlukan tindakan khusus yang menjunjung tinggi keselamatan.

Demikian informasi yag dilansir dari manfaat.co.id, mengenai manfaat membuang sampah pada tempatnya. Semoga bisa membantu anda semuanya. Terima kasih dan semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here