Anda Suka Produk Dalam Negeri? Ini Manfaatnya!

Produk dalam negeri (dok/ianikhalid.com)

Banyak sekali ajakan dari pihak pemerintahan Indonesia untuk membeli dan menggunakan produk buatan dalam negeri. Mulai dari promosi-promosi mengenai berbagai jenis dan merk barang-barang yang dibuat di negeri ini. Pemerintah dalam negri mulai mengembangkan banyak produk-produk serba guna yang memiliki banyak manfaat. Sebenarnya Indonesia memiliki banyak manfaat sumber daya alam yang dapat dikembangkan dan diolah.

Tidak hanya itu sumber daya alam dan produk-produk dari Indonesia juga banyak di ekspor ke luar negeri. Tidak sedikit produk-produk negri Indonesia yang dipakai dan dijual pada pasar internasional. Dunia internasional juga mengakui kualitas produk-produk buatan Indonesia. Tetapi kita sebagai warga negara malah tidak mau menggunakan produk buatan negara sendiri.

Produk Indonesia Banyak Digunakan di Dunia

Tahukah anda, beberapa bahan baku dari brand ternama didunia didatangkan dari negri Indonesia ini. Kenapa mereka menggunakan bahan dari Indonesia? Itu artinya bahan dari Indonesia memiliki kualitas yang tinggi dan bagus. Hanya saja kekurangan kita adalah teknologi yang ada di negara kita belum secanggih teknologi yang digunakan oleh negara lain, dalam mengolah produk-produk mereka. Oleh sebab itu kita sebagai masyarakat Indonesia, seharusnya memiliki rasa cinta akan produk buatan dalam negri. Tidak hanya menggunakan produk buatan dalam negri saja, tetapi kita sebagai warga negara yang baik kita juga harus mengembangkan produk-produk yang inovatif dan terbaru dari sumber daya alam negri kita.

Berikut ini adalah manfaat dari menggunakan produk buatan dalam negeri yang perlu diketahui :

  • Menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, akan memperlihatkan rasa cinta dan syukur terhadap negara Indonesia.
  • Menjaga nama baik bangsa. Menggunakan produk buatan dalam negeri dapat terus melindungi nama baik bangsa Indonesia di mata dunia Internasional.
  • Menunjukkan rasa cinta terhadap produk Indonesia. Dengan memakai produk buatan negeri sendiri, bisa membuktikan bahwa kita sebagai warga negara yang baik sangat mencintai dan menyukai produk-produk buatan dalam negeri.
  • Meningkatkan pendapatan negara. Penjualan ke luar negeri atau ekspor produk buatan Indonesia, akan meningkatkan pendapatan dari negara kita. Pembayaran yang kita dapatkan dalam bentuk dolar, secara otomatis akan ditukarkan ke mata uang negara, yang menjadi cadangan manfaat devisa negara Indonesia.
  • Memperbanyak lapangan pekerjaan. Dengan meningkatnya penggunaan produk buatan dalam negeri, juga akan memperluas lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia.
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penggunaan produk-produk dalam negeri, bisa memberikan kesejahteraan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang sehingga masyarakat bisa mempunyai penghasilan yang layak.
  • Meningkatkan kualitas produksi. Produsen akan berpikir untuk meningkatkan kualitas produksi dari produk mereka, agar memiliki daya jual yang jauh lebih tinggi lagi.
  • Mengurangi tingkat kemiskinan dan kriminalitas. Saat banyaknya lapangan pekerjaan oleh meningkatnya daya jual produk, juga akan mempengaruhi kemiskinan dan kriminalitas. Banyaknya masyarakat miskin dan kriminal didorang oleh sedikitnya lapangan pekerjaan
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
  • Memperbanyak jumlah investasi negara
  • Bertambah besarnya skala usaha dalam negeri
  • Memperbaiki sumber daya manusia negara Indonesia.
  • Manfaat sumber daya alam bagi kehidupan akan sangat maksimal.
  • Memperluas pasar produk Indonesia.
  • Dapat mempererat hubungan Internasional
Baca juga:  Warnai Aplikasi Ponsel Bermanfaat di 2020

Pada intinya tidak semua produk buatan Indonesia yang buruk, masih banyak lagi produk-produk Indonesia yang memiliki kualitas bagus dan setara dengan produk luar negri. Hanya saja kita sebagai masyarakat yang masih belum mau untuk mengembangkan produk negri sendiri. Kesadaran masyarakat Indonesia masih sangat kurang untuk menggunakan produk-produk buatan negri sendiri. Masyarakat Indonesia masih memiliki daya beli yang tinggi pada produk-produk buatan luar negri. Anggapan masyarakat bahwa produk luar negri lebih bagus dan lebih bergengsi untuk digunakan. Berbagai model dan merk barang-barang atau produk luar negri memang jauh lebih banyak dari produk dalam negri. Akan tetapi hal tersebut saat ini tidak sepenuhnya benar. Sekarang produk dalam negri sudah banyak memiliki model yang bagus serta kualitas-kualitas yang setara dengan barang buatan luar negri.

Kita sebagai warga negara Indonesia, sebenarnya lebih baik menggunakan produk buatan dalam negeri. Dibandingkan menggunakan produk yang didatangkan negara lain. Karena dengan membeli dan menggunakan produk dari luar negeri hanya akan memberikan keuntungan bagi negara produsen tersebut dan memberikan kerugian bagi negara kita.

Dengan demikian hanya akan memperlemah dan memperburuk keadaan pasar produsen dalam negeri. Sebaiknya kita seluruh warga negara mulai mencintai semua produk yang asli berasal dari Indonesia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Masih banyak lagi manfaat-manfaat yang bisa kita rasakan. Jadi, mulai sekarang gunakanlah produk buatan dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here