Makanan Sehat Selama Ibadah Puasa

Ilustrasi masakan sehat (dok/genpi.co)

Membahas akan Puasa bisa jadi waktu yang tepat untuk memulai gaya hidup sehat dan juga menurunkan berat badan. Karena, pada saat Ramadan ini, Anda bisa mengatur asupan makanan yang bisa konsumsi tiap harinya. Biar bulan puasa Anda penuh berkah dan manfaat, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan kaya gizi serta nutrisi itu penting.

Biar Anda tidak bingung, kita simak tips makan sehat selama menjalani ibadah puasa :

1) Sahur

Jangan pernah lewatkan saat makan sahur. Makanlah secukupnya, jangan berlebihan agar Anda punya cukup energi untuk berpuasa seharian. Jangan lupa konsumsi serat dengan makan sayur dan buahan.Jika Anda ingin kenyang lebih lama namun berat badan tetap terjaga, coba deh ganti beras putih dengan beras merah.

Jangan lupa, tambahkan sepiring buah dalam menu sahurmu. Nutrisi buah biasanya akan mudah dicerna tubuh, untuk memenuhi kebutuhan aneka vitamin yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Idealnya,
konsumsi buah usai makan. Ini akan melancarkan pencernaan dan membuatmu lebih kenyang hingga saat buka puasa tiba.

2) Istirahat Siang

Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang. Tubuhmu lebih mudah merasa lemas dan tidur siang akan menambah energi. Jika tidak bisa, minimalisir aktivitas di bawah sinar matahari karena bisa membuatmu dehidrasi.

3) Asupan Makanan

Saat puasa, kurangilah konsumsi makanan yang digoreng dan juga mengandung gula berlebihan. Selain susah dicerna juga akan menumpuk lemak dan akhirnya jadi penyakit. Ayam panggang, tahu kukus dan tumis sayuran lebih baik.

4) Buka Puasa

Saat buka puasa, jangan langsung makan dalam porsi besar. Berbukalah dengan air putih dan kurma, setelah sholat maghrib baru makan besar. Pilih makanan yang mudah dicerna seperti sayuran dan juga ikan. Jika beberapa jam kemudian Anda masih merasa lapar, makan lagi bukan jadi masalah. Jika malas makan lagi, Anda bisa menggantinya dengan minuman jus yang kaya vitamin.

Baca juga:  10 Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah

Dengan menjalani pola makan sehat, berarti Anda sudah berinvestasi untuk menjaga kesehatan tubuhmu dalam jangka panjang. Semoga, puasa Anda berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here