Lalapan Alami Berkhasiat Tinggi

Daun dewa (dok/intisari.grid.id)

Daun dewa merupakan tumbuhan tegak dengan tinggi hingga mencapai 0,5 meter. Batang dan daunnya berwarna hijau, sementara buahnya kecil dan berwarna cokelat. Akarnya mem bentuk umbi yang berwarna keabu-abuan dengan panjang 3—6 cm. Seluruh bagian tana man digunakan untuk obat. Cara budidayanya dilakukan dengan stek batang atau memisahkan umbi kecil yang tumbuh di sekitar umbi utama. Umbi ini biasanya sudah berakar dan bertunas. Kandungan kimia yang terdapat dalam daun dewa di antaranya alkaloid, saponin, Flavonoida, minyak asiri, dan tanin. Senyawa saponin dan alkaloid berkhasiat sebagai Anti neoplastik, sementara itu flavonoid berkhasiat sebagai antioksidan.

Daun dan umbi daun dewa bermanfaat untuk mencairkan darah membeku pada luka sekaligus menghentikan perdarahan, membersihkan racun, antikanker, dan mengatasi peradangan pada jaringan tubuh, seperti radang pankreas pada penderita diabetes mellitus. Khasiat dan kandungan bahan aktif yang lebih tinggi terdapat pada umbinya.

1) Sebagai Obat Hipertensi

Salah satu manfaat daun dewa yaitu mengobati hipertensi. Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) 2013 menyebutkan bahwa etanol dalam daun dewa dipercaya dapat menurunkan tekan darah tinggi atau hipertensi.

2) Obat Diabetes

Jurnal Frontiers of Pharmaclogy menyebutkan bahwa manfaat daun dewa berasal dari kandungan penyembuhan yang serba ada yaitu mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antikanker, antihiperglikemik, antibakteri, antioksidan serta anti peradangan. Daun dewa dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit seperti diabetes, demam, hipertensi maupun sembelit. Selain itu daun dewa juga dipercaya dapat mengobati penyakit ginjal dan reumatik.

3) Obat Stroke

Manfaat daun dewa selanjutnya yaitu antihipertensi dan kardiprotektif yang dipercaya dapat sebagai pelindung jantung. Karena hal ini, daun dewa dipercaya dapat menjadi obat alternative untuk mengobati penyakit jantung dan juga stroke. Apabila seseorang terkena stroke, maka segeralah bawa orang tersebut untuk segera mendapatkan penanganan medis.

4) Herbal Antikanker

Dilansir dari deherba.com, daun dewa dapat membantu pengobatan kanker, karena berkaitan erat dengan senyawa aktif seperti flavoid, sekuiter, lakton, dan monoterpene yang diketahui sangat berperan penting dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

5) Untuk Luka Memar

Daun dewa memiliki senyawa aktif yaitu flavoid. Senyawa ini terbukti dapat mencegah penggumpalan atau pembekuan darah, sehingga apabila seseorang mengalami luka memar, senyawa flavoid dapat membantu meleburkan gumpalan darah yang terbentuk untuk mengurangi pembengkakan.

Cara pemakaian Daun dewa.

– Cara kering.
Daun Dewa dikeringkan dengan sinar matahari atau Oven.
Ambil 5 Gram Daun dewa kering dan seduh dengan air hangat, biarkan beberapa saat lalu saring dan minum sekaligus. Dapat ditambahkan madu.

– Cara Basah.
Daun Dewa 7 Lembar.
Seledri 2 Batang
Air 50 Ml
Bahan dicuci bersih lalu dilembutkan dengan cara di blender, lalu saring dan minum sekaligus. Lakukan 2- 3 x sehari.

– Makan secara langsung.
Daun Dewa secukupnya
Dicuci bersih lalu direndam atau siram denagn air hangat beberapa saat, lalu tiriskan dan siap dimakan sebagai lalapan.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here