Lestarikan Budaya, Band Metal Asal Kota Kediri Usung Lirik Budaya Jawa

Konsisten usung budaya dalam melestarikan budaya tradisional Jawa, Immortal rites band bergenre black metal, asli Kota Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Siapa sangka dengan penampilan musisi metal dengan segala asesorisnya, Immortal rites band bergenre black metal, asli Kota Kediri, Jawa Timur, mengusung unsur lirik dari sumber budaya jawa yang bertujuan melestarikan budaya tradisional jawa.

Doni Wicaksonojati, vocal dan bass Immortal rites band saat di bascame, Jalan Letjend sutoyo No.108b, Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, mengatakan, berdirinya band Immortal rites sejak tahun 1997 dengan nama awal demon church, yang kala itu Arifin pada vocal. Baru berselang satu tahun, tepatnya tahun 1998 band yang dengan formasi Arifin, Andik, Dwi, dan Aar memutuskan untuk merubah Demon Church menjadi Immortal Rites, yang diambil dari sebuah judul lagu milik morbid angel immortal rites.

” Seperti band kebanyakan, Immortal rites sempat berganti ganti personil, hingga saat ini diisi pada vocal serta bass Doni Wicaksonojati, Dwi pada Guitar serta Vocal, Winoto pada Lead Guitar dan Kutes pada Drumer” kata Doni aat ditemui tim jybmedia.com, Jumat (22/5).

Menurutnya, musik black metal sendiri berasal dari negara skandinavia yang merupakan salah satu negara di Eropa. Kemudian, para personel mengembangkan dengan mengusung lirik yang bertemakan kebudayaan jawa dalam setiap pementasanya. Tujuanya, untuk melestarikan cerita sejarah dan mitos tanah jawa pada kepada masyarakat dan khususnya di komunitas musik metal.

” Ada beberapa lagu milik kami yang menurut para pecinta musik black metal sempat tidak percaya bahwa dengan lirik bahasa sansekerta bisa dibawakan kedalam musik metal, yakni di album pertama berjudul api dari timur dan purnama, lalu single kami, my new word untuk cukup banyak diketahui dan digemari teman teman di musik metal.Lalu, bhatara api dan serpihan api yang sengaja baru saja kita luncurkan pada tanggal 20 Februari 2020″ urainya.

Baca juga:  Menag Ijinkan Madrasah Gelar Pembelajaran Tatap Muka dengan Syarat

Doni juga menceritakan, lagu bhatara api sendiri mempunyai keunikan secara lirik dengan mengunakan bahasa sansekerta yang mengangkat cerita dari prasasti sangburan yang ada di daerah Malang. Sedangkan, dalam lagu serpihan api kita sengaja membuat sebuah lagu dengan mengunakan dua bahasa yakni bahasa sansekerta dan bahasa indonesia yang mengkisahkan tentang bendera Nusantara.

” Didalamnya, mengisahkan merah dan putih yang terekam jejak pengibaranya dalam prasasti empu dadu yang erat kaitanya dengan Kediri yang membuat hits lagu ini “ucapnya

Pria yang gemar melakukan ekspedisi sejarah klasik Jawa, juga mengutarakan, tidak hanya lagu, pihaknya juga sudah membuat film dokumenter yang menceritakan perjalanan Immortal rites, baik dari segi peluncuran album, single, demo album, perjalan konser, serta perjalanan atau pengalaman pribadinya ketika mengunjungi tempat tempat bersejarah selama 20 tahun.

” Tepatnya film ini dibuat pada tahun 2016 sampai 2018 hingga di publikasikan pada tahun 2019 dalam kemasan format DVD yang berisi enam film dokumenter diantaranya 1. immortal rites bertajuk eastern mythological, 2. kediri Kingdom death metal, 3. Ujung berung rebel 4. Evil devotion, 5 dan 6 Jakarta indies” urai Doni.

Selanjutnya, dalam melakukan promo film tersebut dengan melakukan serangkaian kunjungan konser diberbagai kota dengan tema tengkorak bertaring melibas jawadwipa. Targetnya, 21 daerah di pulau Jawa yang menandakan umur Immortal rites berkancah di dunia musik.

” Namun, karena beberapa hal hanya bisa tercapai 20 daerah yang berhasil kita singgahi baik dari Provinsi Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, dan tanggerang” pungkasnya.(abi/bud)

Sekedar diketahui, berikut tim redaksi merangkum perjalanan karier dan album Immortal rites yang telah diluncurkan dari sumber Kediri Metal Association

Baca juga:  Kementerian Kesehatan RI Kunjungi Kota Kediri, Ada Apa?

IMMORTAL RITES BIOGRAPHY:
BHATARA API (CD Full album 2020) BLACKWINDS-Malaysia
BHATARA API (Cassete album 2020) MYSTIC DIVISION99-Kediri
INDONESIAN EXTREME SCENE (DVD Split 2019) IES Jakarta
BHATARA API (CD Single 2018) Realese IR Official
MEDANG IN MATARAM LAND (Vidio Klip 2016) IR Official
KUASA GELAP (CD Split 2016) Realese MUSIKBOX-Malaysia
BHRA GARUDHAKRODHA DAHANAPURA (EP,CD 2016) Realese SATANARSA RECORD-Rusia
BHRA GARUDHAKRODHA DAHANAPURA (EP,Cassete 2016) Realese SADISM PROD-Gresik
ASMARADAHANA (Demo 2014) CD Realease IR Official
ONE EASTERN FIRE (single/Demo promo 2013) CD Realease MD99-Kediri
PUSARAN ENERGI SURGA (single)METAL CANIBALISM – Cd 2011 Release Death production-Batang GARUDHOJATI (single) 2011 release MYSTIC DIVISION99-Kediri
BENDERA PALANG HITAM(single 2011) release MYSTIC DIVISION99-Kediri
API DARI TIMUR (Full album 2006) Cd release : LUDAH PRODUCTION-Gresik
ADDD-IR CHAOSADISTIC LIVE (vcd 2005) release : MYSTIC DIVISION99-Kediri
ADDD-IR (demo 2004) release : MYSTIC DIVISION99-Kediri
MY NEW WORLD (single 2004) release : KEDIRI METAL ASS-Kediri
PURNAMA (single 2001) release : BLACK HEART-Surabaya

PARTISIPATION :

EASTERN ELITE COMMANDER – CD EEC Jawa Timur
INDONESIAN BLACK METAL – CD Idbm Lombok
TOTAL INVASION – CD Divisi Pemberontak Prod-Karawang
SPIRIT OF POSSESSION – CD Deatwish Record-Tulungagung
PERISAI TIMUR – CD Edelwise Production-Jakarta
ORKES KHEJAM – CDr Kayangan Distro-Malaysia
EASTERN COMANDER – Cd release: Ludah Production-Gresik
DEEPER UNDERGROUND- cassete release: Sonnengoth Music-Surabaya
INFINITY IN DARKNESS – cassete release: Sinus Production-Jakarta
CASTLE IN DARKNESS – cassete release: Screams Of Agony-Lamongan
STORY FROM THE DARKSIDE – cassete release: NoLabel Record-Surabaya
DARK KINGDOOM – cassete release: radiasi Extreme-Surabaya
PURWOREDJO GOGROG – Vcd release: Total Bleeding Production-Purworedjo
BLESSED IN DARKNESS – cassete release: Blasting record-Jombang
KEDIRI METAL REVOLUTION LIVE Live – Vcd release: KMA-Kediri
METALLEGION – Vcd release: Raven Winter-Surabaya
EXTREMETAL ATTACK – Vcd release: Ludah Production-Gresik
HITAM PUTIHKAN INDONESIA – cd release : Pantura metal kingdom-Batang
INDONESIAN UNDERGROUND – cd release : Air Tuhan Prod-Jakarta
KEDIRI METAL AGRESSION – cd release : KMA-Kediri

Baca juga:  Kunci Sukses Masyarakat Aceh Hadapi Pandemi Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here