Menu Minuman Sehat Lebaran # dirumahaja

Ilustrasi minuman sehat (dok/kumparan.com)

Meski Lebaran tahun ini berbeda ditengah pandemi Covid-19, kita pasti sudah mulai siap-siap untuk menu makanan ataupun minuman untuk keluarga. Mungkin, ada yang mulai lihat resep kue Lebaran hingga resep lauk enak seperti opor ayam hingga sayur lainya.

Supaya lebih seru, enggak ada salahnya untuk memikirkan juga menu minuman sehat untuk Anda dan keluarga. Ingat, menu makanan Lebaran identik dengan santan dan gula. Jadi, kita harus hati-hati dengan kesehatan kita.

Oleh karena itu, berikut beberapa rekomendasi minuman sehat untuk Anda yang Lebaran #dirumahaja. Kelimanya punya manfaat baik; mulai dari mencegah diabetes, kolesterol, hingga radang tenggorokan. Ini ulasanya :

1. Infused water

Sederhana banget, air, lemon, timun, dan daun mint. Tambahkan es batu biar lebih segar. Minuman ini layak masuk dalam starter kit dalam menu Lebaran Anda

Soalnya, menurut jurnal yang diterbitkan American Heart Association, kandungan potasium pada mentimun dapat menurunkan kadar sodium penyebab meningkatnya tekanan darah. Kandungan antioksidannya juga bisa menurunkan kadar kolesterol penyebab penyakit degeneratif. Cocok untuk Anda setelah makan banyak makanan berminyak.

2. Teh serai

Jurnal Food and Chemical Toxicology tahun 2011 menemukan, teh serai mengandung anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, minuman sehat ini juga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga meminimalisir risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Jus apel

Ini buat yang hobi makan makanan manis di Hari Raya. Jus apel jadi salah satu minuman yang banyak direkomendasikan nutrisionis untuk para penderita diabetes. Serat larut dalam buah apel juga bisa membantu memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan tingkat kolesterol.

Selain dapat menurunkan risiko diabetes, sebuah studi yang dipublikasikan di Atherosclerosis menyebutkan bahwa apel juga berpeluang menurunkan risiko penyakit stroke.

4. Yoghurt

Jaga ususmu setelah melahap aneka makanan yang tidak menentu. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods tahun 2013 mengungkapkan, mengonsumsi yoghurt yang mengandung Lactobacillus fermentum atau Lactobacillus amylovorus selama enam minggu, ampuh mengurangi jumlah lemak di tubuh sebesar tiga sampai empat persen.

Probiotik dalam yoghurt juga sangat baik untuk pencernaan kita. Enggak heran, makanan yang satu ini jadi teman baik para pelaku diet sehat. Rutinlah minum yoghurt tanpa gula saat Anda sedang banyak makan makanan berlemak.

5. Jus tomat

Satu lagi minuman untuk mereka yang diabetes. Begini, penderita diabetes rentan terhadap penggumpalan darah, yang bisa memicu masalah kardiovaskular.

Nah, mengonsumsi segelas kecil jus tomat setiap hari telah terbukti mengurangi risiko penyakit tersebut. Namun, pastikan jus tomat yang Anda minum bebas gula dan pemanis tambahan.

Demikian, beberapa rekomendasi untuk Lebaran #dirumahaja. Selamat menyantap menu makan enak di Hari Raya? Jangan lupa banyak minum air putih. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

(kmp/adm/red)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here