Ragam Menu Sehat di Hari Lebaran

Ilustrasi menu makanan sehat (dok/rsmelinda2.com)

Sebulan penuh menjalankan puasa umat Muslim dengan penuh sukacita menyambut datangnya Lebaran, hari kemenangan. Dimana, pemerintah sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, jatuh pada 24 Mei 2020. Keluarga biasanya berkumpul bersama untuk merayakan Lebaran. Meski, Lebaran ditengah pandemi Covid-19, hingga harus menerapkan imbauan pemerintah dirumah aja, makanan tentunya menjadi sesuatu yang wajib ada pada saat perayaan. Makanan yang biasanya dihidangkan pada saat Lebaran adalah makanan yang tinggi lemak, gula dan kolesterol. Pada umumnya makanan apa saja yang dihidangkan akan disantap, apalagi setelah satu bulan menahan diri. Padahal, Anda seharusnya lebih selektif dalam menyantap makanan yang dihidangkan karena makanan-makanan tinggi lemak, gula dan kolesterol tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Namun ini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh makan apa yang dihidangkan. Anda tetap boleh mencicipi, tapi tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan agar kesehatan tidak terabaikan. Bagaimana caranya untuk makan sehat saat Lebaran?

1. Porsi makan harus dijaga

Tubuh menjalani proses detoksifikasi (pembuangan racun) selama berpuasa. Setelah ibadah puasa selesai Anda jalani, tubuh Anda memerlukan waktu agar bisa beradaptasi kembali dengan makanan yang biasa dikonsumsi (pola makan normal). Jangan sampai Anda makan terlalu banyak. Nasihat sangat bagus yang bisa Anda ikuti adalah makanlah sebelum perut Anda merasa lapar dan berhenti makan sebelum perut merasa kenyang. Menjaga porsi makan adalah salah satu cara agar tetap makan sehat saat merayakan Lebaran.

2. Masukkan sayur dan buah ke dalam menu Lebaran

Selain menghidangkan rendang, ketupat, gulai kambing, opor dan makanan lainnya yang sudah biasa ada saat Lebaran, Anda bisa menambahkan makanan-makanan sehat seperti roti gandum, sayur mayur, potongan buah dan nasi merah sehingga bukan hanya makanan tinggi lemak saja yang bisa dikonsumsi. Sediakan juga pilihan menu yang sehat.

3. Kurangi hidangan makanan manis

Batasi konsumsi makanan manis seperti kue dan cokelat yang biasanya termasuk dalam menu makanan Lebaran. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis tidak baik untuk tubuh.

4. Pilih air putih hindari minuman manis atau soda

Jika terdapat minuman manis, soda dan air putih di atas meja, lebih baik Anda memilih untuk minum air putih karena bagaimanapun juga air putih itu memiliki manfaat baik untuk tubuh. Anda bukannya tidak boleh minum minuman yang manis atau soda, namun minumnya cukup sedikit saja.

5. Perhatikan waktu makan

Jika Anda ingin tetap sehat serta menjaga berat badan agar tidak naik, Anda harus menahan diri agar tidak terus mengambil makanan yang tersedia dan makan setiap satu jam sekali misalnya. Walaupun Anda hanya mencomot sedikit makanan setiap satu jam, hal tersebut akan tetap memiliki dampak terhadap kesehatan dan berat tubuh. Jadi memerhatikan waktu makan merupakan salah satu cara yang bisa Anda terapkan jika ingin tetap sehat saat Lebaran.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi Lebaran. Biasanya tidak sedikit dari orang yang merayakan lebaran, makan makanan dengan pola berlebihan. Dengan begitu, akan meningkatkan resiko penyakit setelah lebaran. Memang berpuasa saat menjelang lebaran cenderung membuat orang ingin makan banyak. Namun, tahukah Anda bahwa ada beragam resiko yang dapat terjadi seperti sakit dalam bagian pencernaan. Untuk itu, sebaiknya saat lebaran Anda mengatur pola makan agar terhindar dari yang namanya sakit pencernaan. Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here