Jelang lebaran, Tradisi Ziarah Makam Masih Lestari

Terlihat, sehari menjelang Lebaran, puluhan warga Kota Kediri, Jawa Timur, masih terlihat melaksanakan ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Lirboyo.

KEDIRI – JYBMedia: Satu hari sebelum merayakan idhul fitri, puluhan warga Kota Kediri, Jawa Timur, masih terlihat melaksanakan ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Lirboyo, Sabtu (23/05/2020)

Saat ditemu tim jybmedia.com, Jumain, salah satu penjaga makam, menjelaskan, seminggu terakhir Ramadan lokasi TPU mengalami kenaikan pengunjung, meski tidak seramai tahun 2019, atau sebelum wabah corona terjadi.

” Sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19, kami memasang spanduk berisi imbauan dan menyediakan sabun tangan bila ada warga mau membasuh tangan sesudah atau sebelum ziarah kubur,” ujarnya.

Dilokasi yang sama, Yanuar Eka Prasetya, salah satu peziarah, warga Kelurahan Campurejo, RT06 RW01, menguraikan, baginya melakukan ziarah adalah bentuk melestarikan tradisi budaya nusantara yang sudah ada. Selain itu, mendoakan leluhur yang sudah tidak ada.

” Meskipun ada bahaya corona mengancam tetap melakukan kewaspadaan, dengan menggunakan masker dan menjaga jarak antar sesama peziarah yang hadir” katanya.

Yanuar juga mengaku, saat berziarah perasaan seolah terbawa dan mengenang almarhum sewaktu masih hidup seketika terbayang sesaat. Apabila menjelang lebaran, biasanya kumpul bersama keluarga.

” Jadi teringat tradisi sungkem bersama almarhum kakek dan nenek yang telah meninggal dan disemayamkan disini” pungkasnya.(abi/bud)

Baca juga:  Melihat Desa Terunik di Nusantara
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here