Jus Sehat saat Lebaran # dirumah aja

Ilustrasi Jus Stroberi (dok/merahputih.com)

Dalam sebuah penelitian, buah stroberi menduduki peringkat tertinggi kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan oleh bahan-bahan pemicu kanker. Antioksidan bekerja dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah pada pembentukan sel-sel kanker. Selain itu, antioksidan di dalam stroberi mampu memberikan perlindungan pada hati dan menjadi zat antiinflamasi.

Dalam suatu percobaan terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara. Beberapa studi juga menunjukkan, asam ellagik yang ada dalam stroberi bisa menghambat kanker paru-paru, kerongkongan, payudara, kulit, serta kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan-bahan kimia.

Dalam percobaan dengan sel kanker payudara, asam ellagik bisa menghambat pertumbuhannya sampai 45 persen. Sedangkan kuersetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara. Senyawa-senyawa fitokimia dari buah stroberi yakni asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin diketahui dapat mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab orang kena serangan jantung atau stroke.

Perlu diketahui dari 160 gram buah stroberi mengandung: energi 50 kalori, protein 1 gram, karbohidrat 11,65 gram, serat 3,81 gram, kalsium 23,24 mg, magnesium 16,60 mg, fosfor 31,54 mg, potasium 44,82 mg, selenium 1,16 mg, vitamin C 94,12 mg, Folat 29,38 mg, Vitamin A 44,82 IU.

Selain campuran just stroberry, bisa ditambah yogurt yang menjadi sumber magnesium dan probiotik. Probiotik dapat membantu sel mempertahankan penghalang antimikroba. Campuran just stroberry dan kiwi ini mengandung vitamin A,C dan B-6. Selain itu campuran jus ini mengandung zinc dan folat.

Secara rutin mengkonsumsi Jus Strawberry akan memperoleh manfaat antara lain :

  • Mencegah kanker
  • Mengobati jerawat dan menghaluskan kulit
  • Menjaga kesehatan mata
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
Baca juga:  Kenali ' Viagra Jawa ' Tanaman Purwaceng
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here