Ramuan Daun Salam, Obati Ragam Penyakit

Ilustrasi ramuan Daun Salam (dok/bidanku.com)

Daun salam merupakan tanaman rempah yang mudah cara penanamannya. tanaman yang berukuran sedang dan bisa mencapai tinggi 30 meter. Tanaman liar ini bisa tumbuh di mana saja. Berikut ini deskripsi tanaman daun salam.
Akar, Jenis akar merupakan akar tunggang yang berbentuk seperti tombak meruncing ke ujung.
Batang, Batang tanaman daun salam ini tingginya bisa berkisar antara 5 – 30 meter. Bentuknya bercabang dan arah tumbuhnya tegak lurus ke atas. Batangnya berkayu, keras, dan kuat. Kulit batang berwarna coklat abu-abu dan bersisik.
Daun, Bentuk daunnya simpel dengan tulang daun menyirip. Tepi daun rata dan memiliki aroma wangi. Jika sudah dikeringkan, daun salam dimanfaatkan untuk penyedap masakan.

Manfaat daun salam dapat Anda ketahui dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Selain untuk penambah aroma pada makanan, daun salam juga dimnafaatkan untuk kesehatan dan pengo batan. Kandungan kimia yang dijumpai pada daun salam di antaranya sebagai berikut.
Antioksidan, Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit.
Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien, Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, serta mencegah penyakit kanker.

Flavonoid, Senyawa lain berupa flavonoid pada daun salam berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.
Asam laurat, Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.

Manfaat Daun salam untuk kesehatan

Daun salam telah dipercaya sejak dulu untuk pengharum masakan. Selain manfaat utama tersebut, manfaat daun salam yang lainnya juga untuk pengobatan dengan menggunakan resep tertentu.

Mengurangi rasa sakit, Mengobati rematik, membantu mengobati diabetes,batuk, ginjal. Daun salam juga bagus untuk membantu mengatasi masalah haid yang semula tidak teratur menjadi teratur kembali. Selain itu, daun salam juga dapat membantu mengatasi keputihan pada wanita.
Ramuan daun salam dapat dipergunakan secara tunggal ataupun dengan tambahan bahan lain. berikut beberapa contoh ramuan yang secara empiris dipergunakan untuk bermacam gangguan sakit pada manusia.

Baca juga:  Pengertian dan Petunjuk Pembuatan Ramuan

Ramuan 1. Untuk Kolestrol, darah tinggi, menjaga jantung, diabetes pegal pegal,

Bahan
Daun Salam 10 lembar
Bahan dicuci bersih lalu direbus dengan air 3 gelas ( 500 ml) sampai mendidih dan sisakan separohnya. Setelah dingin disaring dan minum untuk 2-3 kali. Lakukan rutin setiap hari sekurangnya 14 hari.

Ramuan 2

Bahan
Daun Salam 10 lembar
Daun sambiloto 5 lembar
Kunyit 2 Ruas
Bahan dicuci bersih, kunyit di keprek, lalu direbus dengan air 3 gelas ( 500 ml) sampai mendidih dan sisakan separohnya. Setelah dingin disaring dan minum untuk 2-3 kali. Lakukan rutin setiap hari sekurangnya 14 hari.

Ramuan 3

Bahan
Daun salam 6 lembar
Serbuk kayu manis 1 sendok teh
Air ½ liter
Rebus terlebih dahulu air 500 ml sampai mendidih, setelah itu masukkan serbuk kayu manis dan daun salam, tunggu beberapa saat, lalu angklat. Setelah dingin disaring dan minum secukupnya. 2-3 X sehari.
Ramuan 4 melancarkan Haid dan mencegah keputihan, Kista, Myoma

Bahan
Daun salam 6 lembar
Serbuk kayu manis 1 sendok teh
Daun Dewa 5 Lembar
Daun Sirih 3 Lembar
Air ½ liter

Rebus terlebih dahulu air 500 ml sampai mendidih, setelah itu masukkan serbuk kayu manis dan bahan lainnya, tunggu beberapa saat, lalu angklat. Setelah dingin disaring dan minum secukupnya. 2-3 X sehari. Diminum sebelum masa haid tiba, 7 atau 5 hari sebelum haid.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here