Menakjubkan, Ramuan Daun Pagagan

Ilustrasi daun Pegagan (dok/farmasetika.com)

Pegagan merupakan salah satu jenis tanaman merayap dan tidak berbatang. Tingginya 10—15 cm. Daunnya yang berwarna hijau merupakan helaian yang berbentuk kipas dengan diameter 1—7 cm. Bunganya berbentuk bundar lonjong dengan ukuran sangat kecil. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Cara Mengem bangbiakannya menggunakan stolon dan akar tunggang (bonggol). Stolon yang berakar dipotong-potong sepanjang 2,5 cm dan langsung ditancapkan ke tanah. Dalam tempo 14 hari, tanaman baru sudah mulai tumbuh. Pegagan terasa manis dan sejuk. Kegunaannya sebagai anti-infeksi, antiracun, penurun panas, dan vellarine . Daunnya sebagai atringensia dan tonikum. Pegagan dikenal untuk revitalisasi tubuh dan otak yang lelah dan untuk kesuburan wanita. Selain itu, juga berguna untuk memperbaiki sirkulasi dengan revitalisasi pembuluh darah dan aneka ragam khasiat lainya, diantaranya :

1. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat

Manfaat daun pegagan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi gangguan suasana hati dan meningkatkan daya ingat sudah dipraktikkan dalam pengobatan tradisonal sejak lama. Tanaman pegagan dipilih sebagai obat pencegah pikun dikarenakan di dalamnya mengandung senyawa asiatic acid. Senyawa yang terdapat pada tanaman daun pegagan untuk meregenerasi saraf rusak yang digunakan dalam proses belajar dan memori.

2. Memperbaiki suasana hati dan mengatasi depresi

Daun pegagan nampaknya memiliki efek mengurangi gangguan kecemasan dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA). Kandungan asam asiatat dalam tanaman ini diperkirakan menjadi pemicu efek pada GABA tersebut.
Khasiat asam asiatat dalam daun pegagan memengaruhi penyerapan GABA oleh otak. Hal ini menjadikan daun pegagan berpotensi menjadi obat herbal untuk mengatasi gangguan kecemasan, insomnia, dan depresi tanpa efek sedatif seberat obat-obatan kimia. Contohnya, zolpidem dan barbiturate.
Meski demikian, manfaat daun pegagan di atas masih membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut.

Baca juga:  Khasiat Rimpang Temulawak Kaya Manfaat

3. Memperbaiki sirkulasi darah

Berdasarkan penelitian, ada sejumlah bukti mengenai manfaat daun pegagan untuk memperbaiki sirkulasi darah bagi penderita chronic venous insufficiency (CVI). Penyakit ini adalah gangguan pada pembuluh vena di kaki, sehingga terjadi mengalami masalah dalam mengalirkan darah kembali ke jantung. Sebuah riset di Malaysia menyimpulkan bahwa kelompok lanjut usia yang diobati dengan daun pegagan menunjukkan perbaikan yang signifikan dari gejala CVI. Contohnya, rasa sakit dan edema yang berkurang dan kaki tidak lagi terasa berat. Efek tersebut diduga berkaitan dengan kandungan senyawa kimia triterpene pada daun pegagan. Senyawa ini menstimulasi produksi cardiac glycoside yang meningkatkan daya pompa jantung dan frekuensi kontraksinya. Beberapa studi lain juga menemukan bahwa daun pegagan membantu stabilisasi plak lemak di dinding pembuluh darah, sehingga mencegah lepasnya plak yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

4. Menyamarkan stretchmark dan menyembuhkan luka

Menurut penelitian ilmiah tahun 2013, daun pegagan bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan penampakan strechmark di kulit. Kandungan terpenoid dalam tanaman ini diduga bisa meningkatkan produksi kolagen oleh tubuh.
Berkat itulah, daun pegagan diyakini mampu mencegah timbul nya stretchmark baru, sekaligus memperbaiki penampilan kulit dengan menyamarkan stretchmark yang sudah ada.
Riset lain juga menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif dalam mempercepat penyembuhan luka, untuk beberapa jenis. Misalnya, luka akibat beda tajam, luka sobek tak beraturan akibat benturan, dan luka yang terinfeksi. Para penggemar skincare mungkin tak asing lagi dengan manfaat daun pegagan untuk luka ini. Pasalnya, cica cream yang mengandung centella asiatica belakangan ini kerap diminati karena manfaatnya dalam menyembuhkan luka, khususnya jerawat.

5. Membantu dalam meredakan sakit persendian

Baca juga:  Lalapan Alami Berkhasiat Tinggi

Khasiat antiradang dari daun pegagan diduga bisa membantu mengatasi artritis. Sebuah studi terhadap tikus di laboratorium menemukan bukti bahwa pemberian tanaman ini bisa mengurangi radang sendi maupun erosi tulang rawan dan tulang. Kandungan antioksidan dalam daun pegagan juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga mengurangi inflamasi.

Cara penggunaan daun Pegagan .
Cara Basah
Daun Pegagan 20 Lembar
Bahan dicuci lalu dilembutkan dengan cara diblender, lalu disaring dan minum sekaligus. Lakukan 2- 3 x sehari

Cara kering
Daun pegagan sebelumnya dikeringkan dengan sinar matahari atau di oven. Ambil 7 lembar dan seduh dengan air hangat ½ setengah gelas selama 15 menit, setelah itu disaring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 X sehari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here