Pemkab Kediri Terima Bantuan Mesin PCR Dari Provinsi Jatim

Direktur RSKK saat menerima bantuan mesin PCR

SURABAYA – JYBMedia: Bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono menyerahkan 10 mesin PCR (Polymerase Chain Reaction) bantuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat. Mesin PCR ini diserahkan kepada 10 kabupaten dan kota di Jawa Timur, Senin (15/6/2020).

Kabupaten Kediri merupakan salah satu penerima bantuan mesin PCR tersebut dan diterima langsung oleh Direktur RSKK (RSUD Kabupaten Kediri), Dr. dr. Ibnu Gunawan, M.M.

Direktur RSKK menjelaskan, bahwa dengan adanya alat ini, penemuan kasus confirm Covid-19 bisa lebih cepat dan lebih masif. Tidak ada lagi pasien yang harus dirawat lama di rumah sakit karena harus menunggu hasil swab yang lama. Tentu saja harapannya akan mempercepat upaya memutus rantai penularan Covid-19.

“Dengan adanya mesin PCR, kini pemeriksaan spesimen dapat dilakukan di Kabupaten Kediri, tidak perlu lagi dikirim ke Surabaya. Sekali running bisa 90 sampel selama 2 jam. Kemudian mixing dan masuk ke alat PCR selama sekitar 1 jam, hasil selesai sekitar 3-3.5 jam,” kata dr. Ibnu.

Menurutnya, dengan mesin ini maka dapat dilakukan pemeriksaan swab mandiri, hingga dapat mempercepat penentuan hasil pemeriksaan swab dan langkah pengobatan selanjutnya.

Sekedar diketahui, 10 daerah yang menerima bantuan tersebut antara lain Kabupaten Kediri, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jember, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Malang. (red/bud)

Baca juga:  Sikapi Pandemi Corona, Pemkab Kediri Gelontor Ribuan Ton Beras Bagi Masyarakat
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here