Gosok Gigi di Malam Hari, Ini Manfaatnya!

Ilustrasi gosok gigi (dok: dream.co.id)

Melakukan aktivitas gosok gigi, mungkin inilah hal sederhana yang selalu kita dengar sejak kecil. Sejak anak-anak kita diajarkan untuk selalu menggosok gigi dengan benar. Namun banyak orang yang tidak bisa melakukan kebiasaan yang baik ini hanya karena malas atau merasa tidak nyaman dengan bahan pasta gigi. Akibatnya maka ada berbagai masalah gigi yang banyak kita temukan pada anak-anak maupun orang dewasa.

Beberapa masalah yang paling sering terlihat adalah sakit gigi karena berlubang, penumpukan plak yang merusak gigi, kerusakan gigi pada anak- anak dan masalah kesehatan gigi lain. Namun ternyata menggosok gigi tidak hanya bermanfaat untuk membuat penampilan dan kebersihan gigi menjadi sehat dan mendukung penampilan. Ada banyak masalah kesehatan dalam badan yang sebenarnya disebabkan karena gigi yang tidak terawat.

Gosok gigi yang selalu disarankan oleh ahli kesehatan gigi ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Anda pasti akan merasa percaya diri dengan penampilan gigi yang bersih, putih dan cemerlang. Namun, tahukah Anda bahwa gosok gigi ternyata tidak hanya berdampak pada penampilan gigi saja?

Dibawah ini adalah berbagai manfaat gosok gigi:

1. Menghemat uang Anda.

Jika Anda bisa melakukan gosok gigi secara rutin, maka secara langsung Anda akan menghemat uang untuk perawatan gigi karena sakit gigi. pemeriksaan gigi rutin perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali. Namun bagi orang yang jarang gosok gigi maka bisa terkena berbagai jenis masalah kesehatan gigi. sementara perawatan gigi biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

2. Membuat Nafas Menjadi Segar

Saat kita berbicara dengan orang lain, maka kita akan semakin percaya diri jika tidak memiliki bau mulut. Salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan gosok gigi secara teratur. Langkah ini juga akan menunjang produkstifitas Anda dalam belajar, bekerja maupun sebagai profesional dalam berbagai bidang. Jadi, gosok gigi akan memberikan pengaruh yang besar untuk keberhasilan dalam karir dan pendidikan.

Baca juga:  Selain Segar, Jeruk Limau Simpan Segudang Manfaat

3. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu jenis masalah gigi yang sangat umum. Saat tertentu mungkin tidak akan terasa sakit, tapi pada waktu lain bisa terasa sangat sakit. Biasanya disertai dengan bengkak atau bau mulut yang tidak sedap. Biasanya masalah lubang gigi disebabkan karena kurang menggosok gigi secara teratur yang menyebabkan sisa makanan menempel pada gigi. Jadi, kebiasaan menggosok gigi akan mengurangi resiko lubang gigi.

4. Mencegah Resiko Penyakit Gusi

Radang gusi atau gingivitis adalah salah satu penyakit yang paling sering ditemukan para orang yang jarang gosok gigi. penyakit ini disebabkan karena plak yang terus terbentuk di bagian gigi dan gusi akan menyebabkan peradangan di sekitar gusi. Biasanya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami pendarahan kecil saat gosok gigi. jadi gosok gigi akan menghindarkan kita dari resiko penyakit ini.

5. Memiliki Bayi yang Sehat

Gosok gigi secara teratur bagi wanita ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar untuk masalah reproduksi. Gosok gigi akan menghilangkan bakteri yang berada pada sela gigi atau gusi. Penumpukan bakteri bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan dan bagi perempuan hamil bisa meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur.

6. Meringankan Resiko Kepikunan

Ternyata gosok gigi tidak hanya memberikan efek pada kesehatan gigi saja. Dalam sebuah penelitian yang diungkapkan dalam The Journal of American Geriatrics Society atau peneliti masalah kesehatan gigi ternyata menggosok gigi secara teratur akan mengurangi resiko terkena penyakit kepikunan. Hal ini dipengaruhi karena kesehatan gigi yang baik akan mengurangi resiko infeksi bakteri atau kuman yang bisa berkembang sampai otak.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

Baca juga:  Ibu Hamil, Hindari Konsumsi Buah Ini

Jantung dan stroke adalah penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini ternyata tidak hanya disebabkan dari masalah kesehatan jantung yang berhubungan dengan pola makan, obesitas maupun gaya hidup yang buruk. Gosok gigi secara teratur ternyata bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke hingga 50 persen lebih. Kebersihan mulut yang baik akan melindungi pembuluh darah yang bekerja dan mengalirkan darah ke jantung dan organ lain.

8. Mengurangi Resiko Penyakit Infeksi Paru-Paru

Dalam sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Periodontology terungkap bahwa menggosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari akan mengurangi resiko penyakit pada paru-paru. Hal ini disebabkan karena bakteri yang terus menumpuk pada gigi dan gusi akan membuat saluran khusus yang berhubungan langsung dengan paru-paru dan organ pernafasan atas.

9. Gosok Gigi dapat Meningkatkan Kesuburan

Bagi laki-laki menggosok gigi ternyata juga sangat penting untuk mendukung kehidupan seks. Gosok gigi yang tidak teratur akan meningkatkan potensi bakteri dan kuman yang ternyata bisa menyebabkan masalah disfungsi ereksi, penurunan jumlah sperma, dan masalah kesehatan sperma lain sehingga menyebabkan laki-laki menjadi tidak subur. Bakteri yang berkembang dalam plak ternyata bisa memberikan dampak yang buruk untuk pembuluh darah yang bekerja pada saluran reproduksi. Jadi menggosok gigi secara teratur akan meningkatkan kesuburan secara alami.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here