Mengenal Manfaat Ubi Jalar Bagi Kulit

Ubi jalar (dok: balipost.com)

Ubi jalar dinilai beberapa orang menyebutkan dapat mencerahkan kulit. Apabila mengacu dari isi yang terangkum didalamnya, ubi jalar mengandung nutrisi, mineral, dan dan phytochemical.

Nutrisi yang ada dalam ubi jalar memainkan peran penting dalam memelihara kulit Anda seperti asam Amino, vitamin A, B6, zat berserat C, pati, protein serta antioksidan dalam ubi jalar memberikan solusi untuk dapatkan kulit bersinar, sehat, dan halus.

Melansir Food and Nutrition, berikut dua cara sederhana menggunakan ubi jalar untuk mencerahkan kulit.

1. Buat masker ubi jalar

Membuat masker dari ubi jalar, madu, dan jus jeruk nipis. Bahan-bahannya antara lain ubi jalar setengah matang, 1 sendok makan madu, dan 1/2 sendok makan jus jeruk nipis.

Cara membuatnya, cuci dan rebus ubi jalar, giling dan tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan satu sendok makan madu dan setengah sendok makan jeruk nipis. Campur bahan tersebut hingga menghasilkan tekstur yang kental.

Oleskan masker tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, gunakan balok es dan pijat ke wajah Anda untuk meningkatkan sirkulasi darah serta menutup pori-pori yang terbuka.

2. Buat jus ubi jalar dan aplikasikan ke seluruh tubuh

Ubi jalar dibuat jus, lalu diaplikasikan ke seluruh tubuh. Bahan-bahannya, 1 buah ubi jalar, 100 ml air. Cara membuatnya, kupas ubi jalar, potong kecil-kecil. Masukkan ubi jalar dan tambahkan 100ml air ke dalam blender. Anda juga bisa menggunakan saringan untuk mengurangi residu ampas ubi jalar tersebut saat menuangkannya ke wadah.

Pada saat mandi, gosokkan tubuh Anda dengan jus ubi jalar tersebut dan diamkan selama 1-3 menit. Bilas dengan air hangat. Anda bisa mengulangi prosedur ini dua kali atau tiga kali seminggu, ini akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah. (*)

Baca juga:  Ragam Manfaat Mainan Tradisional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here